manfaat-microsite

6 Manfaat dari Sebuah Microsite untuk Lebih Banyak Traffic

Sharing is caring!

Membuat konten yang terfokus untuk web merupakan praktik yang paling dicari untuk melibatkan audiens Anda saat ini. Jika Anda seorang marketer atau sebuah brand dan ingin meningkatkan traffic web Anda, konsep dari pemasaran microsite pasti akan memikat Anda. Baca sampai selesai yuk 6 Manfaat dari Sebuah Microsite untuk Lebih Banyak Traffic

Apa Itu Microsite?

Microsite adalah situs kecil yang terdiri tidak lebih dari empat atau lima halaman individual. Microsite dibuat untuk memenuhi tujuan periklanan tertentu yang jauh dari alamat web utama perusahaan. Meskipun microsite terkadang di hosting sebagai subdomain dari situs yang lebih besar, microsite yang sebenarnya memiliki alamat dan strukturnya sendiri-sendiri.

Misalnya, pada tahun 2016, jaringan pengiriman pizza Domino memulai campaign iklan baru yang menampilkan kendaraan pengiriman bermerek yang disebut DXP. Kendaraan baru tersebut merupakan pusat dari berbagai upaya promosi bahkan untuk mendukungnya, perusahaan meluncurkan microsite yang menampilkan informasi tentang kendaraan, fitur interaktif, dan call to action yang mengarahkan viewers ke Domino terdekat.

Campaign tersebut berhasil dan pembangunan dari sebuah microsite membantu melokalkan dorongan periklanan nasional.

Mengapa Harus Membuat Microsite?

Berikut manfaat dari membuat Microsite:

Campaign yang Tertarget

Microsites memungkinkan brand untuk menyampaikan konten yang sangat tertarget ke segmen tertentu dari audiens mereka.

Lead Generation

Microsite dapat digunakan untuk menghasilkan high-intent leads untuk bisnis.

Brand Awareness

Membantu brand untuk membangun brand awareness mereka di internet melalui ruang web mereka sendiri.

Virality Potential

Konten yang menarik dapat membantu untuk menciptakan buzz, yakni publisitas dari mulut ke mulut (word to mouth) seputar produk atau acara tertentu.

SEO untuk Niche Keyword

Microsites dapat membantu bisnis mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih baik untuk kata kunci tertentu, tentunya dengan menggunakan konten yang terfokus.

Mudah Dikelola

Dikarenakan microsite dibuat untuk campaign yang bertarget maka hanya grup kecil di perusahaan Anda yang dapat mengerjakannya secara khusus. Dengan cara inilah Anda akan dapat mengelola tim yang lebih kecil dengan lebih baik lagi, yang hemat biaya, energi, waktu, dan sumber daya.

Kekurangan Microsite

Selain microsite memiliki manfaat, microsite juga memiliki kekurangan, yaitu:

Membuat Pengguna Merasa Bingung

Pengguna, yang mana merupakan audiens target Anda, terkadang tidak mencatat URL yang baru saja mereka temukan dan akhirnya akan mengunjungi URL tersebut saat mereka punya waktu. Namun, mereka mungkin hanya mengingat sesuatu dari iklan selanjutnya mungkin Google lah yang akan membawa mereka ke situs utama.

Banyak brand berasumsi bahwa penggunanya cukup adaptif dengan interface pengguna yang berbeda, yang mana bisa merusak pengalaman pengguna. Hal ini dapat membuat mereka merasa bingung dan mereka mungkin saja tidak akan pernah mengunjungi situs Anda lagi.

Biaya Besar

Sebuah microsite pada dasarnya membangun situs baru. Saat membangun situs dari awal, tentunya ada berbagai biaya yang akan dikeluarkan. Biaya domain situs, biaya maintenance, biaya pengembang serta perancang, itu hanyalah beberapa di antaranya. Semakin rumit microsite maka semakin tinggi biayanya.

Upaya Pengembangan Konten

Dikarenakan tujuan utama microsite adalah untuk melibatkan pengguna maka konten situs haruslah yang terbaik. Konten terkait teks, gambar, video, dan konten yang dibuat oleh user, yang masuk ke microsite harus terkait dengan audiens, brand, dan strategi SEO.

Komitmen Waktu yang Signifikan

Microsite bukanlah sesuatu hal berupa one-time setup namun harus diperbarui dengan konten secara teratur, yakni selama seluruh durasi dari marketing campaign.

Short Life-cycle

Setelah marketing campaign yang terkait dengan microsite telah berakhir maka microsite tersebut praktis ditinggalkan. Sumber daya yang diinvestasikan dalam mengembangkan microsite kurang dimanfaatkan.

Microsites dan Perdebatan SEO

Di masa lalu, banyak bisnis yang sangat memanfaatkan microsites sebagai alat untuk SEO. Mereka biasanya menjalankan beberapa microsite yang dikembangkan di sekitar keyword yang berbeda, memberi mereka kesempatan untuk muncul di halaman atas hasil mesin pencari yang berbeda. Hal tersebut juga memberi mereka kesempatan untuk muncul lebih dari sekali dalam single result page.

Tujuan lain mereka untuk membuat beberapa microsite adalah untuk menyediakan backlinks ke situs utama. Backlinks akan membantu meningkatkan peringkat SEO situs utama. Namun, hal ini tidak terjadi lagi dan bisa agak merugikan SEO Anda.

Berikut adalah alasan utama mengapa Anda tidak boleh membuat microsite hanya untuk tujuan SEO untuk brand atau perusahaan Anda:

Microsite Jarang Dapat Menjadi Situs Otoritas

Inilah beberapa alasannya:

  • Microsite tidak memiliki banyak tautan masuk dari situs otoritas lain di seluruh web.
  • Microsite tidak memiliki traffic yang besar karena mereka menargetkan segmen yang kecil atas audiens.
  • Sumber tautan mereka tidak beragam.
  • Membangun otoritas membutuhkan waktu sedangkan microsites biasanya memiliki umur yang pendek.

Konten Duplikat

Jika Anda mengembangkan microsite dengan re-purposed atau konten duplikat, search engine hanya akan mencantumkan salah satu yang mereka tahu merupakan konten yang asli. Mesin pencari jarang menampilkan halaman web dengan konten yang sama di atas hasil pencarian mereka.

Microsites Bersaing dengan Situs Utama Anda

Jika microsite dan situs utama Anda menargetkan keyword yang serupa, keduanya akan mengalami gangguan dalam traffic. Situs-situs tersebut akan bersaing satu sama lain untuk menerima traffic. Di atas semua itu, Anda akan menghabiskan dua kali jumlah sumber daya Anda dibandingkan dengan yang Anda butuhkan.

Jumlah Backlink yang Sedikit

Jika ada beberapa microsites untuk brand Anda, kepadatan backlink untuk masing-masing akan berkurang. Misalkan ada total 100 backlink untuk 5 microsites. Ini membuat rata-rata 20 backlink persitus.

Jika sebaliknya, yakni ada satu situs utama yang memiliki 100 backlink, situs tersebut akan memiliki peringkat yang jauh lebih tinggi dalam hasil mesin pencari dibandingkan dengan microsite manapun.

Microsites dan Paid Ads

Microsite dapat bekerja dengan baik bersama-sama dengan paid ad campaign di mesin pencari. Jika Anda mencari campaign promosi jangka pendek dan memiliki anggaran yang cukup besar, hasil penelusuran bersponsor dapat membantu Anda mendapatkan traffic yang signifikan ke microsite Anda.

Lebih lanjut, Anda dapat menargetkan long-tail keywords dalam campaign Anda guna mengurangi pengeluaran untuk iklan dan mengundang traffic yang berkualitas. Long-tail keywords menawarkan beberapa keuntungan: mereka memiliki harga tawaran yang lebih rendah dibandingkan dengan harga tawaran keyword populer dan mereka menemukan pengguna yang sudah memiliki beberapa konteks terkait konten microsite.

Berikan komentar yuk terkait manfaat microsite di kolom komentar 🙂

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
6 Manfaat dari Sebuah Microsite untuk Lebih Banyak Traffic
Artikel
6 Manfaat dari Sebuah Microsite untuk Lebih Banyak Traffic
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Marketer yang ingin meningkatkan traffic web, pemasaran microsite pasti memikat. Baca yuk 6 Manfaat Microsite untuk Lebih Banyak Traffic
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo