10 SEO Tools Gratis dan Terbaik Untuk Riset Keyword

Sharing is caring!

Kalian tahu tidak kalau ada banyak SEO tools gratis yang tersedia di internet? Nah, melalui SEO tools gratis ini, kalian punya kesempatan untuk bersaing dalam hasil pencarian Google. Okay, cari tahu SEO tools gratis dan terbaik apa saja yang bisa digunakan yuk dengan baca 10 SEO Tools Gratis dan Terbaik Untuk Riset Keyword 

10 SEO Tools Gratis Untuk Riset Keyword dan Optimalisasi Bagi Website

Berikut ini ada rekomendasi SEO tools yang bisa kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan:

Google Search Console

Platform ini merupakan salah satu tools gratis dari Google. Dengan menggunakan tools ini, kalian bisa melihat, memonitor serta mengatur performa website, indeksasi, traffic, backlink serta mengatasi masalah keyword yang berhubungan dengan Google search. Fitur utama Google Search Console adalah mengukur bagaimana performa keyword yang kalian gunakan pada website. 

seo-tools-gratis-terbaik-1

Ada beberapa layanan yang bisa diakses dengan platform ini:

  • Memonitor proses crawling bot Google pada website.
  • Memperbaiki masalah indeksasi dan menjadi media untuk meminta permohonan indeksasi ulang web.
  • Melihat traffic pencarian keyword di Google, termasuk di dalamnya melihat keyword efektif pada website.
  • Menerima peringatan ketika terdapat aktivitas kurang wajar pada website.
  • Menunjukkan website mana saja yang memuat link menuju web kalian (backlink).
  • Memperlihatkan masalah AMP, versi website pada ponsel, dan fitur pencarian lainnya.

Nah, cara menggunakan platform ini adalah jika sudah menambahkan website ke Google Search Console, silakan buka platform yang dimaksud kemudian klik menu Performance di sebelah kiri halaman.

Kalian akan diperlihatkan grafik performa website di hasil pencarian Google. Grafik ini memuat angka jumlah klik ke website, impresi, CTR, dan rata-rata ranking di hasil pencarian. 

Ketika scroll down, klik tab Queries dan perhatikan keyword apa saja yang muncul. Keyword inilah yang perlu dijadikan amunisi untuk optimasi konten.

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner dapat bekerja maksimal jika kalian menggabungkannya dengan Google Ads. Pada dasarnya, platform ini dapat digunakan untuk mencari serta menganalisis keyword yang tepat untuk selanjutnya diiklankan pada Google Ads. Platform ini juga masih bisa digunakan lho sebagai SEO tool karena memiliki akses data indeks keyword yang lengkap dari Google itu sendiri. 

Berikut ini beberapa hal yang bisa kalian dapatkan saat mengakses Google Keyword Planner:

  • Ide keyword dari gabungan kata, URL website, ataupun kategori produk.
  • Jumlah volume keyword dan tren keyword di mesin pencarian.
  • Daftar ide keyword dari kombinasi beberapa keyword.
  • Perkiraan performa keyword, jumlah klik, dan biaya beriklan di Google Ads.

Keempatnya bisa kalian dapatkan tanpa membayar uang sepeser pun. Wow, keren! Namun, ada satu hal yang perlu diingat nih, Guys. Data yang ditampilkan Google Keyword Planner itu hanya mencakup pada paid search. Ketika dipakai untuk memprediksi tingkat persaingan keyword, data yang tampil hanya memuat persaingan antara pengguna Keyword Planner itu sendiri.

Wordtracker

Platform ini dapat digunakan sebagai SEO tools sekaligus market research tool atau keyword berbasis pay per click, yang mana tool ini juga dapat merekomendasikan beberapa keyword yang lebih akurat karena tidak disederhanakan. Selain itu, platform ini menunjukkan perbandingan hasil pencarian (SERP), pencarian related keywords, serta arsip penyimpanan keyword yang telah kalian masukkan. Platform ini juga dilengkapi dengan desain tampilan dan user interface yang mudah dan sederhana.

seo-tools-gratis-terbaik-2

Berikut ini beberapa fitur Wordtracker yang tak dimiliki oleh Google Keyword Planner:

  • Akses keyword asli (tidak di grup atau disederhanakan oleh Google).
  • Metrik kompetisi SEO.
  • Perbandingan hasil pencarian (SERP).
  • Live chat customer service.
  • Pencarian keyword sekunder atau related keywords.
  • Opsi pencarian keyword untuk Google, Amazon, YouTube, dan Ebay.
  • Pencarian keyword berkonotasi negatif.

Wordtracker juga memberikan 10.000 rekomendasi keyword untuk setiap entri yang dimasukkan. Kalian juga bisa mengatur secara manual kata apa yang ingin dimasukkan atau tidak dimasukkan dalam riset keyword. Anyway, terdapat kolom khusus yang mana kalian bisa menyimpan keyword yang sudah diriset. Keren, kan?

Google Trends

Platform ini sangat membantu kalian dalam melakukan riset keyword karena dapat membandingkan beberapa keyword yang ada dengan artikel terbaru yang kalian miliki. Google Trends ternyata juga memiliki grafik yang berisi data keyword yang paling sering dicari dan diakses dari seluruh dunia lho.

seo-tools-gratis-terbaik-3

Selain itu, terdapat arsip indeks keyword data yang lengkap dari beberapa tahun sebelumnya yang telah diindeks oleh Google. Nah, kalian dapat melakukan filter berdasarkan lokasi, search history, serta kategori. Menariknya lagi nih Guys, platform ini juga dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan riset terhadap data yang sedang kalian gunakan, penyebab interest serta asal pengunjung website kalian.

Google Analytics

Bisa dibilang platform SEO tools terlengkap itu, Google Analytics. Dalam platform ini tersimpan banyak data penting yang kalian butuhkan untuk dianalisis atau dilakukan riset lebih lanjut. Analytics menyediakan data SEO website secara lengkap, yakni tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website kalian.

seo-tools-gratis-terbaik-4

Nah, ada banyak report yang bisa dimanfaatkan dari data pengunjung website kalian nih. Data juga dilengkapi grafik yang lengkap, mulai dari lokasi, jenis kelamin, keyword yang paling banyak diakses, topik yang diminati, dan sebagainya.

Keywordtool.io

Tool ini digunakan untuk menemukan serta menentukan long tail keyword. Long tail keyword ini sendiri berarti keyword yang lebih spesifik, targeted, serta memiliki tingkat persaingan keyword yang kecil sehingga memungkinkan untuk mendapatkan ranking yang tinggi pada pencarian Google. 

seo-tools-gratis-terbaik-5

Keyword Tool tak hanya menyediakan platform pencarian keyword untuk di Google saja lho. Tool satu ini memiliki opsi riset keyword untuk tujuh medium lainnya, yakni YouTube, Blog, Amazon, eBay, PlayStore, Instagram, dan Twitter. 

Selain pilihan medium yang terbilang lengkap, keyword tool gratis ini juga menyediakan opsi lokasi dan bahasa. Bahkan nih, pilihan bahasa untuk sebuah negara pun tidak hanya sebatas satu saja. 

Guys, untuk melihat data secara lengkap, kalian tetap perlu berlangganan Keyword Tool Pro. Namun, kalau kebutuhan kalian masih sederhana, fitur gratis yang ditawarkan sudah lebih dari cukup. Selamat mencoba!

KWFinder

Tool ini menyederhanakan pemahaman mengenai keyword dan SEO. Nah, inti dari prinsip dalam SEO adalah menemukan keyword yang memiliki tingkat persaingan rendah namun volume pencariannya tinggi. Kuncinya adalah kalian harus menebak keyword yang tepat. KWFinder sangat cocok digunakan bagi pemula yang ingin belajar tentang SEO dan mengimplementasikan keyword pada websitenya. 

seo-tools-gratis-terbaik-6

Terkait fitur dan cara kerja, KWFinder sebenarnya sangat mirip dengan SEO tool lain. Kalian hanya perlu memasukkan keyword target atau domain, lokasi target, dan bahasa. Secara otomatis, KWFinder akan memproses keyword tersebut. Hasilnya, kalian akan dibawa ke halaman dengan dua pembagian kolom utama.

