Cara Sukses Menjadi Dropshipper

Sharing is caring!

Menurut kalian nih, alasan banyak orang menjadi dropshipper, apa saja? Apa karena tidak perlu repot mengurus stok dan hanya perlu memiliki modal yang kecil, ya? Selain itu, bisa leluasa untuk bekerja sama dengan lebih dari satu toko. Baiklah, ketahui lebih lanjut yuk tentang dropshipper dengan baca Cara Sukses Menjadi Dropshipper

Apa Perbedaan Bisnis Dropship dengan Reseller?

Pernahkah kalian penasaran, perbedaan model penjualan dropship dengan reseller apa saja? Oke deh, yuk bisa dilihat di tabel bawah ini:

Dropshipper Reseller 
Perlu modal kecilPerlu modal besar
Tidak membutuhkan stok barang, ruang penyimpanan, dan sistim inventoriPerlu memiliki stok barang, ruang penyimpanan, dan sistim inventori
Dapat menjual berbagai jenis dan katalog barangJumlah katalog dan tipe produk terbatas oleh model dan penyedia
Risiko kerugian rendah karena tidak ada barang yang menumpukRisiko kerugian dari deadstock atau barang tak terjual
Lebih mudah karena penjual tidak perlu mengurus pengiriman barangLebih rumit karena penjual harus mengelola setiap tahapan proses penjualan sendiri

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Berikut ini beberapa keuntungan atau manfaat dari bisnis dropship:

Dapat Dijalankan dengan Modal Kecil

Jika kalian ingin menjadi dropshipper, kalian tidak perlu berinvestasi atau cari modal yang banyak untuk melakukan jenis bisnis ini. 

Uang atau modal lebih sedikit karena tidak perlu memikirkan biaya sewa atau membeli tempat penyimpanan untuk barang atau produk-produk yang mau dijual.

Bahkan, kalian tidak perlu beli produknya dulu lho, kecuali si pembeli sudah melakukan transaksi atau membeli ke kalian. Selanjutnya, kalian tinggal meneruskan uang yang sudah kalian terima dari si pembeli dan bisa langsung mengambil keuntungan.

Proses Operasional Sangat Mudah

Bisnis ini bisa dikatakan mudah untuk dijalankan meski kalian hanya sendirian menjalankannya. Hal ini karena tidak perlu berurusan dengan produk atau pembeli secara fisik.

Bisnis di era digital kini membuat rerata menjadi lebih mudah. Apalagi nih, jika sebelumnya kalian sudah punya foto produk serta keterangan lainnya yang tinggal diupload dan masukkan ke media penjualan kalian. Kalian juga tak perlu mengurus inventarisasi, pengelolaan gudang, pengemasan, dan pengiriman barangnya. 

Lokasi dan Waktu Berjualan Fleksibel

Mengenai lokasi dan waktu, sudah dipastikan fleksibel. Hal ini dikarenakan kalian bisa mengatur diri sendiri dan bisa menjalankan bisnis di mana saja dengan satu ketentuan mutlak tentunya, yakni koneksi internet yang memadai.

Pilihan Produk Jualan Bervariasi

Kalian bisa memilih produk apa saja yang ingin ditawarkan ke calon pembeli karena tidak perlu sampai pusing memikirkan pembelian produk terlebih dahulu secara fisik dan di mana nantinya kalian mau menyimpan produk yang akan dijual kembali. Segala jenis produk dan berapa banyak variasinya, tentu bisa dipilih untuk kalian promosikan.

Hemat Waktu, Tenaga, dan Pikiran

Memang menjadi dropshipper tidak terlalu capek. Kembali ke kalian sih, gimana mengaturnya, kapan dan sampai batas mana kegiatan kalian dalam melayani pelanggan. Anyway, kalian tetap bisa kok membuat pengumuman jika ingin waktu libur di hari tertentu.

Tidak Perlu Menyewa Gudang

Kalian tidak perlu memiliki atau membayar sewa gudang penyimpan barang karena bisnis dropshipping memang tidak membutuhkan stok. Semua barang akan dikirim langsung oleh produsen atau pemasok sehingga kalian tak perlu mengatur dan menyimpan inventori.

Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses

Berikut ini ada 6 cara menjadi dropshipper yang sukses:

Memilih Jenis Produk dengan Pangsa Pasar Baik

Pastikan jenis barang yang dipilih sebagai produk kalian memiliki pangsa pasar yang cukup agar lingkup penjualan pun semakin luas.

Untuk meningkatkan keuntungan bisnis, tentunya perlu memilih lebih dari satu produk untuk dijadikan barang jualan. Silakan kalian gunakan analisis SWOT jika mengalami kesulitan menentukan terkait jenis barang apa yang ingin dijual oleh bisnis dropship kalian.

Memilih Supplier Barang Berkualitas dan Terpercaya

Dropshipper memang tidak ikut campur terkait pengecekan kualitas barang yang mereka kirim dan tidak ikut andil dalam proses pengiriman barang.

Oleh karena itu, kalian harus memberikan perhatian ekstra terhadap pemilihan pemasok barang. Pastikan pemasok barang tersebut tak hanya memiliki produk yang berkualitas tetapi juga handal dalam mengelola alur pengiriman barang. 

Kalian dapat menentukan supplier yang tepat dengan merujuk kepada beberapa pertanyaan bisnis berikut ini:

  • Apa saja barang yang disediakan supplier dan berapa harganya?
  • Apa saja opsi pembayarannya dan apakah ada biaya tambahan?
  • Bagaimana kualitas pengemasan barang dari supplier?
  • Bagaimana kebijakan pengembalian barang dari supplier?
  • Bagaimana ulasan pelanggan lain supplier?

Memberikan Nilai Jual Unik pada Barang

Untuk meningkatkan minat pembeli terhadap barang yang dijual, kalian perlu menambahkan nilai jual unik (unique selling point) terhadap produk tersebut.

Penambahan nilai jual pada bisnis dropship adalah sebuah tantangan karena droshipper kan tidak memiliki campur tangan dalam kualitas, pengemasan, atau desain produk.

Oleh karena itu, kalian dapat meningkatkan nilai jual dari segi lain, seperti pelayanan pelanggan, jaminan kualitas, gratis ongkos kirim, memberikan bonus produk, menawarkan diskon untuk pembelian berikutnya, dan sebagainya.

Membangun Brand dan Identitas Bisnis

Brand identity merupakan elemen yang dapat dilihat dari sebuah bisnis, seperti logo, skema warna, desain produk, dan tampilan website atau toko online yang mana membedakan sebuah brand dari kompetitornya.

Tujuan dari membangun brand untuk sebuah bisnis dropship adalah untuk merepresentasikan nilai dan visi dari usaha. Selain itu, membangun brand dan identitas bisnis dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan. 

Membuat Website Toko Online Berkualitas

Membangun website toko online sendiri untuk bisnis dropship milik kalian dapat membantu meningkatkan rasa percaya pelanggan terhadap brand kalian.

Nah, dropshipping itu kan model bisnis yang didominasi oleh transaksi online maka memiliki website adalah sebuah investasi yang tepat untuk meningkatkan rasa percaya pelanggan terhadap brand bisnis kalian. Setuju, kan?

Tenang, santuy, kami punya solusi mudah dan murah untuk membuat website toko online untuk bisnis dropship milik kalian, yaitu dengan menggunakan layanan Jetorbit. Jetorbit dapat membantu kalian membuat toko online dengan mudah dan cepat mulai dari Rp 66.583,- /bulan. Yuk cobain!

Membangun Sistem Pembayaran yang Aman

Selain memiliki toko online yang profesional, tentunya kalian juga harus menggunakan sistem pembayaran yang aman dan terpercaya. Kalian dapat menggunakan payment gateway pada toko online dropshipping milik kalian.

Apabila kalian tidak keberatan untuk membayar biaya admin untuk setiap penjualan, silakan membuka toko online di marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, dan sebagainya.

Guys, bisnis dropship kan bisa dilakukan oleh siapa saja jadi perlu kalian coba nih untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bagi kalian yang sudah menjalani sebagai dropshipper, sharing yuk tentang pengalaman kalian di kolom komentar 🙂

Have a nice day!


Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Sukses Menjadi Dropshipper
Artikel
Cara Sukses Menjadi Dropshipper
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Menurut kalian nih, alasan banyak orang menjadi dropshipper, apa saja? Yuk ketahui terkait dropshipper di Cara Sukses Menjadi Dropshipper
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment