waktu-loading-time

10 Plugin Terbaik untuk Mempercepat Waktu Loading Website Anda

Sharing is caring!

Banyak faktor yang mempengaruhi peringkat di hasil pencarian Google. Salah satu faktor tersebut tentunya adalah kecepatan situs web Anda. Baca sampai selesai yuk 10 Plugin Terbaik untuk Mempercepat Waktu Loading Website Anda.

Jika Anda menjaga kecepatan halaman dan load time, Anda akan mendapat peringkat lebih cepat. Studi Google menunjukkan bahwa load speed 1-3 detik dapat meningkatkan bounce rate Anda sebesar 32%.

Dengan mempercepat situs Anda, Anda tidak hanya akan mendapatkan hasil yang positif dalam hal tampilan halaman dan konversi tetapi Anda juga akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada pengunjung Anda. Kebanyakan orang meninggalkan halaman yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk dimuat.

Plugin Untuk Mempercepat Waktu Loading Website

Inilah sebabnya kami menawarkan plugin terbaik untuk mempercepat waktu loading situs Anda.

WP Fastest Cache

Jika Anda sudah membuat website bagus yang mendapatkan review semakin banyak setiap saat, Anda tentu tidak ingin itu melambat dikarenakan traffic yang tinggi. Plugin ini akan membuat file HTML statis. Berkat WP Fastest Cache, lebih banyak pengguna akan sampai ke halaman statis yang sama daripada membuat page render berulang kali.

waktu-loading-time-1

Produk ini mudah digunakan dan jika Anda kesulitan, ada customer support luar biasa yang akan membantu Anda. WP Fastest Cache digunakan oleh lebih dari 200.000 orang dan dilengkapi dengan serangkaian fitur hebat yang tentunya diimbangi dengan kemudahan penggunaan. Untuk memanfaatkan semua fitur, Anda membutuhkan versi premium. Namun untungnya, ini merupakan one-time fee yang akan Anda bayarkan setelah memasang produk.

WP Super Cache

WP Super Cache adalah salah satu plugin caching yang paling banyak digunakan yang untuk WordPress. Plugin ini gratis dan sangat direkomendasikan oleh banyak perusahaan hosting WordPress terbaik. Plugin ini mencakup semua fitur cache yang direkomendasikan yang Anda perlukan untuk mempercepat situs Anda: kompresi gzip, page cache, cache pre-loading, dukungan CDN, advanced-cache reload, dan lain-lain. Plugin ini pun menghasilkan file HTML statis dari blog WordPress dinamis Anda. 

waktu-loading-time-2

WP Rocket

WP Rocket mungkin adalah plugin kinerja WordPress terbaik. Anda mendapatkan semua fungsionalitas caching yang Anda harapkan. WP Rocket adalah plugin caching termudah dan paling ramah untuk pemula, yang sangat membantu dalam proses setup. Ini mencakup fitur-fitur yang biasanya harus Anda instal untuk beberapa plugin tambahan. Misalnya, Anda mendapatkan gambar lazy loading, pengoptimalan database, bahkan kemampuan untuk menghosting kode Google Analytics di situs Anda sendiri.

waktu-loading-time-3

Ini memungkinkan pengguna untuk langsung meng-cache situs mereka dengan satu klik. Crawler secara otomatis mengambil halaman WordPress Anda untuk membangun cache. Plugin kemudian secara otomatis mengaktifkan pengaturan cache WordPress yang direkomendasikan, seperti kompresi gzip, page cache, dan cache pre-loading.

W3 Total Cache

Pemula mungkin merasa W3 Total Cache agak sulit untuk digunakan tetapi plugin ini adalah salah satu plugin caching WordPress yang paling populer. Plugin caching adalah suatu keharusan bagi semua webmaster dan plugin seperti W3 Total Cache akan sangat efektif dalam meningkatkan load time Anda.

waktu-loading-time-4

Ini mencakup semua fitur yang Anda perlukan untuk mengatur cache WordPress dengan benar: page cache, object cache, kompresi gzip, dukungan limited minification, dukungan CDN, dan sebagainya.

W3 Total Cache adalah sebuah big-time plugin dengan banyak fitur. Untuk volume tinggi, situs traffic tinggi, maka plugin dengan kemampuan tersebut memang sangatlah penting. Namun, di sisi lain, fitur yang sama seperti ini bisa sangat banyak dan sejujurnya terlalu rumit untuk pengguna awal.

Perlu juga dicatat bahwa uninstall plugin ini bisa rumit karena membutuhkan lebih dari sekedar penonaktifan (deactivating) dan penghapusan biasa untuk menghilangkannya.

Enabler Cache

Cache Enabler adalah plugin hebat dari tim di KeyCDN. Plugin ini membutuhkan waktu setup minimal dan memungkinkan Anda dengan mudah memanfaatkan keuntungan yang didapat dari penggunaan cache WordPress.

waktu-loading-time-5

Ini membuat file HTML statis dan menyimpannya di disk server. Server web akan mengirimkan file HTML statis dan menghindari proses resource-intensive backend (inti, plugin, dan database). Cache Enabler hadir dengan opsi untuk mengatur waktu kadaluarsa cache, setup minifikasi, dan beberapa opsi lainnya.

WP Smush

WP Smush adalah plugin untuk pengoptimalan gambar. Memastikan gambar Anda bisa dioptimalkan dengan benar adalah cara lain untuk memangkas kecepatan load time. Jika gambar Anda terlalu besar, tidak hanya perkara menyajikan beberapa ukuran file yang tidak perlu tetapi server Anda juga harus menggunakan sumber daya tambahan hanya untuk menyesuaikan bagaimana gambar ditampilkan, yang mana ini merupakan suatu pemborosan yang tidak perlu.

waktu-loading-time-6

Plugin WP Smush bekerja dengan cara menghapus semua metadata dari JPEG serta menghapus warna yang tidak digunakan dari gambar yang diindeks. Hasilnya adalah ukuran file yang lebih kecil, load time yang lebih cepat, dan tidak ada penurunan kualitas gambar yang nyata. 

WP Super Minify

Ide dari mengecilkan (minifying) adalah sebenarnya untuk menggabungkan JS, HTML, dan file CSS sehingga mereka dapat dikompresi dan disajikan kepada pengunjung dan pada saat yang sama bisa mengurangi waktu loading situs.

waktu-loading-time-7

Proses three-step untuk menginstal plugin ini, termasuk download plugin, upload ke direktori, dan mengaktifkan melalui menu plugin yang membuatnya sangat sederhana. 

BJ Lazy Load

Prosedur default untuk loading sebuah webpage WordPress adalah memuat semuanya secara bersamaan. Jika Anda memiliki banyak gambar maka meminta server Anda untuk melakukan semua pekerjaan berat di awal dapat memperlambat load speed Anda secara signifikan.

waktu-loading-time-8

Plugin BJ Lazy Load meningkatkan load speed situs Anda dengan menggunakan apa yang dikenal sebagai lazy loading. Alih-alih memuat konten yang belum disiapkan oleh viewer, BJ Lazy Load menunda loading hingga user siap.

Saat viewer melakukan scroll, IFrame konten diganti dengan placeholder sehingga halaman memuat sedikit demi sedikit, daripada memuat semuanya sekaligus. Pengunjung pun tidak akan menyadari terjadi ini itu.

WP-Optimize

WP-Optimize memungkinkan Anda untuk clean up dan mengoptimalkan database Anda agar berjalan lebih baik. Anda juga dapat menghapus semua komentar dan memposting revisi secara otomatis untuk memastikan database Anda berjalan rapi, cepat, dan efisien.

Setelah diaktifkan, Anda dapat menentukan jadwal yang secara otomatis akan memproses pembersihan database Anda, dengan menghapus semua data yang tidak perlu, seperti komentar spam, konten sampah, dan lain-lain. 

waktu-loading-time-9

Sebagai revolusioner, plugin all-in-one yang membersihkan database Anda, meng-compress gambar Anda dan menyimpan situs Anda ke cache, tool ini sederhana dan sangat efektif serta memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menjaga situs Anda tetap cepat dan dioptimalkan secara menyeluruh.

Plugin Organizer

Load time yang lambat sering kali dikaitkan dengan memiliki terlalu banyak plugin. Namun, dalam banyak kasus, kita tentu saja membutuhkan plugin tersebut sehingga menghapusnya saja tidak akan berhasil bagi Anda. Mungkin pertanyaan yang lebih baik bukanlah apakah Anda membutuhkan plugin tertentu namun apakah Anda membutuhkannya di setiap halaman.

waktu-loading-time-10

Dengan menggunakan plugin Plugin Organizer, Anda dapat menahan semacam dorongan default WordPress untuk memuat setiap plugin dan memberitahu plugin mana yang ingin Anda muat di setiap halaman. Hal ini dilakukan melalui simple checkbox system.

Fitur menarik lainnya dari plugin ini adalah kemampuannya untuk memprioritaskan urutan plugin untuk dimuat dengan menambahkan fungsi drag-and-drop ke bagian Installed Plugins. Misalnya, bagian komentar biasanya adalah hal terakhir yang akan dilihat pengguna sehingga masuk akal untuk memuat yang terakhir. Tentunya ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan menjadikan halaman dapat digunakan dengan lebih cepat. 

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Plugin Terbaik untuk Mempercepat Waktu Loading Website Anda
Artikel
10 Plugin Terbaik untuk Mempercepat Waktu Loading Website Anda
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Banyak faktor yang mempengaruhi peringkat di hasil pencarian Google. Baca yuk 10 Plugin Terbaik untuk Mempercepat Waktu Loading Website Anda
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo