6 Tips Membuat Website Game dan Setup Server Sendiri

6 Tips Membuat Website Game dan Setup Server Sendiri

Sharing is caring!

Keberadaan game online rupanya membawa keuntungan tersendiri, apalagi bagi orang-orang yang sedang mendalami cara membuat website game. Kalian juga harus setup server sendiri agar situs permainan bisa online dan menjadi base bagi multiple player. Okay, simak terus yuk tips cara membuat website game di artikel 6 Tips Membuat Website Game dan Setup Server Sendiri

Langkah 1: Susun Rencana untuk Membuat Website Game Online

Sama seperti game itu sendiri, website game juga memiliki bermacam-macam tipe. Sebagai contoh:

  1. Blog game.
  2. Website yang ditujukan khusus untuk developer atau publisher game.
  3. Website pribadi yang bisa diakses oleh orang-orang yang hendak streaming game.
  4. Website dengan server game.

Untuk membuat website game, kalian harus punya ide dan gambaran umum dulu, nih. Pikirkan apa yang menjadi fokus utama website serta konten yang hendak dipublish. Ide dan gambaran umum pun membantu kalian dalam menentukan nama domain yang tepat. 

Nah, dari keempat tipe website yang disebutkan di atas, yang akan difokuskan di sini adalah website dengan server game. Meski demikian, tips dan langkah pembuatannya bisa juga diterapkan di tipe situs permainan lainnya.

Langkah 2: Menentukan Nama Website dan Mendaftarkan Domain

Membuat situs permainan online artinya kalian memiliki kesempatan untuk mencoba berbagai nama domain sampai menemukan pilihan yang tepat dan sesuai. Disarankan kalian tetap menggunakan nama domain yang formal meski beberapa website memiliki nama yang terkesan unik, seperti Gematsu, Destructoid, Rock Paper Shotgun, dan Kotaku.

Ada juga website game yang menggunakan nama deskriptif dan tradisional, seperti Niche Gamer dan PC Gamer. Intinya, kalian tetap bisa sekreatif mungkin dalam membuat nama website asalkan singkat, unik, dan mudah diingat.

Langkah selanjutnya adalah mengecek ketersediaan nama domain. Kalian bisa memanfaatkan fitur atau tool cek domain di Jetorbit.

tips membuat website game 1

Langkah 3: Beli Paket Web Hosting

Silakan memilih tool yang tepat dan bisa kompatibel dengan game yang difokuskan. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan tool seperti Counter-Strike: Global Offensive atau Minecraft untuk menjalankan private atau public server. Agar pembuatan server dan juga website game dapat berjalan mulus maka kalian membutuhkan dua paket web hosting berkualitas.

Untuk buat website game, disarankan agar memilih shared hosting. Hampir semua provider menawarkan layanan hosting ini dengan harga cukup terjangkau. Di Jetorbit, kalian bisa membeli shared hosting untuk buat website game mulai dari paket Venus dengan harga Rp. 30.000/bulan.

tips membuat website game 2

Shared hosting adalah pilihan terbaik jika kalian menginginkan hosting termurah dengan performa dan standar keamanan tinggi. Apabila suatu saat website sudah mulai melebihi kuota space yang telah ditetapkan, bisa kok mengupgradenya ke layanan selanjutnya.

Shared hosting, sayangnya, bukan pilihan yang tepat jika ingin setup server game. Kalian butuh hosting yang lebih powerful sehingga dapat menyelenggarakan multiplayer server, yaitu Virtual Private Server (VPS). VPS memungkinkan kalian mendapatkan akses penuh untuk mengkonfigurasikan pengaturan server sesuai keinginan dan kebutuhan.

tips membuat website game 3

Kami sarankan untuk menggunakan shared hosting dan VPS dari provider hosting yang sama. Hal ini demi memperoleh kemudahan manajemen hosting terkait interface dan tools.

Langkah 4: Pilih Platform untuk Website Game

Okay, langkah selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah platform. Platform adalah tempat di mana kalian akan membuat dan mengonlinekan situs permainan.

Untuk platform, pilihlah Sistem Manajemen Konten (CMS), seperti WordPress. Meski sebagian besar orang tahunya platform ini hanya untuk blogging, WordPress sebenarnya bisa digunakan untuk mengonlinekan hampir semua jenis website.

tips membuat website game 4

WordPress memberikan fleksibilitas bagi para pengguna untuk membuat semua jenis situs permainan, termasuk blog, website pribadi untuk sharing streaming game, situs yang memuat berbagai informasi game online, dan sebagainya. Selain itu, WordPress juga lebih mudah dikelola sehingga sangat ideal jika platform ini dijadikan sebagai tempat untuk membuat website game.

Sistem manajemen konten lain yang bisa diandalkan adalah Joomla!:

tips membuat website game 5

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki Joomla!:

  • Lebih banyak pilihan konfigurasi daripada WordPress.
  • Tersedia fitur bantuan bawaan untuk multiple website sehingga kalian dapat menargetkan lebih banyak audience dari seluruh penjuru dunia.
  • Lebih banyak pengaturan SEO, kalian tak harus menginstall plugin atau ekstensi (dalam hal ini WordPress juga bisa melakukannya).

Jadi, kalian bisa menggunakan WordPress atau Joomla! Ya untuk membuat situs permainan online. Di tutorial ini, akan dicontohkan dengan platform WordPress karena mudah dikelola oleh siapapun, bahkan bagi pemula. Selain itu, WordPress juga punya banyak fitur yang dapat diaktifkan untuk membuat serta mempercantik tampilan situs game.

Proses install WordPress sangat mudah, kok. Beberapa provider hosting bersedia setup WordPress untuk kalian. Kalian bahkan bisa install WordPress di cPanel jika kalian membeli hosting di Jetorbit. 

Langkah 5: Kustomisasi Website Game

Langkah selanjutnya adalah membuat konten situs, termasuk berbagai halaman yang ingin disertakan ke website (selain beranda utama). Jika tidak tahu harus dari mana memulainya, berikut kami berikan contohnya:

  • Halaman blog, agar kalian dapat berdiskusi dengan pembaca mengenai informasi game terbaru.
  • Halaman Tentang Kami (About Us), menampilkan informasi tentang situs dan orang-orang di baliknya.
  • Informasi dan instruksi terkait server game.

Halaman dan fitur yang diinginkan bisa didapatkan dengan menginstall plugin WordPress. Oia, WordPress saat ini menawarkan lebih dari 50.000 plugin gratis di repositori resminya. Belum lagi plugin premiumnya, sudah pasti dalam jumlah banyak. Bisa dibilang WordPress memiliki plugin untuk setiap jenis website yang kalian buat.

Jika sudah tahu fitur dan konten seperti apa yang hendak dimuat di situs maka selanjutnya adalah mencari dan menginstall plugin yang sesuai.

Kelebihan lain yang ditawarkan WordPress adalah banyaknya pilihan tema. Dengan tema, kalian dapat mengotak-atik tampilan website game secara mudah. Sama seperti plugin, ribuan tema gratis juga tersedia di WordPress.

tips membuat website game 6

Kalian bisa memilih tema sesuai keinginan atau juga dapat menerapkan tema yang memang dikhususkan untuk website game. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus diketahui terkait tema, yakni:

  • Pilihlah tema yang mendapatkan banyak review atau ulasan positif.
  • Jangan pilih tema yang jarang atau tidak pernah diupdate karena bisa saja tidak kompatibel dengan website atau tingkat keamanannya rendah.
  • Cari tema yang telah dilengkapi dengan artikel serta tutorial tentang cara setup dan mengatasi masalah atau error.

Ada dua jenis tema: tema dengan satu fokus saja dan tema serba guna. Tema serba guna lebih efektif bagi kalian yang belum punya pengalaman soal coding karena telah dilengkapi dengan website builder. Tool ini memudahkan kalian untuk mengubah dan mengkonfigurasikan tampilan website tanpa harus menyewa jasa developer.

Langkah 6: Buat Server Game

Oia, kalian tak perlu khawatir ya karena setup server sendiri tidak sulit. Sebenarnya, buat server game sendiri tidak begitu sulit. Berikut 5 langkah setup server yang disederhanakan:

  1. Beli VPS hosting.
  2. Install dependency yang dibutuhkan oleh game yang hendak kalian host.
  3. Konfigurasikan server, bergantung pada game yang ingin kalian host.
  4. Mengecek server game yang baru saja dibuat.
  5. Selamat bermain dengan player manapun.

Berikut beberapa contoh jenis game yang bisa kalian aktifkan di VPS:

Jika kalian sudah pernah bermain game yang melibatkan banyak pemain (multiplayer game) yang dirilis beberapa tahun belakangan ini maka kalian bisa setup server sendiri. Biasanya game seperti ini telah dilengkapi dengan instruksi yang jelas mengenai cara mengonfigurasi server. Apabila selama proses berlangsung merasa bingung bahkan stuck, silakan kalian minta bantuan pada komunitas atau bertanya di forum.

Kalian juga bisa menginstall dan mengaktifkan aplikasi voice chat di VPS lho, seperti TeamSpeak yang berfungsi untuk mengoordinasikan sejumlah grup besar. 

Okay guys, sebenarnya cara membuat website game tak berbeda jauh dengan cara membuat website lainnya meski ada beberapa hal lain yang harus diketahui dan dipahami. Nah, untuk setup server, kalian membutuhkan VPS hosting agar dapat menyelenggarakan multiplayer matches.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
6 Tips Membuat Website Game dan Setup Server Sendiri
Artikel
6 Tips Membuat Website Game dan Setup Server Sendiri
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian bisa setup server sendiri kah terkait game online? Okay, kami bantu ya di artikel 6 Tips Membuat Website Game dan Setup Server Sendiri
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like