13 Penolakan Iklan di Google Ads yang Menyebalkan dan Cara Memperbaikinya

Sharing is caring!

Penolakan Iklan di Google Ads bisa terjadi setiap saat. Hal tersebut bisa membuat frustasi ketika kalian membutuhkan iklan kalian kembali dan berjalan secepatnya. Oke, kita pahami bersama yuk terkait cara memperbaikinya dengan membaca 13 Penolakan Google Ads yang Menyebalkan dan Cara Memperbaikinya

13 Penolakan Google Ads: Artinya dan Cara Memperbaikinya

Cara kerja penolakan adalah semuanya didasarkan pada kebijakan Periklanan Google (Google Advertising). Berikut ini ada 13 penolakan paling umum yang akan kalian temui:

Tujuan tidak berfungsi

Artinya: situs kalian tidak dapat dijangkau oleh perayap Google.

penolakan-iklan-di-google-ads-1

Cara memperbaikinya: ini mungkin penolakan yang paling umum dan mungkin ada beberapa alasan mengapa landing page kalian dianggap “tidak berfungsi” oleh Google. Terkadang hal ini membutuhkan penyesuaian kode situs kalian untuk mengakomodasi perayap dengan add-on “robots.txt”. Di sisi lain, itu bisa sesederhana kesalahan di URL final iklan kalian yang hanya perlu kalian sesuaikan.

Tujuan tidak cocok

Apa artinya: URL final kalian dari satu iklan ke iklan lainnya dalam grup iklan yang sama tidak persis sama.

penolakan-iklan-di-google-ads-2

Cara memperbaikinya: mengatasi penolakan ketidakcocokan tujuan sangatlah mudah! Identifikasi URL final mana yang harus ditunjuk oleh semua iklan dan pastikan setiap iklan dalam grup iklan tersebut menuju ke jalur URL final yang sama.

Jika kalian ingin memiliki beberapa iklan yang pergi ke tempat yang berbeda maka kalian benar-benar dapat melakukannya. Namun, mereka harus berada dalam grup iklan (atau campaign) yang berbeda.

Demikian juga, campaign tidak boleh memiliki URL final yang mengarah ke dua domain berbeda. Singkatnya, campaign dapat memiliki URL final yang berbeda di dalamnya tetapi grup iklan tidak bisa. Akun dapat memiliki iklan yang mengarah ke lebih dari satu domain tetapi campaign tidak.

Kapitalisasi

Apa artinya: iklan atau ekstensi iklan kalian memiliki kapitalisasi yang salah melalui penggunaan yang berlebihan.

penolakan-iklan-di-google-ads-3

Cara memperbaikinya: meskipun masih merupakan praktik terbaik untuk menggunakan huruf besar pada huruf pertama di setiap kata dari teks iklan kalian, kalian ingin menghindari penggunaan huruf besar semua. Jika kalian memiliki bagian teks yang diperlukan seperti kode kupon atau jika perlu untuk nama brand kalian, silakan meminta tinjauan kapitalisasi.

Tanda baca dan simbol

Apa artinya: Ini adalah bagian tata bahasa Google Ads yang pilih-pilih, yang mana mengharuskan pengiklan memiliki teks iklan yang benar secara tata bahasa dan menghindari simbol yang berlebihan.

penolakan-iklan-di-google-ads-4

Cara memperbaikinya: sama seperti platform konten publik lainnya, Google Ads memiliki pedoman gaya tersendiri yang harus dipatuhi oleh semua teks dalam iklan. Itu berarti memberhentikan tanda seru yang berlebihan untuk penekanan.

Kalian juga tidak dapat memasukkan simbol untuk mencoba memperkuat salinan iklan kalian atau menerapkan periode tambahan untuk jeda yang lebih lama di antara kata-kata. Kalian harus mengandalkan konteks iklan kalian untuk menyampaikan maksud kalian kepada pembaca dan memperbaiki tanda baca di teks iklan kalian untuk menghindari masalah ini.

Software yang berbahaya

Apa artinya: perayap Google mengidentifikasi aktivitas mencurigakan di situs kalian.

penolakan-iklan-di-google-ads-5

Cara memperbaikinya: biasanya ada hubungannya dengan pengkodean atau tautan situs kalian dan poin satu terbilang cukup sulit. Oleh karena itu, kemungkinan besar kalian ingin menghubungi Google untuk mendapatkan klarifikasi tentang, minimal terkait lokasi tertentu di dalam situs tempat masalah terjadi.

Sementara itu, sebaiknya webmaster kalian memeriksa kode situs kalian untuk setiap aktivitas yang mencurigakan.

Peristiwa sensitif

Apa artinya: salinan iklan atau konten landing page kalian mencari keuntungan dari atau mengeksploitasi peristiwa sosial, budaya, atau politik yang berdampak. Contohnya adalah membahas krisis kesehatan masyarakat, bencana alam, konflik, atau korban dari mereka yang terlibat dalam peristiwa tersebut.

penolakan-iklan-di-google-ads-6

Cara memperbaikinya: bagian yang sulit adalah apa yang mungkin tidak sensitif bagi kalian namun mungkin sensitif bagi orang lain. Misalnya, membahasa penyakit Alzheimer yang mungkin tidak ingin menyebutkan korban penyakit karena dapat dianggap memanfaatkan faktor korban untuk mendorong klik. Sebaiknya lebih fokus pada perawatan yang ditawarkan karena tentunya bisa lebih netral. 

Trademark dalam teks iklan

Apa artinya: kalian telah menyertakan nama brand bisnis lain dalam salinan iklan kalian tanpa izin.

penolakan-iklan-di-google-ads-7

Cara memperbaikinya: ini dapat dengan mudah terjadi secara tidak sengaja karena beberapa nama brand perusahaan dapat sama dengan istilah pencarian umum. Saat kalian mendapatkan penolakan merek dagang, kemungkinan besar iklan kalian masih berjalan tetapi akan dibatasi kapan Google akan menganggapnya layak untuk ditampilkan.

Ada support form yang mana kalian dapat membantah penggunaan istilah “merek dagang” kalian. Sebaliknya, jika kalian merasa ini terjadi pada nama brand kalian sendiri maka kalian dapat menggunakan formulir yang sama.

Konten copyright

Apa artinya: ini mirip dengan penolakan di atas, yang mana teks iklan kalian berisi konten yang memiliki hak cipta.

penolakan-iklan-di-google-ads-8

Cara memperbaikinya: jika kalian diizinkan untuk menggunakan konten tersebut, kalian harus mengirimkan dokumentasi copyright dari pemilik asli yang membuktikan kelayakan kalian. Sebaliknya, jika kalian melihat konten copyright milik kalian digunakan secara tidak benar, kalian juga dapat mengajukan keluhan.

Jika tidak, kalian mungkin hanya ingin mengevaluasi ulang iklan atau teks ekstensi iklan kalian untuk menghapus kemungkinan konten copyright.

Kualitas Gambar

Apa artinya: iklan bergambar kalian tidak disetujui karena spesifikasi gambar yang salah. Misalnya, karena buram atau terbalik.

penolakan-iklan-di-google-ads-9

Cara memperbaikinya: cukup tukar gambar yang satu ini! Ini adalah praktik terbaik untuk selalu memiliki beberapa variasi dalam salinan iklan bergambar kalian untuk situasi seperti ini. Jadi, jika Google menolak kembali gambar, kalian dapat mengirim ulang dengan yang baru.

Namun, jika kalian ingin menggunakan gambar tertentu, silakan periksa ulang dengan pedoman kualitas gambar Google untuk mencari bagian yang hilang yang dapat kalian ubah agar iklan bergambar kalian dapat berjalan.

Kesalahpahaman

Apa artinya: secara sederhana, hal itu berarti Google sedang mempertimbangkan iklan atau landing page kalian berperilaku mirip dengan “bait and switch.”

penolakan-iklan-di-google-ads-10

Cara memperbaikinya: penolakan Google Ads yang keliru memiliki banyak alasan di baliknya. Judul iklan kalian mungkin berisi clickbait atau kalian mungkin secara tidak sengaja mempromosikan harga yang tidak lagi akurat. Jika sesuatu yang berkaitan dengan iklan kalian dapat dianggap sebagai penipuan dalam bentuk apa pun maka itu akan mendapatkan penolakan ini. Jadi, solusinya di sini adalah mengevaluasi kembali konten kalian. 

Konten yang tidak pantas

Apa artinya: ini mungkin tidak perlu dikatakan tetapi ini tentu saja berarti Google menganggap iklan atau landing page kalian mengandung kata-kata, frasa, atau gambar yang menunjukkan konten eksplisit, kekerasan, atau umumnya tidak pantas.

Cara memperbaikinya: Pikirkan ruang Google Ads sebagai G-rated. Jika kalian benar-benar harus menyertakan konten seperti itu dalam iklan, kalian tetap dapat menjalankan iklan (tertulis “approved: limited” yang berarti kalian akan memiliki batasan penargetan).

Jika tidak, jika kalian tidak yakin apa penyebabnya, silakan lihat kembali semua komponen iklan Google kalian melalui lensa G-rated dan hapus konten yang meragukan.

Bahasa yang tidak didukung

Apa artinya: iklan atau landing page kalian menggunakan bahasa yang tidak didukung oleh penargetan bahasa Google Ad.

Cara memperbaikinya: penolakan bahasa yang tidak didukung, berada di bawah payung kebijakan “persyaratan teknis” yang memungkinkan konten kalian seramah mungkin. Perhatikan bahwa iklan atau landing page kalian tidak harus dalam bahasa Inggris tetapi harus dalam bahasa yang didukung Google melalui penargetan bahasa. Jadi, pastikan penargetan bahasa campaign kalian diatur ke bahasa yang kalian inginkan dan sesuaikan konten kalian.

Nomor telepon dalam teks iklan

Apa artinya: ETA (expanded text ads) atau RSA (responsive search ads) penelusuran kalian memiliki nomor telepon di judul atau deskripsi.

Cara memperbaikinya: Google membantu kalian pada nomor telepon dalam penolakan teks iklan karena kalian tidak perlu memasukkan nomor telepon kalian di sana. Sebagai gantinya, manfaatkan ekstensi panggilan atau iklan panggilan telepon untuk mendorong panggilan telepon.

Hal ini umumnya tidak berlaku untuk iklan bergambar tetapi bukan hal yang aneh untuk mendapatkan penolakan pada iklan gambar tersebut. Hal yang sama berlaku ketika nama bisnis kalian memiliki nomor di dalamnya.

Nah, jadi itu Kawan-kawan, 13 poin yang bisa kami sampaikan. Silakan baca dan pahami agar minim bahkan tidak terjadi penolakan. Anyway, jika kalian punya suatu pengalaman yang masih berkaitan dengan pembahasan kali ini, silakan sampaikan ya di kolom komentar 🙂

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
13 Penolakan Iklan di Google Ads yang Menyebalkan dan Cara Memperbaikinya
Artikel
13 Penolakan Iklan di Google Ads yang Menyebalkan dan Cara Memperbaikinya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Penolakan Iklan di Google Ads bisa terjadi setiap saat. Yuk baca terkait 13 Penolakan Google Ads yang Menyebalkan dan Cara Memperbaikinya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment