18 Ide Instagram Reels untuk Membangun Brand

Sharing is caring!

Sebagai pebisnis, penting kan ya agar tetap berada di depan pelanggan kalian, di tempat mereka berada? Bisa jadi nih, sebagian besar pelanggan kalian ada di Instagram. Nah, kombinasikan itu dengan konten video yang mampu mendorong lebih banyak keterlibatan, koneksi, dan kepercayaan pelanggan setia. Salah satunya dengan menggunakan Instagram Reels. Yuk baca 18 Ide Instagram Reels untuk Membangun Brand

Apa Itu Instagram Reels?

Reels adalah fitur Instagram, tersedia di iOS dan Android, tempat kalian merekam, mengedit, dan berbagi video berdurasi 15 atau 30 detik. Tidak seperti Stories tetapi sangat mirip dengan TikTok. Reels ini menawarkan alat pengeditan dan pemrosesan video yang canggih lho, Guys. Kalian bahkan dapat memoles musik, mempercepat atau memperlambatnya, menambahkan efek khusus, dan banyak lagi.

Jika kalian memposting Reel ke akun publik, pengguna Instagram lainnya akan dapat membuat Reel mereka sendiri menggunakan audio track tersebut.

Reels muncul di tab Reels dari profil kalian serta tab Explore tapi kalian juga dapat berbagi Reels di feed, story, atau langsung dengan pengguna lain.

Reels kalian juga akan muncul dalam pencarian untuk lagu atau tagar yang kalian gunakan.

Cara Membuat Instagram Reel Untuk Bisnis

Berikut adalah empat langkah dasar untuk membuat Reel untuk bisnis kaliandi Instagram:

Masuk ke mode Reels

Untuk masuk ke mode Reels di stories Instagram kalian, buka profil, ketuk tanda plus, dan Select Reels.

ide-instagram-reels-1

Kemudian pilih Reels

Pilih pengaturan kalian

Kalian akan memiliki opsi untuk efek khusus, audio, panjang, kecepatan, efek, sentuhan, dan pengatur waktu. Kalian juga dapat menambahkan audio dan efek nantinya.

ide-instagram-reels-2
  • Music: Menambahkan audio track pilihan kalian dari pengguna Reels lain atau dari perpustakaan aplikasi.
  • Length : Pilih 15 atau 30 detik.
  • Speed. Memperlambat atau mempercepat video kalian.
  • Effects: Tambahkan filter dan stiker. Kalian juga dapat menggunakan salah satu filter yang telah kalian buat sebelumnya.
  • Touch up: Untuk tampilan smooth skin.
  • Timer: Mengatur timer untuk perekaman video hands-free.

Setelah menekan tombol Record, kalian akan melihat hitungan mundur 3-2-1 sebelum kalian mulai merekam.

Rekam, preview, dan edit setiap klip

Saat merekam, kalian akan melihat bilah progress di bagian atas layar untuk membantu kalian tetap dalam batas waktu kalian.

Setelah selesai merekam, tekan preview di sudut kanan bawah layar.

ide-instagram-reels-3

Ingat, Reel memungkinkan kalian untuk menyatukan klip baru yang kalian rekam atau unggah dari galeri kalian sehingga kalian juga dapat menambahkannya.

Setelah kalian menekan preview, kalian akan memiliki opsi pengeditan tambahan serta opsi asli jika kalian tidak memilihnya sebelum merekam.

ide-instagram-reels-4
  • Audio controls: sesuaikan audio kamera, tambahkan musik (jika kalian belum melakukannya).
  • Voiceover: merekam audio melalui video.
  • Decorations: tambahkan GIF, stiker, emoji, hitung mundur, label, dan lain-lain.
  • Pen: membuat garis, panah, coretan, atau menulis sesuatu
  • Text: teks overlay dalam berbagai warna
  • Alignment: Sejajarkan objek dari klip sebelumnya sebelum merekam klip berikutnya untuk menciptakan transisi yang mulus untuk momen, seperti mengganti pakaian atau karakter baru yang muncul dalam video.

Publikasikan Reel kalian

Setelah selesai merekam dan mengedit semua klip, pilih tombol “Share To” di kanan bawah, yang mana kalian akan dibawa ke publishing screen. Di sini kalian dapat memilih sampul, menulis keterangan, menambahkan tagar, kemudian menerbitkan Reel kalian.

Tips Membuat Instagram Reels Untuk Bisnis

Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat Instagram Reels bagi bisnis kalian:

Gunakan Musik dan Teks Tertutup

Setiap kali kalian menggunakan musik, Reel kalian akan terkena tag lagu tertentu. Ini mirip dengan tagar dengan potensi jangkauan yang lebih luas. Dikarenakan ada banyak pengguna yang tidak mengaktifkan suara mereka, ada baiknya untuk memakai teks tersebut sehingga mereka dapat berinteraksi dengan suara yang dimatikan.

Tag akun yang relevan

Menandai akun lain sangat dianjurkan di ranah Instagram. Kalian mendapatkan lebih banyak jangkauan dengan menempatkan konten kalian di akun orang lain serta potensi bagi mereka untuk membagikan konten kalian kepada pengikut mereka. 

Push Reels ke feed kalian

Kalian dapat memposting Reel kalian secara organik apa adanya melalui platform Reel (kemudian akan muncul di tab Reel kalian), atau juga mempublikasikannya di feed sendiri. Ini adalah praktik terbaik untuk mempublikasikan ke feed kalian sehingga audiens saat ini juga dapat terlibat. 

Ambil posting dan Stories lama lalu buat ulang menjadi Reels

Sebagian besar komunitas pembuatan konten menggunakan trik memposting kembali, termasuk Stories yang lebih lama untuk membuat video 15-30 detik mereka untuk reels Instagram. 

Unggah video TikTok kalian ke Reels

Apakah kalian baru saja memposting video ke TikTok? Anyway, kalian benar-benar dapat memposting video yang sama ke Reel Instagram kalian juga, lho! Pastikan semua versi 30 detik dari video tersebut (TikTok memungkinkan 60 detik) atau kalian dapat memotong video 60 detik menjadi dua Reels.

Tambahkan judul ke foto sampul Reel kalian

Saat seseorang menavigasi ke tab Reel kalian, permudah mereka untuk memilih Reel mana yang ingin mereka tonton. Memberi judul pada Reels kalian juga memberi pengikut Instagram kalian sebuah feel untuk jenis konten yang kalian posting.

Ide dan contoh Reel Instagram untuk bisnis

Ada banyak cara gratis untuk menjangkau calon pelanggan Anda di Instagram: postingan, video, Stories, IGTV, dan sekarang Reel. Berikut adalah beberapa cara bisnis menggunakan Reel Instagram untuk mengekspresikan, mendidik, dan menghibur.

Filmkan diri kalian dengan memberikan tips

Kalian dapat memberikan lima tips singkat atau pratinjau video yang lebih panjang. Silakan pikirkan tentang kata kunci yang kalian targetkan dalam posting blog, FAQ dari pelanggan dan prospek, dan video lain yang berkinerja baik dalam upaya pemasaran media sosial kalian. 

Bagikan testimoni atau kisah sukses pelanggan

Minta beberapa pelanggan kalian yang paling setia membuat video berdurasi 15 hingga 30 detik tentang alasan mereka senang berbisnis dengan kalian. Review akan selalu tampil baik di media sosial, terutama konten video, seperti Reel Instagram.

Buatlah sebuah blooper Reel dari Reel bloopers kalian

Siapa yang tidak suka bloopers? Orang bisa merasa senang bisa berhubungan dengan pemilik bisnis di belakang kamera. Gunakan humor untuk mengekspresikan sisi ringan dari kepribadian brand kalian dan tingkatkan keterlibatan media sosial kalian juga selama “perjalanan.”

Tampilkan karyawan kalian

Tampilkan seorang karyawan setiap minggu, bagikan apa yang mereka sukai terkait bekerja untuk bisnis kalian, apa yang mereka sukai dari pekerjaan mereka, atau berikan tips dari spesialisasi mereka. Plus, ini adalah kesempatan bagus untuk mengekspresikan nilai-nilai inti perusahaan kalian. Setuju, kan?

Berikan checklists yang berguna

Apakah kalian memulai bisnis kalian sendiri? Apa strategi pemasaran terbaik yang kalian gunakan untuk mengembangkan bisnis kalian? Pilihannya tidak terbatas. Banyak pembuat konten akan memiliki opsi yang tertulis dan mereka akan mengarahkannya saat melintasi layar tetapi jika itu bukan gaya kalian, sebaiknya ya kalian selalu memeriksa notepad dan membaca tips dari tema khusus kalian

Buat Reels sebelum dan sesudah (before-and-after)

Jika kalian adalah perusahaan jasa, ini akan sangat mudah. Jangan lupa untuk mengambil beberapa gambar sebelum kalian memulai proyek/pemeliharaan/pekerjaan.

Promosikan bisnis lain

Kalian dapat memilih untuk mempromosikan bisnis kecil tetangga atau jika kalian adalah perusahaan B2B, silakan sorot salah satu klien kalian. 

Bagikan pesan yang cepat dan menggembirakan

Sangat penting untuk terhubung dengan pengikut kalian dan salah satu cara cepat untuk melakukannya adalah dengan mengambil beberapa kutipan inspirasional berdasarkan bisnis kalian. Kalian dapat menyalakan kamera dan membaca kutipan tersebut atau teks tertutup dengan background bergerak yang bagus. 

Bicarakan tentang keuntungan berada di daftar email kalian dan beri tahu mereka cara bergabung

Poin ini bisa dibilang strategi cross-promotion. Apakah pelanggan kalian mendapatkan penawaran eksklusif? Akses awal? Dapatkan lebih banyak pendaftaran email dengan Reel kalian.

Sorotan produk atau tutorial

Pamerkan apa yang membuat bisnis kalian berbeda dengan memproduksi Reels untuk setiap produk atau layanan yang ditawarkan bisnis kalian. Buka halaman layanan atau produk kalian dan biarkan permainan dimulai! Atau, silakan tunjukkan kepada pelanggan kalian cara menjadi power user.

Tunjukkan cara meninggalkan review

Benar-benar fokus pada platform yang membutuhkan lebih banyak bantuan, yaitu Google, Yelp, Facebook. Cobalah untuk tidak terlalu banyak menenangkan tetapi beri tahu pengikut kalian betapa kalian ingin mendengar feedback mereka tentang layanan kalian.

Jalankan kontes Reels

Buatlah Reel lalu mintalah pengikut kalian untuk membuat Reel pada topik pilihan kalian, menggunakan audio yang sama untuk Reel kalian, dan posting dengan hashtag khusus. 

Gimana Guys, menarik gak sih semua langkah di atas? Termasuk mudah dilakukan lho! Apalagi jika kalian benar-benar ingin terhubung dengan pelanggan secara intens dan senantiasa berusaha memahami kebutuhan pelanggan, maka cara ini sangat patut kalian coba 🙂

Good luck, Guys


Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
18 Ide Instagram Reels untuk Membangun Brand
Artikel
18 Ide Instagram Reels untuk Membangun Brand
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Sebagian besar pelanggan kalian ada di Instagram? Nah, cobain Instagram Reels aja. Yuk baca 18 Ide Instagram Reels untuk Membangun Brand
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment