Panduan Email Hosting Untuk Pemula

Panduan Email Hosting Untuk Pemula

Bagi orang awam, email biasanya diasosiasikan dengan penyedia provider email besar seperti Google atau Yahoo karena gratis dan hampir tidak terbatas dalam hal penyimpanan dan berkirim pesan.

Namun, jika Anda seorang pebisnis profesional layanan seperti gmail dan yahoo tidak lah cocok, apalagi nama adalah sebuah branding yang penting. Jadi Anda memerlukan yang namanya email hosting.

Meskipun ada versi gratis yang tersedia di banyak perusahaan hosting, banyak bisnis memanfaatkan fleksibilitas dan kekuatan layanan email profesional. Email Hosting profesional biasanya melibatkan email yang dikelola oleh server email terpisah atau khusus.

Apa Itu Email Hosting?

Email Hosting sebenarnya adalah istilah yang sangat umum dan hanya menunjukkan layanan apa yang menghosting email Anda, Gmail, misalnya, juga dapat dianggap sebagai hosting email.

Namun lebih tepatnya email hosting adalah sebuah layanan dimana Anda akan memiliki alamat email yang menggunakan nama branding Anda sendiri, sebagai contoh [email protected].

Dengan menggunakan branding pada alamat email maka akan membuat lebih profesional.

Email hosting memiliki spesifikasi server yang biasanya di khususkan untuk mengirim dan menerima email dalam jumlah besar, serta Anda memiliki kontrol penuh dalam email tersebut.

Dan berikut adalah perbandingan antara email hosting dan email gratisan biasa.

Email GratisEmail Hosting Jetorbit
Tidak dapat menggunakan domain sendiri.Menggunakan Domain Anda Sendiri
Terlihat tidak profesional.Lebih Profesional dan Dipercaya Dalam Bisnis
Tidak dapat mempromosikan bisnis anda.Promosi Melalui Email Dengan Mudah
Pilihan Nama TerbatasMengatur Nama Email Sesuai Keinginan
Tidak Mudah Mengatur EmailMudah Mengatur Email Tim Anda
Tidak Terhindar dari SpamTerhindar spam

Keuntungan Menggunakan Email Hosting

Setelah mengetahui apa itu email hosting, berikutnya akan kami bahas apa saja keuntungan-keuntungan ketika Anda menggunakan email hosting:

  • Hemat biaya: email hosting adalah pilihan yang lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan jumlah waktu dan uang yang harus dikeluarkan untuk menginstal server dan memekerjakan ahli teknis untuk maintenancenya. Selain itu, usaha kecil juga meningkatkan kredibilitas dengan email hosting karena alamat email mereka terkait dengan domain.
  • Proteksi spam: dengan layanan email hosting, akun email Anda aman dari serangan spam dan malware. Layanan email berbayar dilengkapi dengan alat pemfilteran spam. Selain itu Anda juga mendapatkan pemfilteran lanjutan whitelist dan blacklist yang memungkinkan Anda menentukan konfigurasi untuk email spam agar secara otomatis dikirim ke folder spam dan bukan ke kotak masuk.
  • Keamanan: email hosting dienkripsi menggunakan keamanan standar-standar industri. Data yang dikirim atau diterima di server ini tetap terenkripsi baik Anda logout atau login. Artinya, data sensitif tidak dapat disusupi atau diakses oleh pihak ketiga. Anda juga mendapatkan akses aman melalui IMAP atau POP3. Nama pengguna dan kata sandi akan dienkripsi dengan benar dari email client ke server untuk otentikasi.
  • Ruang penyimpanan: penyedia layanan email hosting memberikan ruang penyimpanan yang besar. Beberapa penyedia akan menawarkan penyimpanan dalam GB per kotak email dan lainnya menawarkan penyimpanan dalam MB per kotak email. Penyedia layanan yang menawarkan paket hosting email yang dapat disesuaikan akan menawarkan opsi peningkatan saat diminta.

Itulah beberapa keunggulan ketika menggunakan email hosting untuk bisnis dan perusahaan yang Anda miliki.

Tips Memilih Email Hosting

Banyak ciri-ciri yang dimiliki oleh penyedia web hosting yang baik juga harus ada di email hosting. Karena keduanya sama-sama Bersumber di satu server yang sama.

Ada beberapa tips untuk memilih email hosting, Berikut diantaranya :

Keamanan

Sebagai sebuah bisnis, client harus dapat memiliki keyakinan pada integritas bisnis Anda. Mereka mempercayakan dengan informasi yang bersifat rahasia, seperti nama, alamat email, dan bahkan mungkin data keuangan. Mengamankan email adalah penting dan Anda harus memperhatikan fitur-fitur terintegrasi seperti keamanan data, anti-malware, anti-spam dan sejenisnya di email Hosting.

Aksesibilitas

Kami sering memeriksa email melalui berbagai platform sehingga mudah lupa bahwa masing-masing platform mungkin memerlukan konfigurasi yang berbeda. Saat mencari penyedia email Hosting, pastikan Anda memiliki akses ke webmail, POP, dan IMAP.

Webmail memungkinkan untuk menggunakan Client email berbasis web yang sangat nyaman. IMAP memungkinkan Anda membaca email dari perangkat apa pun tanpa harus mengunduhnya. POP di sisi lain mengharuskan Anda mengunduh email sebelum membacanya.

Bebas Blacklist

Membuat alamat IP masuk blacklist adalah cara pasti untuk melihat aktivitas bisnis (terutama yang berhubungan dengan client). Ini bisa menjadi masalah besar karena salah satu IP masuk blacklist, dibutuhkan waktu dan upaya untuk membersihkannya kembali. Hindari email hosting yang masuk ke daftar blacklist.

Anda dapat memeriksa status blacklist email hosting menggunakan MX Toolbox.

Penyedia Layanan Email Hosting Terbaik

Ada banyak sekali penyedia layanan hosting yang bertebaran di internet, namun kebanyakan memiliki harga yang relatif mahal dan juga tidak fleksibel dalam segi harga.

Disini jetorbit, telah menyediakan Paket email hosting yang sangat ramah kantong serta fleksibel, Anda dapat langsung melihat detail paket yang kami tawarkan di https://www.jetorbit.com/email-hosting/

Nah apa sih yang membedakan layanan email hosting Jetorbit dengan Email hosting lainnya? Berikut adalah 6 hal yang bisa Anda dapatkan dengan email hosting Jetorbit

1. Lebih Dipercaya

Dapatkan kepercayaan rekan bisnis atau pelanggan Anda dengan meyakinkannya menggunakan email @domainanda.com

2. Keamanan Terjamin

Data sepenuhnya milik Anda dan kami menjamin keamanan serta kerahasiaan tetap terjaga dari pihak tidak berwenang.

3. Sampai Ke Tujuan

Sistem filtering email hosting jetorbit memastikan email anda bebas dari spam serta memastikan email Anda sampai ke Inbox penerima.

4. Profesional dengan Domain

Tidak perlu lagi menggunakan domain gratisan seperti @gmail.com atau @yahoo.com. Jadi terlihat profesional dengan domain Anda sendiri.

5. Mudah Kelola Email

Buat multi email akun dengan mudah untuk tim maupun rekan bisnis, atur sesuai kebutuhan dan dilengkapi berbagai macam fitur.

6. Gunakan Di Mana Saja

Mengirim dan menerima email menjadi mudah dan nyaman bisa digunakan di smartphone, laptop dan komputer Anda!

Panduan Email Hosting Untuk Pemula

Setelah Anda mengenal email hosting, kelebihan email hosting bahkan sudah memahami bahwa jetorbit adalah penyedia layanan email hosting terbaik. Maka untuk berikutnya akan kami bahas panduan-panduan email hosting untuk pemula.

1. Setup Email Hosting

Yang pertama Anda bisa melakukan Setup Email Hosting dengan Membuat akun atau alamat email sesuai dengan keinginan Anda, contoh [email protected]

2. Melihat Setting POP3 dan IMAP di cPanel

Di panduan ini Anda akan di arahkan bagaimana langkah-langkah Untuk Melihat POP3 dan IMAP yang nantinya di gunakan untuk login ke aplikasi email.

3. Menambah Akun Email di Aplikasi Gmail Android

Di Langkah tiga anda bisa langsung menambahkan Akun email ke aplikasi android Seperti gmail untuk mulai menggunakan email.

4. Memblokir Email Spam

Jika terdapat banyak sekali email Spam yang masuk pada alamat email anda, maka di panduan ini anda akan di tuntun langkah-langkah untuk memblokirnya.

Kesimpulan

Penggunaan Email hosting sangatlah penting dalam pengembangan bisnis anda, karena dengan email hosting anda memiliki akses control penuh dalam mengelola dan melakukan management email anda.

Demikian artikel terkait Panduan Email Hosting Untuk Pemula, semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.