situs-perjalanan

10 Contoh Situs Perjalanan Yang Akan Membuat Anda Tertarik Untuk Berkunjung

Sharing is caring!

Kemasi barang-barang kalian karena kita akan pergi berlibur! Itulah pesan yang semestinya Anda terima dan rasakan setelah Anda melihat situs perjalanan yang efektif. Yuk baca sampai selesai 10 Contoh Situs Perjalanan yang Akan Membuat Anda Tertarik untuk Berkunjung

Meskipun foto dapat melakukan banyak hal dalam menginspirasi pengunjung namun situs wisata tidak dapat mencapai tujuannya tanpa desain web yang bagus. Desain web memainkan peran utama dalam kesan pertama pengunjung terhadap sebuah bisnis. Faktanya, dalam sebuah penelitian, ketika peserta ditanya mengapa mereka tidak mempercayai situs, 94% komentarnya adalah terkait desain.

Untuk situs perjalanan, hal ini berarti bahwa desain dapat menjadi faktor penentu apakah pengunjung mempercayai rekomendasi dan informasi. Apalagi mengingat investasi signifikan yang digunakan untuk merencanakan perjalanan maka kepercayaan memang sangatlah penting. 

Selain berfungsi sebagai sumber inspirasi yang dapat dipercaya, situs perjalanan juga perlu memberikan semua informasi yang dibutuhkan calon wisatawan untuk mengatur rencana perjalanan mereka. Setelah pengunjung diyakinkan bahwa mereka perlu melihat sendiri pemandangan yang ada di foto, seharusnya mudah bagi mereka untuk merencanakan perjalanan.

Artinya, situs tersebut perlu memiliki informasi perjalanan langsung, detail logistik yang bermanfaat, dan tips yang akan membantu pengunjung menyederhanakan proses perjalanan.

Apa Yang Harus Disertakan Dalam Situs Perjalanan?

Elemen desain yang Anda butuhkan bergantung pada jenis situs yang Anda jalankan. Situs pariwisata resmi suatu kota memiliki tujuan yang berbeda dengan tujuan blogger perjalanan atau perusahaan tur.

Jadi saat Anda membaca artikel ini, perlu diingat bahwa tidak semua rekomendasi akan berlaku untuk situs Anda. namun secara umum, situs perjalanan yang ideal harus menyertakan poin-poin berikut ini:

  1. Fotografi berkualitas tinggi.
  2. Rangkuman singkat dari area tersebut, dengan highlights dari tempat-tempat yang penting.
  3. Rekomendasi hotel dengan link web ke hotel dan situs booking.
  4. Informasi tentang rekreasi dan aktivitas outdoor.
  5. Panduan seni dan budaya, termasuk museum, teater, dan atraksi lainnya.
  6. Tips packing.
  7. Peta dan panduan.
  8. Informasi transportasi umum.
  9. Informasi bandara.
  10. Tips yang relevan terkait bahasa dan dialek lokal.

Situs Anda mungkin tidak perlu menyertakan semua elemen di daftar tersebut. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Ada beberapa contoh situs perjalanan yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi. Di sini kami memberikan contoh situs perjalanan di dalam Indonesia dan luar Indonesia. Mari kita mulai!

Visit Australia

Meskipun situs resmi Australia menyertakan banyak foto yang menarik untuk dilihat pengunjung, situs ini juga mengambil langkah lebih jauh dengan memasukkan video.

situs-perjalanan-1

Seperti banyak situs perjalanan lain, situs ini dirancang untuk mendorong pengunjung mempelajari lebih lanjut tentang wilayah tertentu di negara tersebut sehingga mereka dapat menentukan mana yang paling sesuai dengan apa yang mereka cari dalam sebuah perjalanan.

Selain foto berkualitas tinggi dan deskripsi masing-masing yang menarik, situs ini juga menawarkan video 360º. Hal ini memberikan tampilan yang lebih detail daripada yang bisa dilakukan oleh foto berkualitas tinggi sekalipun sehingga pengunjung dapat memilih tempat liburan dan menjelajahinya dari rumah mereka.

Visit Brasil

Visit Brasil adalah situs pariwisata resmi negara.

situs-perjalanan-2

Seberapa sulit membujuk pengunjung untuk melihat pantai yang indah dan mendaki melalui Amazon? Namun, mengingat Brasil adalah negara yang besar, yang mencakup hampir setengah dari benua Amerika Selatan maka situs tersebut memiliki banyak informasi untuk dibahas.

Hal tersebut dilakukan dengan membagi berbagai wilayah menjadi “Experiences” yang berbeda. Dengan memecah negara menjadi area yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola, situs ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman perjalanan virtual yang memungkinkan pengguna menjelajahi pemandangan Brasil langsung dari komputer mereka.

situs-perjalanan-3

Tentunya hal ini dapat membantu pengunjung memutuskan kemana mereka ingin pergi di negara yang sangat besar ini. Misalnya, jika mereka mencari wisata pantai yang memang santai, mereka akan memiliki opsi yang sangat berbeda dari wisatawan yang mencari perjalanan hiking atau tur petualangan.

Selanjutnya, setelah pengunjung memilih tujuan, pengelompokan di situs akan memberi mereka gambaran yang akurat tentang apa yang dapat mereka harapkan untuk dilihat dalam rentang waktu perjalanan mereka.

Live Africa

Sebagai situs pariwisata untuk seluruh benua, Live Africa memiliki pekerjaan yang sangat besar. Bahkan desain situs mereka melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menunjukkan feeling dan experience yang tepat yang ingin mereka sampaikan.

situs-perjalanan-4

Live Africa merangkum esensi dari safari Afrika yang sangat dipromosikan situs tersebut hingga ke tekstur dan warna yang digunakan di setiap halaman. Selain itu, video mencolok dari hewan-hewan yang berkeliaran di alam liar menunjukkan kepada pembaca terkait apa yang dapat mereka saksikan ketika mereka merencanakan perjalanan mereka ke Afrika menggunakan sumber daya di situs.

The Hawaiian Islands

Situs Kepulauan Hawaii menawarkan pengalaman kepada pengguna yang tidak merepotkan.

situs-perjalanan-5

Pada awalnya, Kepulauan Hawaii tampaknya hanya situs perjalanan biasa bahkan dalam banyak hal, memang demikian adanya. Website Ini menampilkan gambar landscape dengan sebuah pemandangan turis yang menikmati pendakian dan navigation bar standar dengan semua opsi yang Anda harapkan.

Namun lihatlah yang selanjutnya, Anda akan melihat betapa bersih dan sederhananya desain web tersebut. Hierarki navigasi dipecah menjadi tujuh tab dasar sehingga pengguna dapat menemukan dengan tepat apa yang mereka cari dalam satu atau dua klik saja.

Bagi pengunjung yang tidak yakin dengan apa yang mereka cari, tag “Scroll to continue” di bagian bawah halaman, akan mendorong mereka untuk terus membaca dan mempelajari lebih lanjut. Secara keseluruhan, elemen-elemen ini menghasilkan situs yang efektif. Sedangkan bagi pengguna yang menginginkan cara sederhana untuk merencanakan perjalanan, bisa dikatakan bahwa situs ini sempurna.

Mount Kilimanjaro Guide 

Mount Kilimanjaro Guide mengambil pendekatan berbasis informasi di beranda mereka. Ini adalah cara yang bagus agar situs membuat kesan yang tak terlupakan pada pengunjung.

situs-perjalanan-6

Ada banyak sekali situs di luar sana yang memiliki informasi tentang Gunung Kilimanjaro. Hal itu dikarenakan merupakan tujuan wisata yang sangat populer sehingga ada banyak perusahaan pemandu yang bersaing untuk mendapatkan perhatian calon pendaki secara online.

Sebagian besar situs wisata menampilkan gambar yang besar dan menarik di beranda mereka. Namun, dalam kasus ini, situs ini tidak mencoba meyakinkan pengunjung bahwa mereka harus mengunjungi Gunung Kilimanjaro. Target audiens mereka terdiri dari orang-orang yang sudah tertarik untuk mendaki gunung dan mencari informasi lebih rinci tentang cara mencapai tujuan ini.

Akibatnya, mereka membuat beranda dengan banyak salinan yang langsung meningkatkan nilai panduan mereka. Ini mungkin tidak tampak seperti pendekatan yang sangat menarik tetapi Anda coba pikirkan dari sudut pandang seorang wisatawan yang mencari informasi tentang mendaki gunung.

Jika Anda mengunjungi selusin situs dengan beranda yang menampilkan gambar Gunung Kilimanjaro yang serupa dan satu situs yang memberi Anda informasi mendetail dari saat Anda tiba, mana yang menurut Anda akan Anda ingat? Mungkin salah satu yang menjanjikan adalah pendekatan dengan peluang keberhasilan puncak 90%.

Jika situs perjalanan Anda beroperasi dalam niche yang kompetitif, lihat apa yang dilakukan pesaing Anda untuk mengetahui bagaimana Anda dapat membedakan perusahaan Anda. Meskipun Anda tidak beroperasi dalam niche yang kompetitif, situs ini juga berfungsi sebagai contoh bagus tentang cara menulis salinan yang efektif.

Gotravela Indonesia

Situs Go Travel Indonesia ini menawarkan pelayanan situs online travel dan tour dengan kualitas yang tinggi. Semua pelayanan profesional ini merupakan bentuk usaha dalam memberikan kepuasan bagi para customer. Situs ini sudah beroperasi sejak lama sehingga memiliki banyak pengalaman dan terus berusaha memperbaiki kualitasnya.

situs-perjalanan-7

Gotravela menyediakan beragam jenis pelayanan promo paket wisata murah, berbagai aktivitas liburan menyenangkan, serta menyediakan jenis transportasi Indonesia yang hemat dan nyaman untuk wisata di daerah Indonesia bagian timur.

GoIndonesia

Jika Anda mencari situs untuk memesan hotel dengan cara yang instan, Anda dapat menggunakan GoIndonesia sebagai pilihan utamanya. Terkadang di musim liburan, Anda akan kebingungan mencari penginapan yang masih tersedia karena hampir semuanya sudah penuh.

situs-perjalanan-8

Namun dengan GoIndonesia, Anda akan mendapatkan pelayanan real time sehingga keberadaan kamar yang kosong bisa langsung diketahui. Dengan bergabung di GoIndonesia, Anda akan mendapatkan kesempatan promosi dan penawaran spesial setiap kali ada promosi. Penawaran tersebut antara lain adalah last minute, hot deal, minimum stay, early bird, dan bonus stay.

Tiket 

Tiket merupakan website pariwisata yang terbaru dan terlengkap, segala macam kebutuhan wisata bisa Anda dapatkan di sini. Informasi destinasi wisata sangat lengkap, sudah bekerja sama dengan lebih dari 1000 di Indonesia, serta informasi penerbangan, tiket pesawat dan kereta api yang detail. Keren nya lagi, tiket.com sangat responsive dan bisa dibuka pada komputer, android maupun iOS. 

situs-perjalanan-9

Avia Tour

Avia Tour merupakan salah satu contoh website pariwisata yang legendaris karena sudah ada sekitar 15 tahun lalu. Fitur-fitur yang disediakan juga cukup lengkap dan tak kalah dengan website terbaru yaitu informasi wisata, pemesanan hotel, harga tiket transportasi (pesawat, kereta api, cruise), serta pelayanan visa dan paspor. Avia Tour merupakan salah satu website terlengkap dari segi konten nya, bahkan destinasi wisata terpencil juga ada di website ini.

Smailing Tour

Website pariwisata yang satu ini juga menyediakan informasi dan pemesanan kebutuhan travel baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Segala macam informasi destinasi wisata tersedia pada website ini. 

situs-perjalanan-10

Selain itu, fitur pemesanan transportasi dan akomodasi pada website Smailing Tour cukup lengkap sehingga dikenal sebagai agen traveling berkualitas tinggi sejak tahun 2015. Liburan bisa dengan mudah direncanakan melalui salah satu contoh website pariwisata yaitu Smailing Tour mulai dari pilihan destinasi, transportasi dan akomodasi yang digunakan saat berlibur.

Kalau kalian, tertarik dengan contoh situs perjalanan yang mana nih? Atau kalian punya rekomendasi contoh situs perjalanan yang lain? Comment yuk di kolom komentar 😊 

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website atau situs apalagi mau membuat situs perjalanan, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Contoh Situs Perjalanan Yang Akan Membuat Anda Tertarik Untuk Berkunjung
Artikel
10 Contoh Situs Perjalanan Yang Akan Membuat Anda Tertarik Untuk Berkunjung
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kemasi barang-barang karena kita akan pergi berlibur! Yuk baca 10 Contoh Situs Perjalanan yang Akan Membuat Anda Tertarik untuk Berkunjung
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo