10 Project Management Tools Terbaik Untuk Memudahkan Pekerjaan

Sharing is caring!

Platform yang disebut dengan Project Management Tools yang fungsinya untuk mengatur sebuah proyek agar tercatat dengan baik, mengatur berbagai proyek dalam satu waktu, mengerjakan atau memberikan tugas, dan agar bisa berkolaborasi dengan banyak orang. Apakah benar bisa memudahkan pekerjaan? Okay, buktikan yuk di 10 Project Management Tools Terbaik Untuk Memudahkan Pekerjaan

Manfaat dari Project Management Tools

Ada 5 manfaat yang bisa dirasakan saat menggunakan project management tools, yaitu:

  • Memberi kemudahan bagi tim untuk bergabung
  • Mudahnya akses informasi
  • Fokus pada kolaborasi
  • Harga terjangkau
  • Fleksibel 

10 Rekomendasi Project Management Tools Terbaik

Berikut ini 10 daftar project management tools terbaik yang bisa kalian gunakan untuk memudahkan pekerjaan kalian:

Trello

project-management-tools-1

Trello memiliki sistem user-centered dan menawarkan interface paling menarik, sangat interaktif, dan hemat biaya.

Trello memiliki beberapa fitur unggulan sebagai berikut:

Koneksi power-up

Tool ini memiliki trik konfigurasi dengan kapasitas hampir tidak terbatas dan bisa membantu mengadopsi proyek terumit sekalipun. Selain itu, tool ini juga terhubung ke Google Drive, Salesforce, Evernote, dan GitHub serta bisa memfilter board, fitur keamanan tingkat advance, dan kontrol administratif.

Keunggulan lainnya adalah gratis API developer jika menggunakan Trello melalui aplikasi, plug-in, atau extension.

Metodologi board dan card yang unik dan mudah digunakan

Sangat cocok untuk para pemula dalam hal penggunaan tools project management.

Board publik dan private

Anyway, kalian bisa lho membentuk tim yang publik atau private dengan Trello serta bisa membuat board, card, dan tim sebanyak yang dibutuhkan.

Kolaborasi end-to-end

Tool ini mampu menghubungkan individu dan tim yang bisa berinteraksi sosial dalam satu sistem. Fitur ini bermanfaat bagi anggota tim agar bisa mengikuti setiap perubahan status, penambahan lampiran, komentar, serta penambahan label dan checklist.

Pengelompokan tim

Kalian bisa menggolongkan tim menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan, seperti tim finance dan tim marketing.

Trello bisa digunakan secara gratis dan tidak ada batasan untuk untuk personal board, cards, dan list, dengan maksimal 10 tim boards. Sedangkan untuk mendapatkan fitur tambahan, kalian bisa menggunakan versi berbayar dengan harga Rp 140.000,- per pengguna/perbulan.

Asana

project-management-tools-2

Asana merupakan project management tools dan sistem kolaborasi yang menawarkan salah satu CS terbaik di pasaran. Asana juga menawarkan pendelegasian tugas yang mudah dan change management terbaik. Selain itu, kalian bisa juga melakukan pengembangan taktik manajemen serta kolaborasi proyek baru dengan menggunakan Asana.

Asana memiliki fitur unggulan sebagai berikut:

Custom tracking fields

Fitur ini akan membantu kalian saat ingin memantau perkembangan proyek, contohnya lamaran kerja, leads, dan lain-lain.

CSM

Tersedia CSM (Customer Success Manager) yang akan membantu menggunakan tools Asana. Selain itu, tersedia juga layanan selama 24/7 untuk kasus emergency.

Task dependencies, subtasks, and columnar project structures

Kalian bisa lho melakukan kontrol progress proyek sampai selesai dan membuat laporan progress secara detail dengan memanfaatkan fitur ini.

Dedicated smart inbox

Fitur ini memungkinkan untuk memilih email provider yang kalian suka. Terdapat juga fitur dedicated smart inbox yang berguna untuk memilih notifications yang relevan saja. Selain itu, email yang masuk bisa diubah menjadi tugas secara otomatis.

Premade templates

Tersedia aneka premade templates yang bisa dipilih untuk menambahkan workflow baru pada sistem secara cepat.

Kolaborasi dengan pihak ketiga

Fitur ini memungkinkan kalian untuk berbagi data dengan rekan, tamu, atau pihak ketiga.

Untuk pengguna gratis, kalian akan mendapat project tanpa batas untuk tim yang terdiri dari 15 orang. Untuk mendapatkan fitur tambahan, kalian bisa menjadi pengguna berbayar dengan harga mulai dari Rp 153.000,- per pengguna/perbulan.

Mavenlink

project-management-tools-3

Mavenlink hadir bagi pengguna yang ingin mencari tool yang sederhana, tidak mahal tapi bisa menangani proyek panjang serta kompleks. Mavenlink merupakan kombinasi kolaborasi, perencanaan sumber daya, financial management, dan project management yang mampu menyusun budget suatu proyek.

Berikut ini beberapa fitur unggulan Mavenlink:

Cost control

Fitur ini berisi tentang pengendalian biaya dan memberikan laporan keuangan secara real-time. Kalian bisa mengatur sumber daya yang dimiliki yang secara otomatis akan menghubungkan pengeluaran.

Project planning

Fitur ini berguna untuk membuat rencana proyek secara real-time, berbagi tugas kepada tim, dan menjadwalkan deadline

Project accounting

Kalian bisa membuat laporan keuangan proyek dengan memanfaatkan fitur ini karena menghitung pengeluaran, menghitung pajak penjualan, membuat perubahan pesanan, dan lain-lain.

Business intelligence

Fitur ini berguna untuk menyiapkan data insight. Kalian bisa melihat profit margins, status proyek, utilisation stats, dan pengeluaran serta kustomisasi laporan sesuai kebutuhan.

Team collaboration

Kalian bisa terhubung dengan tim, memulai percakapan, upload file, dan bertukar informasi melalui fitur ini.

Teamwork

project-management-tools-4

Teamwork adalah project management software serta platform kolaborasi yang membantu untuk bekerja secara remote bersama tim, tetap terorganisir serta produktif. Masing-masing project mengizinkan kalian untuk upload file, menyelesaikan tugas dan membuat deadline, serta chat dengan anggota tim lainnya. Keren kan?

Kalian bisa mengurangi miskomunikasi satu sama lain dengan cara fokus pada informasi project. Nah, Teamwork ini bisa digunakan secara gratis namun terbatas hanya untuk 2 project dan 5 anggota tim. Untuk versi berbayar nih, dimulai dari harga Rp 126.000,- per pengguna/perbulan.

Project.co

project-management-tools-5

Project.co adalah project management tool yang menghubungkan tim kalian dan client dalam satu wadah. Masing-masing pekerjaan bisa diatur dalam project.co, contohnya mengatur di discussion feed, notes, tasks, team, dan payment. Kalian juga bisa merekam durasi waktu pada setiap proyek.

Selain itu, di Project.co juga terdapat calender, scheduller, dan Kanban View yang mana dapat memberikan tampilan ideal saat melakukan pekerjaan. Untuk menggunakan Project.co, bisa secara gratis yang dibatasi untuk 5 project aktif dan 5 internal user. Sedangkan untuk berbayar, dimulai dengan harga Rp 98.000,- setiap bulannya.

Todoist

project-management-tools-6

Todoist adalah aplikasi sederhana namun cukup powerfull untuk membuat to-do-lists kalian menjadi semakin interaktif. Kalian bisa membuat prioritas tugas yang harus didahulukan, berkolaborasi dengan tim, membuat pengingat, dan sebagainya.

Setiap item di Todoist juga bisa dikategorikan menjadi project yang berbeda sehingga membuat project semakin simpel dan mudah dimengerti. Todoist tersedia versi gratisnya lho Guys tapi untuk mendapatkan fitur tambahan, harganya mulai dari Rp 42.000,- perpengguna perbulan.

Toggl Plan

project-management-tools-7

Toggle Plan adalah project management tool yang efektif untuk tugas-tugas yang pemrosesannya otomatis dengan tampilan visual yang lengkap. Jika kalian dan tim kalian sering berkolaborasi dengan divisi lain dalam sebuah project maka Toggl Plan menjadi pilihan tepat untuk Project Management Tools kalian. Selain itu, Toggl Plan bisa digunakan secara gratis untuk project tanpa ada batasan selama anggota tim terdiri dari 5 orang. Cobain yuk!

nTask

project-management-tools-8

nTask ini mendukung multiple project atau tugas dalam satu waktu. Nah, user juga bisa memilih ketua project, budget, membuat pemberitahuan, dan time tracking. Penggunaan nTask ini bisa gratis untuk Basic Users dan bisa juga berbayar, mulai dari harga Rp 41.000,- perpengguna/perbulan.

Wrike

project-management-tools-9

Wrike menjadi salah satu pilihan project management tool untuk tim yang ingin mengkostumisasi workflow-nya sendiri. Kalian juga bisa mengedit, merevisi project, membuat layer kalender, serta dapat diakses secara mobile.

Kalian juga bisa menambahkan komentar pada video maupun dokumen. Penggunaan dari Wrike ini gratis untuk 5 anggota tim dan berbayar jika lebih dari 5 anggota. Harganya mulai dari Rp 137.000,- perpengguna perbulan.

Freedcamp

project-management-tools-10

Freedcamp didesain khusus untuk penggunaan personal dan profesional. Setiap project dalam Freedcamp punya tugas-tugasnya tersendiri, pengingat, files, diskusi, waktu, melihat progress, dan kalender.

Pada dashboard Freedcamp, tampilannya berupa apa yang sedang lakukan oleh tim, seperti aktivitas, project, dan tugas. Penggunaan aplikasi ini gratis selamanya. Apabila  ingin mendapatkan fitur tambahan, kalian bisa menggunakan langganan nih, dengan harga mulai dari Rp 20.000,- perpengguna perbulan.

Okay, Guys, itulah 10 rekomendasi dari kami. Pada dasarnya, semua tools punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ya, kalian tahu saja bagaimana cara kerja dari masing-masing tools dan silakan pilih yang paling nyaman serta tentunya sesuai dengan kebutuhan kalian.

Stay safe, stay healthy, and always be alert, Guys!


Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Project Management Tools Terbaik Untuk Memudahkan Pekerjaan
Artikel
10 Project Management Tools Terbaik Untuk Memudahkan Pekerjaan
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah benar bisa memudahkan pekerjaan? Okay, buktikan yuk di 10 Project Management Tools Terbaik Untuk Memudahkan Pekerjaan
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “10 Project Management Tools Terbaik Untuk Memudahkan Pekerjaan”

  1. Hey Silvia!

    Saya juga ingin menambahkan kalender baru dan daftar tugas menjadi satu sebagai Tweek — https://tweek.so

    Hal ini sangat sederhana dan berguna untuk penggunaan sehari-hari.

    Itulah yang sebenarnya disukai pengguna 🙂

    Reply

Leave a Comment