18 Ide Marketing Lokal yang Kuat yang Akan Anda (dan Pelanggan Anda) Sukai

18 Ide Marketing Lokal yang Kuat yang Akan Anda (dan Pelanggan Anda) Sukai

Pemilik bisnis lokal tahu bahwa digital marketing itu penting. Sayangnya, banyak yang tidak mempertahankan poin pertumbuhan karena mereka tidak dapat menjaga konsistensi atau kehabisan ide. Kabar baiknya adalah digital marketing yang efektif adalah perpaduan yang indah dari pengoptimalan mesin telusur, pay-per-click marketing, marketing konten, iklan media sosial, dan banyak lagi. Baca sampai selesai yuk 18 Ide Marketing Lokal yang Kuat yang Akan Anda (dan Pelanggan Anda) Sukai

ide-marketing-lokal-1

Sebagai pemilik bisnis, mungkin sulit untuk menemukan ide-ide baru. Oleh karena itu, kami ingin membantu Anda terkait saran dan tips marketing lokal.

Ide Marketing Lokal yang Efektif: Periklanan

Bisnis kecil seringkali memiliki anggaran kecil sehingga mungkin tampak aneh untuk menjadikannya sebagai pengelompokan ide marketing lokal pertama dan terpenting. Berikut ini ada beberapa ide dan saran untuk menggunakannya guna mendapatkan ROI yang solid pada pengeluaran iklan Anda.

Jalankan Google Ads

Google, salah satu mesin pencari terkemuka di dunia, memungkinkan Anda menargetkan calon pelanggan di area lokal Anda secara khusus dengan iklan pay-per-click. Dengan platform ini, Anda dapat menjalankan hasil mesin pencari klasik Google Ad, Google Service Ads, Google Shopping Ads, dan banyak lagi.

ide-marketing-lokal-2

Jumlah pertanyaan yang lebih banyak dan penjualan yang meningkat hanyalah dua dari banyak manfaat menjalankan Google Ads. 

Siapkan Penargetan Lokasi Radius Terperinci di Google Ads

ide-marketing-lokal-3

Anda mungkin berpikir dapat menetapkan target 2-5 mil di sekitar toko Anda dan segera terwujud tetapi itu tidak terjadi dengan cepat! Memanfaatkan fitur penargetan radius bersamaan dengan penyesuaian tawaran lokasi merupakan hal-hal yang akan mengubah Google Ads Anda, mulai dari berkinerja dengan baik bahkan bisa menjadi gagal.

Jalankan Iklan Facebook Lokal

Menjalankan iklan Facebook lokal bersama dengan Google Ads akan semakin memfasilitasi pertumbuhan berkelanjutan untuk bisnis kecil Anda. Iklan media sosial tidak hanya dapat meningkatkan penjualan tetapi juga dapat meningkatkan keakraban konsumen dengan bisnis Anda dari waktu ke waktu. Saat mereka menelusuri feed mereka dan melakukan pencarian di Google, lalu akan semakin sering melihat bisnis Anda. Selanjutnya ketika saatnya mereka membutuhkan layanan Anda, kemungkinan besar bisnis Anda adalah bisnis yang mereka hubungi.

Di bawah ini adalah berbagai tujuan beriklan di Facebook. 

ide-marketing-lokal-4

Tampilkan Perkiraan Jarak dari Toko di Iklan Sosial Seluler Anda

Sebagai bisnis lokal, Anda memiliki keunggulan dibandingkan jaringan nasional, yakni dalam skala besar mereka tidak dapat membuat iklan hyper-local untuk setiap lokasi mereka. Berikut ini ada beberapa tips untuk membantu salinan iklan seluler Anda agar berhasil menghasilkan arahan untuk bisnis lokal Anda:

  • Gunakan Google Search Console untuk menemukan peluang grup iklan baru berdasarkan apa yang mendorong search impressions.
  • Coba sertakan Kode Pos Anda di headline iklan.
  • Bicarakan tentang jarak ke lokasi Anda.
  • Melokalisir info dan ekstensi.
ide-marketing-lokal-5

Buat Halaman Custom Landing untuk Setiap Campaign

Bisnis lokal yang tak terhitung jumlahnya, bisa membuang-buang uang dengan tidak melacak konversi atau membangun halaman local landing. Idealnya, setiap campaign Google Ads Anda harus memiliki flowchart yang sederhana:

Klik Ad => Buka Landing Page yang Relevan => Convert

Tips utama yang perlu diingat saat mengembangkan sebuah landing page untuk audiens lokal adalah:

  • Sertakan hanya satu call to action yang jelas.
  • Anda bisa menggunakan gambar pahlawan deskriptif yang memuji proposisi nilai Anda.
  • Jawab pertanyaan teratas audiens Anda untuk membantu mereka merasa percaya diri untuk bergerak lebih maju.
  • Pastikan nomor kontak Anda adalah click-to-call.
  • Gunakan sticky menu untuk menjaga informasi penting dan CTA selalu terlihat.
  • Selalu lakukan uji halaman local landing Anda.

Gambar di bawah ini adalah contoh halaman landing yang mengikuti pedoman di atas.

ide-marketing-lokal-6

Gunakan Remarketing untuk Menghasilkan Review

Menerima dan menanggapi review adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda. Sayangnya, ingatan mereka bisa buruk dan terkadang mereka tidak ingat untuk memberikan review bintang 5 yang didambakan. Berikut ini ada beberapa cara menggunakan marketing untuk menghasilkan lebih banyak ulasan:

  • Siapkan halaman konfirmasi atau halaman terima kasih ketika orang mengisi formulir atau menyelesaikan sebuah acara di Google Analytics (GA) Anda.
  • Tambahkan kode pelacakan remarketing ke halaman konfirmasi Anda dan siapkan daftar di GA sehingga Anda dapat memberi tag pelanggan yang mengunjungi URL tersebut.
  • Kemudian Anda dapat membuat iklan bergambar sederhana yang bertuliskan “Suka kami? Tinggalkan review di Google! (atau platform pilihan Anda).

Cobalah Teks Iklan Third-person daripada Berbicara tentang Diri Anda Sendiri

Pernah bertanya-tanya bagaimana Anda bisa mengurangi kebisingan di antara Google Ads lainnya? Cobalah berbicara sebagai orang ketiga. Dengan menggunakan bahasa sebagai orang ketiga, iklan Anda akan langsung menonjol dari persaingan dan Anda dapat mulai membangun CTR Anda. Atau dengan proses yang sederhana: Buka akun Yelp atau Google My Business, baca ulasan dari pelanggan, salin dan gunakan di salinan Google Ads Anda, dan uji secara berulang.

Ide Marketing Lokal yang Efektif: Listings

Situs ulasan online dan situs direktori bisnis lokal, seperti Yelp, Merchant Circle, dan Google My Business memungkinkan orang untuk mengidentifikasi dan mempelajari bisnis di area tertentu. Pelanggan menggunakan situs ini untuk menemukan bisnis tempat mereka tinggal, tempat mereka berkunjung, dan untuk meninjau pelayanan yang baik. 

Get Listed

Saat membuat daftar Anda di situs ini, buatlah sedetail mungkin, dan pastikan informasi Anda konsisten di seluruh daftar. Anda ingin orang-orang dapat menggunakan situs ini tidak hanya untuk menemukan bisnis Anda tetapi juga untuk mempelajari, terlibat dengan bisnis Anda, dan menjadi pelanggan bisnis Anda. Jika sulit bagi orang untuk membuka situs Anda, menemukan alamat Anda, atau menghubungi Anda dari daftar direktori online, maka kemungkinan besar Anda akan kehilangan pelanggan baru.

Prioritaskan Business Listing Google Anda Secara Khusus

Setiap tahun, Google semakin meningkatkan kemampuan pencarian lokalnya. Konsumen mengandalkan mesin pencari ini untuk menemukan bisnis yang dekat dengan mereka. Jika Anda ingin ditemukan oleh pelanggan di area lokal Anda, Anda perlu memastikan bahwa bisnis Anda muncul di hasil Google Maps serta di bagian hasil lokal Google Search.

Bagaimana Anda melakukannya? Dengan Profil Google Business, yang merupakan istilah resmi untuk listingan bisnis Google. Cantuman gratis ini tidak hanya akan memberi Anda visibilitas yang lebih besar dalam pencarian lokal tetapi juga akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan. 

Pilih Kategori Anda

Seberapa penting daftar kategori? Pertama, jika Anda beriklan di Yelp, query yang menampilkan iklan Anda ditentukan oleh kategori yang Anda pilih.

ide-marketing-lokal-7

Selain itu, peringkat daftar Anda secara organik di Google juga dipengaruhi oleh kategori Yelp Anda. 

Optimalkan Listing Google Anda dengan Akun Google My Business

Memilih kategori penting untuk listingan apapun, terutama Profil Google Business Anda. Ini juga salah satu dari beberapa pengoptimalan yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan keefektifan daftar Google Anda. Sama seperti iklan dan situs, Google memberi peringkat Profil Bisnis menurut relevansinya dengan istilah penelusuran dan kualitas secara keseluruhan.

Artinya, dengan mengoptimalkan Profil Bisnis maka Anda dapat memperoleh peringkat yang lebih tinggi di penelusuran lokal, bisa muncul lebih banyak untuk istilah penelusuran, lebih menonjol dibanding pesaing, bahkan memenangkan lebih banyak pelanggan. Untuk mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda, buat akun Google My Business sehingga Anda dapat mengakses dan mengelola informasi di listingan Anda.

Pantau dan Pertahankan Daftar Direktori Anda

Jika ada perubahan apapun dalam bisnis Anda, bahkan sekecil nomor suite, Anda harus memperbarui cantuman Anda. Jika orang mendapatkan informasi yang tidak akurat atau kadaluwarsa tentang bisnis Anda, mereka tidak akan dapat terlibat dengannya, bahkan mungkin kehilangan kepercayaan pada bisnis Anda. Penting juga untuk memantau listingan Anda untuk menanggapi komentar dan review dari pelanggan.

Ide Marketing Lokal yang Efektif: SEO Lokal

Listing adalah salah satu dasar SEO lokal yang merupakan seperangkat praktik untuk membantu bisnis Anda agar mendapat peringkat lebih tinggi untuk penelusuran lokal di Google dan mesin telusur lainnya.

Buat Service Area Hubs dan Halaman Lokasi Individu untuk Meningkatkan Peringkat

Sebagai bisnis berbasis layanan, Anda harus memiliki halaman layanan unik untuk setiap lingkungan inti yang Anda layani. Dengan cara ini, Anda dapat menyesuaikan setiap halaman untuk kualitas, layanan, dan sifat khusus untuk lokasi tersebut dan setiap halaman akan memiliki kesempatan untuk peringkat organik untuk permintaan pencarian seperti [layanan Anda] di [lokasi Anda].

Selain itu, memiliki halaman berbasis lokasi di navigasi teratas Anda, dapat meningkatkan struktur tautan internal Anda yang disukai Google, yang pada gilirannya dapat meningkatkan peringkat Anda. Hal ini juga membantu pengguna untuk menemukan lokasi yang paling sesuai untuk mereka dengan lebih mudah.

ide-marketing-lokal-8

Tambahkan Info Lokal yang Relevan ke Halaman Lokasi Anda Menggunakan Wikipedia

Membuat halaman lokal yang menarik lebih merupakan sebuah seni daripada sains. Selain kejelasan dan desain, relevansi konten di halaman Anda sangat penting. Cara terbaik untuk membangun relevansi ini adalah dengan menautkan.

Menautkan ke informasi lokal yang relevan sangat penting dalam pemahaman Google tentang apa yang Anda kaitkan dengan Anda secara lokal. Berikut template dasar yang bisa Anda ikuti:

  • Keyword + kota dalam judul
  • Bicarakan tentang sejarah Anda di kota dan hal-hal yang pernah Anda lakukan di komunitas: tautkan.
  • Bicarakan tentang mitra yang relevan atau bisnis terkait. 
  • Bicarakan tentang hal-hal yang relevan dengan apa yang Anda lakukan di daerah Anda.

Kuncinya adalah halaman Anda berguna, relevan, dan membangun ikatan lokal dengan pencari Anda.

Ide Marketing Lokal: Media Sosial

Jalankan Kontes atau Giveaway

Banyak hal dapat berubah tetapi satu tetap sama: orang menyukai barang gratis! Oleh karena itu, cara terbaik untuk menarik penduduk lokal ke bisnis Anda adalah dengan mengadakan kontes atau giveaway. Anda dapat mempromosikannya melalui media sosial, email, situs Anda, bahkan koran lokal atau stasiun radio terdekat.

Gunakan Facebook Event

Setiap kali Anda memiliki acara, buat Facebook event untuk acara itu dan kirimkan undangan. Mengadakan acara dan membuat acara Facebook bahkan mengiklankannya, akan meningkatkan visibilitas acara dan bisnis Anda serta akan membantu membuat lebih banyak orang tertarik untuk hadir.

Posting di Grup Facebook

Cara lain untuk menggunakan Facebook untuk mendapatkan pelanggan lokal adalah dengan Grup Facebook. Cari Facebook untuk grup lokal termasuk grup jaringan bisnis, grup terkait industri! Bergabung dengan grup tempat target pasar Anda berada dan memposting konten Anda di dalamnya, akan membuat anggota grup lebih mungkin untuk terlibat dengan bisnis Anda. 

Gunakan Tag Lokasi

Media sosial adalah cara yang bagus untuk membuat buzz tentang bisnis Anda. Untuk mendapatkan pelanggan lokal, gunakan tag lokasi saat memposting. Tag lokasi menempatkan bisnis Anda di peta serta memudahkan pelanggan lokal menemukan bisnis Anda di Facebook atau Instagram.


Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Baca Juga: Kita Berubah!

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like