Di kolom sebelah kiri, terdapat daftar rekomendasi keywords. Untuk setiap rekomendasi, kalian bisa lho mengintip tren pemakaian keyword dalam 12 bulan terakhir, volume pencarian, rate CPC dan PPC, serta tingkat kesulitan keyword secara SEO. Di kolom ini juga bisa menentukan satu di antara tiga jenis keyword: related keywords, autocomplete, dan questions

Nah, di sebelah kanan, kalian bisa melihat performa SERP keyword yang dimaksud. Website yang menempati ranking teratas akan dianalisis angka domain authority, page authority, citation flow, trust flows, backlink, social shares di Facebook, link profile strength, dan estimasi pengunjung perbulan.

LSI Keywords

Platform ini membantu untuk menemukan kata-kata yang masih berhubungan dengan topik/artikel/konten dalam website yang kalian miliki. Platform ini tidak hanya membahas tentang menemukan keyword yang tepat. Namun, cenderung ke mencari hubungan keyword utama dengan topik yang berkaitan dengan konten sehingga ketika diindeks, Google akan menemukannya melalui konten-konten yang relevan untuk user.

seo-tools-gratis-terbaik-7

Melalui tool ini, kalian bisa memasukkan hingga sepuluh keyword sekaligus. Selanjutnya, LSI keyword akan memberikan rekomendasi related keyword lengkap dengan analisis jumlah pencarian perbulan, rate CPC, dan tingkat persaingan SEO. Rekomendasi ini dapat digunakan untuk menguatkan keterkaitan konten yang kalian miliki dengan keyword dalam mesin pencarian.

AdWord & SEO Keyword Permutation Generator

Tools ini sangat membantu dalam menemukan dan menyusun keyword yang tepat untuk website kalian. Platform ini dapat digunakan untuk menentukan keyword yang relate dan sesuai dengan konten yang kalian miliki serta menghubungkannya dengan Google search.

seo-tools-gratis-terbaik-8

Tool ini dapat menyusun dan merekomendasikan keyword alternatif yang bisa digunakan untuk optimalisasi SEO website. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian tetap harus mengkombinasikan tool ini dengan tool lainnya dalam menentukan keyword untuk website kalian.

WordStream

WordStream membantu marketer di seluruh dunia untuk menjalankan online marketing. Tool ini menyediakan software-software khusus untuk marketer di berbagai medium, termasuk software untuk bisnis skala kecil dan menengah, agensi, dan ecommerce.

seo-tools-gratis-terbaik-9

WordStream juga menyediakan layanan gratis untuk kalian lho, Guys. Ada enam jenis layanan gratis yang bisa dipakai untuk marketer online,  yakni sebagai berikut:

  • Google Ads Performance Grader.
  • Facebook Ads Performance Grader.
  • AdWords Landing Page Grader.
  • Free Keyword Tool.
  • Facebook Opportunity Calculator.
  • Smart Ads Creator.

WordStream akan menampilkan daftar rekomendasi keyword beserta search volumenya. Namun, data berisi tingkat kompetisi keywords, harga iklan cost per click (CPC), dan opportunity score hanya diperlihatkan saat kalian membuka akun free trial.

Nah Guys, dengan sedikit penyampaian di atas nih, kalian sudah menemukan SEO tool terbaik versi kalian kah? Atau, kalian justru sudah menggunakan salah satu bahkan beberapa dari mereka? Wahh, sharing yuk ke kawan-kawan lain di kolom komentar 🙂

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 SEO Tools Gratis dan Terbaik Untuk Riset Keyword
Artikel
10 SEO Tools Gratis dan Terbaik Untuk Riset Keyword
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian tahu tidak kalau ada banyak SEO tools gratis yang tersedia di internet? Baca yuk 10 SEO Tools Gratis dan Terbaik Untuk Riset Keyword
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment