10 Prediksi Tren Web Design Tahun 2022, Jangan Sampai Ketinggalan!

10 Prediksi Tren Web Design Tahun 2022, Jangan Sampai Ketinggalan!

Sharing is caring!

Guys, kalian ingin mengubah desain halaman web kah di tahun 2022? Okay, kita intip bersama yuk 10 Prediksi Tren Web Design Tahun 2022, Jangan Sampai Ketinggalan! Siapa tahu bisa menjadi inspirasi kalian.

10 Daftar Tren Web Design Tahun 2022

Berikut ini ada 10 tren web design yang bisa kalian coba, kalian tiru atau kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian:

Retro

prediksi-tren-web-design-2022-1

Berdasarkan prediksi 99designs, desain web retro akan menjadi tren di tahun 2022 dan ini sejalan dengan naik daunnya desain grafis nostalgia 90an.

Pada tahun 1990-an, web designer belum menjadi sebuah profesi. Itulah sebabnya belum ada “aturan” seputar kontras warna, penempatan elemen, dan lain-lain.

Melalui tren ini, kalian bisa kembali ke masa tanpa aturan tersebut. Tak ada batas ekspresi dan kreativitas jadi desain saja halaman web sesuka kalian. Keren, kan. Akan tetapi, agar pengunjung tetap nyaman, silakan kalian tetap pikirkan aspek usability, ya.

Border yang jelas

Konten dalam halaman web biasanya tak dibatasi oleh border. Akan tetapi, pada 2022 akan ada tren baru web design yang berbeda dari biasanya.

Konten website akan mulai dibatasi oleh garis yang terlihat jelas dan tentunya memudahkan navigasi para pengunjung. Garis tersebut juga memberikan nuansa retro, yang mana gaya desain web yang sama-sama diprediksi naik daun di tahun 2022.

Pengalaman scrolling unik

Tertarik dengan animasi website? Coba lirik buat pengalaman scrolling yang unik, yuk! Kreasi tersebut bisa meningkatkan engagement para pengunjung. Sebagai desainer, kalian pun punya wadah baru untuk berkreasi.

Aksesibilitas

Sebagai bagian dari desain inklusif, aksesibilitas juga diprediksi menjadi tren web design 2022. Beberapa contoh penerapannya adalah:

  • Dark mode untuk mengurangi sakit mata saat membuka website di tengah kegelapan.
  • Fitur perbesar ukuran font untuk membantu pengguna yang memiliki gangguan penglihatan.
  • Penyesuaian kontras untuk membantu pengguna yang punya gangguan penglihatan.

Fitur-fitur di atas tentu bisa memanjakan para pengguna. Kalau kalian menyediakan semuanya, halaman web kalian bisa menonjol di antara para kompetitor.

Desain simpel

prediksi-tren-web-design-2022-2

Guys, pandemi yang sedang melanda kita, dalam perjalanan memasuki 2022 nih, tak bisa dipungkiri banyak bisnis yang mengalami kesulitan. Oleh karena itu, bertumbuh jadi tujuan utama bisnis-bisnis tersebut di tahun depan.

Mengutip Creative Blog, pertumbuhan tadi lebih mudah dicapai dengan desain halaman web yang simpel.

Silakan memakai sedikit kata-kata, pilih warna yang lembut, masukkan gambar yang jelas, jaga white space, serta rancang call-to-action yang straightforward. Poin-poin tersebut akan membuat web kalian lebih ringan sehingga lebih mudah diakses. Saat website mudah diakses, pengunjung tentunya menjadi nyaman, kan. Konversi pun lebih mungkin terjadi.

Elemen desain 3D

Melansir Designmodo, sepanjang 2020-2021 banyak website yang menggunakan desain tiga dimensi secara hampir murni. Elemen yang besar bahkan digambarkan dengan dimensi tiga. Lain halnya dengan prediksi tren web design 2022.

Di tahun 2022 desain 3D tetap digunakan. Akan tetapi, skalanya tak sama dengan penggunaan elemen 3D pada tahun-tahun sebelumnya, Guys.

Elemen 3D pada 2022 akan mengecil serta akan ada juga desainer yang menggabung gaya 3D dengan desain flat

Glassmorphism

prediksi-tren-web-design-2022-3

Glassmorphism juga diprediksi naik daun di tahun 2022. UX Collective bahkan menuliskan beberapa ciri gaya desain ini sebagai berikut:

  • Penggunaan elemen transparan layaknya kaca.
  • Adanya elemen yang tampak melayang.
  • Pemakaian warna yang nyata untuk menekankan bagian transparan yang diblur
  • Border tipis dan berwarna terang

Split screen

Tampilan split screen juga diprediksi menjadi tren web design pada tahun 2022 mendatang. 

Saat sebuah layar dibagi dua, navigasinya tentu menjadi mudah, dong. Pembaca pun lebih nyaman mengunjungi situs kalian. Setuju? Tak hanya itu, desain split screen juga lebih responsif. Artinya, kalian bisa menyesuaikan tampilan web desktop ke mobile dengan mudah.

Typographic Hero Image

Sebagai hal pertama dari website yang dilihat oleh pengunjung, hero image harus mampu membuat statement, artinya bisa menarik perhatian pengunjung dan menggambarkan bagaimana isi dari website itu sendiri. Nah, desainer website di tahun 2022 mengambil ide typografi untuk dijadikan hero image dari website yang di desainnya.

prediksi-tren-web-design-2022-4

Pada dasarnya, bagian hero image ini mengurangi bahkan menghilangkan elemen gambar dan menjadikan tipografi (pesan) sebagai poin utama yang membawa kesan pertama dari website. Bagian hero image tersebut sederhana dan fokus pada tipografi yang menarik dengan gaya huruf yang kreatif.

Engaging Interactive

Guys, kalian menyadari kah bahwa ada website yang interaksinya lebih dari sekedar scrolling yang bisa relatif pasif yang mana untuk mendorong engagement yang lebih bermakna dengan website, seperti mengklik, menggeser, dan menyeret.

Kunci dari tren ini adalah menghadirkan sedikit misteri dan pengunjung dibawa untuk menggunakan bentuk interaksi khusus guna belajar bagaimana cara kerja halaman. Poin ini menciptakan pengalaman baru yang membuat pengunjung merasa lebih seperti penyelidik, secara aktif mencari tahu dan mendorong halaman untuk mengungkap rahasianya.

Okay Guys, jadi demikianlah daftar prediksi tren desain web 2022. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian ya demi kenyamanan pengunjung kalian juga. Selamat mencoba.

Oia Guys, Jetorbit bertekad membantu rekan UMKM untuk bisa memiliki website serta berjualan produk atau jasanya secara online. Waow, keren kan! Jadi, kalian Tetap Bisa Jualan Dari Rumah!

Selain dari Marketplace, dengan memiliki website sendiri nih, kalian dengan mudah dapat mengatur website karena website adalah jati diri usaha kalian.

Kalian akan dapatkan website gratis selama 3 bulan.

Oia, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Have a lovely day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Prediksi Tren Web Design Tahun 2022, Jangan Sampai Ketinggalan!
Artikel
10 Prediksi Tren Web Design Tahun 2022, Jangan Sampai Ketinggalan!
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Okay, kita intip bersama yuk 10 Prediksi Tren Web Design Tahun 2022, Jangan Sampai Ketinggalan! Siapa tahu bisa menjadi inspirasi kalian.
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like