ide-bisnis-online

Pandemi saat ini menganjurkan agar berada di rumah saja demi kesehatan sehingga ada baiknya kalian mulai melihat peluang bisnis online. Hal ini karena bisnis konvensional dengan pemasaran offline memang terkena dampak terbesar dengan kondisi saat ini. Okay, yuk baca 13 Ide Bisnis Online Paling Menjanjikan yang Patut Dicoba

Apa Itu Bisnis Online

Bisnis online adalah aktivitas bisnis yang dilakukan dengan melibatkan internet, terutama dari segi promosi dan penjualan.

Pelaku bisnis online sekarang cenderung meningkat dan menjadi trend karena memang tidak membutuhkan modal besar. Keuntungan yang didapatkan juga bisa berlimpah karena akses untuk menyebarkan produk bisa dilakukan tanpa batas wilayah, baik batas kota dan batas negara.

13 Bisnis Online Paling Menjanjikan 2021

Yuk simak bersama-sama terkait daftar bisnis online yang paling menjanjikan di tahun 2021 dengan modal kecil bahkan tanpa modal:

Bisnis Online Seputar Fashion

Sekarang bisnis fashion masuk ke kategori bisnis online terbaik di dunia karena target pasar yang dituju memang cukup pas dan menjadi sebuah kebutuhan utama di kalangan umat dunia.

Dari beragam jenis fashion, kalian bisa memilih salah satu saja atau fokus pada satu kategori yang kalian minati. Selanjutnya, bisa dibuat target pasar, apakah akan fokus ke anak, remaja, atau dewasa.

Bisnis online ini tak perlu menyewa tempat dan modal besar karena bisa diposting melalui media sosial maupun memasarkan melalui marketplace. 

Bergabung dengan Afiliasi

Afiliasi merupakan bisnis online tanpa modal dengan cara menjualkan produk pihak lain.

Penghasilan kalian berasal dari komisi penjualan barang. Besarnya prosentase komisi kalian sesuai dengan yang telah disepakati dengan penjual, bisa 20% atau 50%. Kunci dari kesuksesan bisnis afiliasi adalah bagaimana mendapatkan prosentase komisi yang besar untuk kalian.

Menjadi Blogger

Saat kalian memiliki blog, tentunya akan menulis konten yang tidak hanya menarik tapi juga bermanfaat. Lalu, pengunjung akan datang ke blog kalian nih untuk mendapatkan informasi berkualitas yang mereka butuhkan.

ide-bisnis-online-1

Semakin banyak pengunjung datang maka semakin besar penghasilan yang akan kalian dapatkan. Sumbernya banyak, kalian bisa mendapatkan penghasilan dari iklan. Contohnya dengan bergabung ke platform Google Adsense. Selain itu, tak jarang bisnis yang berani membayar kalian untuk menulis sponsored post

Yang tak kalah menarik, kalian bisa memulai bisnis ini tanpa modal sepeserpun.

Menjadi Copywriter

Tanpa adanya seorang copywriter, seorang pembeli tidak akan tertarik atau mau membeli sebuah produk. Hal ini karena seorang copywriter memiliki peran besar untuk mengajak dan mempengaruhi seseorang untuk bisa membeli produk tersebut.

ide-bisnis-online-2

Lebih lengkapnya lagi, pekerjaan seorang copywriter adalah menuliskan sebuah teks iklan dengan bahasa menarik dan tersegmentasi atau tepat sasaran. Bisa dikatakan bahwa mereka adalah orang yang siap mempromosikan sebuah produk melalui kata-kata yang bersifat promotif.

Berjualan Ebook

Berjualan ebook merupakan bisnis yang sedang naik daun. Hal ini karena perkembangan teknologi yang memudahkan buku digital dapat diakses di mana saja dengan berbagai perangkat. Selain itu, saat ini banyak sekali toko buku digital yang melayani penjualan ebook sehingga konsumen bisa membeli buku dengan cepat dan mudah.

ide-bisnis-online-3

Untuk menekuni bisnis ini, silakan pastikan kalian mampu membuat sebuah buku digital yang menarik, dari sisi konten, desain, dan tampilannya.

Penjualan ebook yang dihasilkan bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, bisa menjualnya melalui toko buku digital, seperti BukaBuku, Karya Virtual hingga Google Play Store. Kedua, bisa menjualnya secara mandiri, baik menggunakan media sosial atau website kalian.

Jika menggunakan WordPress, kalian cukup menambahkan plugin download yang memiliki fitur sistem pembayaran untuk menjual ebook, seperti Easy Digital Downloads.

Menawarkan Jasa Terjemah

Jika kalian memiliki keahlian bahasa asing, kalian bisa mencoba membuka jasa terjemahan karena peluang bisnis online ini cukup menjanjikan.

Akses informasi semakin mudah berkat internet dan sebagian besar informasi tersebut dalam bahasa Inggris. Selain itu, jika memiliki karya yang ingin dikenalkan kepada dunia maka harus mengubah ke format bahasa Inggris.

Artinya, peran penerjemah dibutuhkan dalam kondisi ini alias konsumen untuk bisnis online ini sudah ada.

Sebelumnya, silakan pastikan kalian melengkapi sertifikasi yang diperlukan. Selanjutnya, kalian bisa bergabung ke komunitas penerjemah, seperti HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia) untuk memperkuat koneksi.

Lalu, mulailah mencari klien melalui platform freelancer atau koneksi komunitas. Pastikan kalian memberikan hasil pekerjaan terbaik sebagai sarana pemasaran word of mouth untuk konsumen berikutnya.

Membuka Jasa Pembuatan Website

Apabila jago coding, membuka jasa pembuatan website bisa menjadi bisnis online yang menjanjikan, lho. Hal ini karena semakin banyak orang mulai memahami pentingnya website tapi belum mampu membuat website sendiri.

Silakan membangun website yang unik sebagai media promosi dan identitas online. Selain itu, bangun branding yang kuat atas keahlian kalian tersebut.

Kalian juga perlu lebih jeli dalam memilih target pasar dan menyesuaikan tarif jasa yang dikenakan, ya.

Bisnis online ini bisa dilakukan tanpa modal dan menjanjikan keuntungan yang berlipat karena bisa melakukan berbagai pengembangan usaha, contohnya menjadi reseller hosting. Kalian bisa bergabung di Jetorbit untuk menjadi reseller hosting, baik reseller hosting cPanel dan reseller hosting directadmin.

Membuka Jasa Desain Grafis

Keahlian desain grafis juga sangat dibutuhkan oleh dunia bisnis, seperti desain logo, desain kemasan produk, desain brosur, dan lain-lain.

ide-bisnis-online-4

Membuka jasa desain grafis bisa menjadi ide bisnis online bagi yang memiliki skill desain yang tinggi. Untuk mendapatkan konsumen, kalian bisa bergabung ke platform freelancer. 

Namun, kalian tetap perlu membangun reputasi online melalui sebuah website portofolio agar menjadi bukti keahlian desain kalian. 

Membuka Jasa SEO

Jika memiliki keahlian SEO (Search Engine Optimization), membuka jasa konsultan optimasi website adalah pilihan bisnis online menjanjikan.

Pada dasarnya, bisnis online ini akan membantu website pebisnis untuk mendapat peringkat terbaik di mesin pencari sehingga mendatangkan banyak pengunjung yang berpeluang meningkatkan penjualan produk.

Harap diingat bahwa bisnis kalian sebaiknya menghindari teknik Black Hat SEO yang tidak aman. Silakan gunakan strategi yang baik, seperti riset keyword, content audit, hingga monitor backlink. 

Untuk memasarkan bisnis online ini, bisa memanfaatkan website portofolio atau blog yang menjelaskan kemampuan kalian. 

Membuka Rental Motor atau Mobil

Bisnis online satu ini juga bisa kalian pertimbangkan, lho. Kalian bisa mempromosikan secara online seperti media sosial atau bisa saja melalui suatu aplikasi. Bisnis rental ini sangat prospek dilakukan di daerah pariwisata.

Menjual Makanan Secara Online

Peluang bisnis ini sangatlah prospek. Artinya, kalian bisa menjual makanan tertentu secara online, baik melalui website toko online sendiri atau melalui media sosial.

Kalian bisa memilih produk makanan yang memang tahan lama, seperti frozen food. Atau, bisa juga kalian menjual makanan besar, seperti steak daging sapi, bakso, dan sebagainya.

Caranya bisa dilakukan dengan pre order atau dijual di lingkup sekitar kalian.

Menjadi Podcaster

Podcasting juga bisa menjadi bisnis online tanpa modal, lho. Menjadi podcaster artinya kalian membangun sebuah channel yang menyediakan konten audio on demand yang bisa diakses secara online. 

Topik konten untuk channel kalian bisa apa saja, kok. Pilihlah yang sekiranya memiliki audiens yang besar dan setia agar podcast kalian bisa semakin berkembang. 

Untuk membuat podcast, kalian bisa memanfaatkan platform, seperti Spotify, Anchor, atau Soundcloud. Jika kalian ingin tampil unik dan keleluasaan penggunaan, menggunakan website sendiri merupakan pilihan terbaik. 

Kalian bisa membangun channel kalian sendiri di website WordPress yang dilengkapi plugin, seperti PowerPress Podcasting. Jika sudah memiliki banyak pendengar, mulailah melakukan monetizing untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, afiliasi, dan lain-lain.

Menjadi Influencer

Ini bisa menjadi bisnis online yang dapat kalian coba karena influence marketing merupakan salah satu strategi dalam digital marketing yang masih akan terus digunakan oleh para pebisnis dalam upaya menjual produk.

Untuk menjadi seorang influencer, silakan pastikan kalian memahami tingkatan kalian terlebih dahulu. Apakah influencer nano, mikro, makro atau premium untuk memastikan kalian bisa melakukan pekerjaan dengan baik.

Selanjutnya,  kalian bisa bergabung ke salah satu platform influencer terlebih dahulu, seperti SociaBuzz atau BuzzoHero.

Seiring reputasi kalian sebagai seorang influencer meningkat, kalian bisa mulai menawarkan jasa tersebut secara mandiri melalui media sosial.

Okay Guys, silakan sesuaikan bisnis yang ingin kalian jalankan dengan minat dan kemampuan yang dimiliki, ya. Sebab, proses meraih kesuksesannya bisa saja membutuhkan waktu. Nah, agar sekaligus membangun reputasi online kalian, selalu manfaatkan website pribadi untuk mendukungnya.

Good luck and have a nice day

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.7 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment