tema yang menarik pengunjung

Blogging kini menjadi salah satu cara terbaik untuk saling berbagi informasi atau tips tentang hobi dan ide Anda, atau bahkan mendapatkan penghasilan secara online. Oia, kadang menentukan tema blog yang menarik juga bisa menjadi hal yang cukup sulit. Kalau begitu, ketahui tema blog apa saja yang menarik untuk perjalanan blogging kalian yuk di artikel 24 Tema dan Judul Blog yang Menarik serta Paling Banyak Pengunjungnya

Tema Blog yang Menarik agar Banyak Pengunjungnya

Jika kalian ingin memulai perjalanan blogging tapi belum tahu apa saja judul blog yang menarik pengunjung, berikut ini ada daftar tema blog yang sering dikunjungi.

Otomotif

Bagi yang punya bisnis atau bekerja di industri otomotif, topik ini bisa menjadi tema blog yang menarik. Blogging tentang motor atau mobil juga cukup populer di kalangan penggemar dan komunitasnya untuk saling berbagi minat dan menjalin relasi dengan satu sama lain.

tema dan judul blog menarik 1

TMCblog.com adalah salah satu blog yang cukup populer di niche ini.

Review atau Ulasan Produk

Banyak orang ingin mencari opini netral tentang suatu produk sebelum membelinya. Oleh karena itu, konten-konten seputar review sering banyak peminatnya apalagi untuk barang-barang yang sedang tren.

Nah, kalian bisa menjadikan review sebagai judul blog yang menarik agar blog kalian berpotensi mendapatkan traffic dengan cepat. 

Oia, ingat ya sebaiknya fokus pada satu industri saja. Jika tertarik untuk membuat konten ulasan yang berhubungan dengan industri lain, sebaiknya buatlah blog lainnya.

Kalian tidak hanya menulis tentang satu brand atau perusahaan saja. Kalian juga harus memasukkan nilai plus dan minus dari setiap produk yang diulas agar pelanggan tidak merasa kalian disponsori oleh perusahaan tersebut.

Artikel Tutorial

Sekarang banyak orang mencari solusi atas permasalahan mereka secara online. Orang-orang akan menuju Google ketika ada pertanyaan dalam benak mereka. Nah, ide yang satu ini bisa menjadi tema blog yang menarik. Kalian dapat berbagi pengetahuan dan kemampuan kalian.

Topik ini juga tidak terbatas. Itulah mengapa tutorial menjadi salah satu topik blog yang paling banyak dikunjungi.

Resep Masakan

Jika suka memasak, silakan manfaatkan peluang ini untuk memulai blog seputar resep masakan. Tuliskan resep hasil eksperimen kalian sendiri agar pembaca mendapatkan informasi yang tidak biasanya mereka temukan di blog lain.

Downshiftology adalah salah satu blog yang cukup populer di niche ini.

tema dan judul blog menarik 2

Kalian juga bisa membahas teknik memasak, me-review peralatan dapur, mencoba bahan-bahan unik, dan sebagainya.

Makanan dan Restoran

Selain membahas resep masakan, bagi yang suka berjalan-jalan dan mencicipi makanan di berbagai tempat, bisa nih mencoba membuat blog tentang kuliner.

Ada banyak sekali restoran dan makanan kekinian yang sering diburu orang-orang karena keunikannya. Bahkan pengusaha makanan mulai berlomba-lomba untuk menciptakan menu-menu unik yang belum pernah ada sehingga tema makanan dan restoran menjadi salah satu topik blog yang paling banyak dikunjungi.

Saran atau Konsultasi

Selain menulis review dan tutorial, memberikan saran juga bisa menjadi tema blog yang menarik. Dengan begitu, kalian bisa nih membantu audiens yang sedang menentukan pilihan. 

Apapun nichenya, kalian bisa memulainya dengan dua cara, yakni kalian bisa menulis artikel tentang masalah pembaca atau melalui fitur live chat di blog.

Traveling

Jurnal perjalanan online tidak hanya menghibur, tapi juga bermanfaat bagi audiens dengan minat yang sama. Manfaatkan semua ini untuk membuat judul blog yang menarik.

Ada banyak jenis postingan yang bisa dibuat sebagai travel blogger. Misalnya, kalian bisa mengelompokkan postingan menurut kota atau negara yang dikunjungi lalu mengulas hal-hal, seperti kuliner, tempat wisata, tempat oleh-oleh, cara bepergian ke sana, hotel terbaik, dan budgeting.

Fitness

Saat ini, orang-orang gencar sekali mempromosikan gaya hidup sehat. Nah, fitness atau olahraga bisa menjadi judul blog yang menarik dan menghasilkan.

Ada banyak hal yang bisa dibahas dan ini bergantung pada bidang keahlian kalian. Misalnya, bisa memberikan panduan olahraga jogging, saran nutrisi saat diet, dan tips kesehatan mental.

Fitnessfirst adalah salah satu blog di niche ini.

tema dan judul blog menarik 3

Dengan blog fitness, kalian juga bisa menawarkan jasa sebagai instruktur fitness juga, lho.

Bela Diri

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana caranya melindungi diri kita sendiri dalam situasi berbahaya. Namun, dengan alasan waktu dan jarak, beberapa orang merasa kesulitan untuk belajar ilmu bela diri. 

Nah, manfaatkan peluang ini untuk menjadikan bela diri sebagai tema blog yang menarik. Topik ini sedang banyak dibahas lho sehingga blog yang dibuat berpotensi mendapatkan traffic yang ramai.

Beberapa postingan yang bisa kalian tulis bisa berupa saran keamanan, gerakan suatu bela diri, dan senjata yang tidak mematikan untuk perlindungan diri.

Proyek DIY

Konsep minimalis dan berbagai gaya dekorasi lainnya yang kini sedang sangat diminati kaum millenial menjadi potensi tersendiri bagi kalian untuk menentukan judul blog yang menarik. Orang-orang banyak mencari inspirasi untuk mendekorasi rumah dengan budget terbatas. Nah, bisa banget nih memanfaatkan peluang ini untuk membuat blog yang berfokus pada proyek D-I-Y (Do It Yourself).

Kalian bisa memilih topik blog DIY selain dekorasi rumah, kok. Kosmetik, aksesoris, atau life-hack sehari-hari juga bisa menjadi tema blog yang menarik.

Berkebun

Berkebun juga sedang menjadi topik blog yang begitu dicari, terutama bagi orang-orang perkotaan. Kalian bisa memanfaatkan momen ini untuk mengubahnya menjadi judul blog yang menarik.

Ada banyak ide tentang berkebun yang bisa kalian bahas

Fotografi

Teknologi digital membuat hasil karya fotografi bisa diakses dan dinikmati oleh semua orang seiring dengan minat orang-orang terhadap fotografi yang meningkat.

Nah, manfaatkan hal ini dengan mengusung fotografi sebagai judul blog yang menarik. Selain itu, mendapatkan uang dari blog melalui niche ini juga terbilang mudah. 

Blog fotografi juga bisa dimanfaatkan sebagai website portofolio. Bahkan, beberapa fotografer juga membagikan karya mereka sebagai buku harian atau jurnal online.

Hiburan Ringan

Beberapa orang menggunakan internet untuk bersantai dan mencari sesuatu yang bisa membantu mereka refreshing. Biasanya, mereka akan mencari website unik yang kontennya menghibur. Nah, kalian bisa mengusung judul blog yang menarik dengan membuat blog hiburan ringan.

Contohnya adalah 9GAG, BuzzFeed, dan Bored Panda. Kalian bisa menuliskan hal-hal lucu dan memposting meme atau video lucu, lalu berinteraksi dengan pengunjung. 

Belajar Bahasa

Mempelajari bahasa selain yang digunakan sehari-hari, itu bisa menjadi hobi dan tantangan sendiri bagi banyak orang. Namun, beberapa orang mengalami kesulitan dan merasa bingung dari mana mereka harus memulainya. Okay, silakan manfaatkan peluang ini dengan mengusung pembelajaran bahasa sebagai tema blog yang menarik.

Di blog bahasa, Anda tidak harus selalu memposting pelajaran mengenai bahasa tertentu, kok. Coba kunjungi blog milik Ellen Jovin yang berjudul Words and Worlds of New York jika ingin melihat contoh blog dengan topik ini.

Oia, kalian bisa tuh mencoba membuat kamus bahasa gaul, yang mulai banyak bermunculan dari kawula muda Indonesia.

Website dan Coding

Saat ini, ada banyak platform untuk membuat website. Oleh karena itu, tema seputar desain website dan coding juga merupakan salah satu topik blog yang paling banyak dikunjungi.

Blog tentang desain web biasanya berfungsi sebagai platform pembelajaran, khususnya bagi yang sedang mempelajari cara menjadi web developer. Judul blog yang menarik ini bisa membahas hal-hal seputar ulasan website builder, tips belajar coding, dan fitur-fitur desain web terbaik. 

Desain Interior

Desain interior kini juga sedang menjadi topik blog yang paling banyak dikunjungi. Untuk melakukannya, kalian harus bisa menarik audiens dengan postingan yang relevan dengan saat ini.

Misalnya, kalian bisa nih membahas saran dekorasi taman, kombinasi warna terbaik ruang keluarga, dan review furnitur atau perabotan rumah tangga dengan tema tertentu. Lebih bagusnya lagi, kalian bisa menunjukkan proses desain kalian menggunakan video step-by-step yang menarik.

Olahraga

Jika hobi berolahraga, kalian juga bisa memanfaatkannya untuk membuat kegiatan tersebut menjadi tema blog yang menarik. Lain dengan tema fitness yang tadi sudah dibahas, kalian bisa menggunakan blog bertema olahraga ini sebagai platform berita. Misalnya, kalian bisa meliput berita mengenai pertandingan sepak bola, basket, atau olahraga lainnya baik lokal maupun internasional.

Bisa juga mengulas peralatan olahraga yang pernah dicoba atau tempat olahraga terbaik di berbagai kota yang pernah kalian kunjungi.

Hewan dan Aksesorinya

Blogging tentang hewan juga bisa menjadi tema blog yang menarik dan menghibur serta mengedukasi bagi pengunjung. Selain menunjukkan kehidupan sehari-hari hewan peliharaan, topik blog ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi tips mengenai menjadi perawat yang baik, mengulas makanan hewan peliharaan terbaik, atau aksesori unik untuk hewan kesayangan.

Pengembangan Diri

Jarang sekali ada sekolah yang memberikan pelajaran tentang kehidupan. Benar, kan? Naj, kalian bisa nih memberikan manfaat kepada orang-orang dengan mengusung topik pengembangan diri sebagai judul blog yang menarik.

Misalnya, Anda bisa membagikan postingan yang membantu mengolah mindset seseorang hingga berbagi menu makanan terbaik untuk tubuh dan jiwa yang lebih sehat. 

Wirausaha

Bekerja di perusahaan mungkin bukanlah impian semua orang. Saat ini, semakin banyak orang bercita-cita menjadi pengusaha atau menjadi freelancer. Perlu kalian ingat juga bahwa memulai bisnis sendiri tidaklah semudah yang dipikirkan banyak orang.

Blog seputar wirausaha bisa memberikan panduan dan pandangan bagi orang-orang yang tertarik dengan lifestyle ini. Umumnya, topik blog ini membahas tentang cara membangun koneksi bagi para freelancer atau cara mengelola jadwal dengan baik.

Public Speaking

Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum adalah sebuah pengalaman yang menakutkan bahkan beberapa orang pernah mengalami trauma saat berbicara di depan umum. Bersyukurnya sekarang ada banyak blog yang bisa membantu orang-orang untuk menjadi pembicara yang lebih baik.

Salah satu nama besar di antara blog yang memilih ide blog public speaking adalah TED Talks.

tema dan judul blog menarik 4

TED Talks menyediakan banyak sekali video presentasi. Blog ini mencakup berbagai topik dan kalian juga bisa menemukan seminar yang mengajarkan keterampilan berbicara di depan umum. Tidak diragukan lagi, jika kalian mengusung topik public speaking, kalian pun bisa membuat tema blog yang menarik pengunjung.

Minimalisme

Tips untuk menjalani hidup dengan baik namun memiliki pengeluaran yang minim menjadi topik blog yang paling banyak dikunjungi. Jumlah blog yang membahasnya juga cukup banyak sehingga ide blog tentang hidup hemat  ini bisa menjadi judul blog yang menarik pengunjung.

Misalnya, kalian ingin memotivasi orang lain untuk berhemat, resep masakan hemat dan sehat, tips daur ulang, atau aspek kehidupan sederhana lainnya.

Panduan untuk Pemula

Panduan pemula mirip dengan artikel petunjuk. Ide blog ini lebih fokus pada pembaca yang tak pernah belajar tentang topik yang kalian tulis. Jika kalian ingin membantu orang belajar, panduan pemula bisa menjadi judul blog yang menarik.

Berita Lokal

Jika baru memulai, sepertinya kalian akan menemui kesulitan untuk memulai blog yang meliput berita skala nasional.

Nah, cobalah menulis cerita seputar topik yang lebih dekat dengan kalian. Kalian bisa mencari acara terbaru di daerah kalian atau kota di sekitarnya. 

Mulailah dari langkah kecil dengan membangun persona online kalian sesuai target audiens. Gunakan gaya bahasa yang dinikmati pembaca dan tambahkan elemen visual yang menarik. 

Okay, silakan kalian pikirkan apapun yang sekiranya kalian minati dan kalian memang memiliki pandangan atau pemikiran yang cukup jauh tentang topik tersebut. Orang-orang pasti akan tertarik pada blog kalian jika kalian benar-benar mengetahui  tentang apa yang kalian posting. 

Tak usah lama-lama, silakan tentukan dan mulailah perjalanan blogging kalian!

Nah, kalian bisa memulai perjalanan blogging kalian dengan memilih berbagai paket WordPress Hosting terbaik yang disediakan oleh Jetorbit. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Stay safe and always keep healthy 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3.4 / 5. Jumlah rate 7

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment