Mengetahui Kode Status Pada Domain

Kode status domain Extensible Provisioning Protocol (EPP), juga disebut kode status nama domain, menunjukkan status pendaftaran nama domain. Setiap domain memiliki setidaknya satu kode status, tetapi terkadang juga dapat memiliki lebih dari satu.

Ada dua jenis kode status EPP yang berbeda yakni kode klien dan server. Kode status klien ditetapkan oleh register. Beberapa pendaftar secara otomatis memberlakukan kode status tertentu saat Anda mendaftarkan nama domain, sementara yang lain melakukannya saat Anda memintanya. Kode status server ditetapkan oleh pendaftar, dan lebih diutamakan daripada kode klien. Kedua jenis kode status muncul saat Anda menjalankan pencarian Whois untuk domain Anda.

Berikut adalah Artikel penjelasan untuk Mengetahui Kode Status Pada Domain

Mengetahui Kode Status Pada Domain

Berikut ini adalah dua daftar yang berisi 17 kode status domain EPP standar ditambah kode status Registry Grace Period (RGP). Daftar pertama mencantumkan kode status server dan RGP; Daftar kedua mencantumkan kode status klien. Daftar ini akan menjelaskan arti setiap status berdasarkan sumber dari https://icann.org/epp.

Kode Status Server Ditetapkan oleh Registri Domain

KODE EPP DOMAINARTI KODE
addPeriodMasa tenggang ini diberikan setelah pendaftaran awal nama domain. Jika pencatat menghapus nama domain selama periode ini, registri dapat memberikan kredit kepada pencatat untuk biaya pendaftaran.
autoRenewPeriodMasa tenggang ini diberikan setelah masa pendaftaran nama domain berakhir dan diperpanjang (diperbaharui) secara otomatis oleh registry. Jika pencatat menghapus nama domain selama periode ini, registri memberikan kredit kepada pencatat untuk biaya pembaruan.
inactiveKode status ini menunjukkan bahwa informasi delegasi (name server) belum dikaitkan dengan domain. Domain Anda tidak diaktifkan di DNS dan tidak akan diselesaikan.
okIni adalah status standar untuk sebuah domain, artinya domain tersebut tidak memiliki operasi atau larangan yang tertunda.
pendingCreateKode status ini menunjukkan bahwa permintaan untuk membuat domain Anda telah diterima dan sedang diproses.
pendingDeleteKode status ini dapat dicampur dengan redemptionPeriod atau pendingRestore. Dalam kasus seperti itu, tergantung pada status (yaitu redemptionPeriod atau pendingRestore) yang ditetapkan dalam nama domain, deskripsi terkait yang disajikan di atas berlaku. Jika status ini tidak digabungkan dengan status redemptionPeriod atau pendingRestore, kode status pendingDelete menunjukkan bahwa domain telah berada dalam status redemptionPeriod selama 30 hari dan Anda belum memulihkannya dalam periode 30 hari tersebut. Domain akan tetap dalam status ini selama beberapa hari, setelah itu domain Anda akan dihapus dari database registri.
pendingRenewKode status ini menunjukkan bahwa permintaan untuk memperbarui domain Anda telah diterima dan sedang diproses.
pendingRestoreKode status ini menunjukkan bahwa registrar Anda telah meminta registri untuk memulihkan domain Anda yang berada dalam status redemptionPeriod. Registri Anda akan menahan domain dalam status ini sambil menunggu pencatat Anda memberikan dokumentasi pemulihan yang diperlukan. Jika pencatat gagal memberikan dokumentasi kepada operator registri dalam jangka waktu yang ditentukan untuk mengonfirmasi permintaan pemulihan, domain akan kembali ke status redemptionPeriod.
pendingTransferKode status ini menunjukkan bahwa permintaan untuk mentransfer domain Anda ke registrar baru telah diterima dan sedang diproses
pendingUpdateKode status ini menunjukkan bahwa permintaan untuk memperbarui domain Anda telah diterima dan sedang diproses.
redemptionPeriodKode status ini menunjukkan bahwa pencatat Anda telah meminta registri untuk menghapus domain. Domain akan ditahan dalam status ini selama 30 hari. Setelah lima hari kalender setelah periode penukaran berakhir, domain akan dihapus dari database registri dan tersedia untuk pendaftaran.
renewPeriodMasa tenggang ini diberikan setelah masa pendaftaran nama domain secara eksplisit diperpanjang (diperbaharui) oleh registrar. Jika pencatat menghapus nama domain selama periode ini, registri memberikan kredit kepada pencatat untuk biaya pembaruan.
serverDeleteProhibitedKode status ini mencegah domain Anda dihapus. Ini adalah status yang tidak umum yang biasanya diberlakukan selama perselisihan hukum, atas permintaan, atau ketika status periode penukaran berlaku.
serverHoldKode status ini disetel oleh Operator Registri domain Anda. Domain Anda tidak diaktifkan di DNS.
serverRenewProhibitedKode status ini menunjukkan bahwa Operator Registri domain tidak akan mengizinkan pencatat Anda untuk memperbarui domain. Ini adalah status yang tidak umum yang biasanya diberlakukan selama sengketa hukum atau saat domain akan dihapus.
serverTransferProhibitedKode status ini mencegah domain ditransfer dari registrar saat ini ke registrar lain. Ini adalah status yang tidak umum yang biasanya diberlakukan selama perselisihan hukum atau lainnya, atas permintaan, atau ketika status periode penukaran berlaku.
serverUpdateProhibitedKode status ini mengunci domain Anda agar tidak diperbarui. Ini adalah status yang tidak umum yang biasanya diberlakukan selama perselisihan hukum, atas permintaan, atau ketika status periode penukaran berlaku.
transferPeriodMasa tenggang ini diberikan setelah berhasil mentransfer nama domain dari satu registrar ke registrar lainnya. Jika registrar baru menghapus nama domain selama periode ini, registry memberikan kredit kepada registrar untuk biaya transfer.

Kode Status Klien Ditetapkan oleh Registrar Domain

KODE EPP DOMAINARTI KODE
clientDeleteProhibitedKode status ini memberi tahu registri domain Anda untuk menolak permintaan penghapusan domain.
clientHoldKode status ini memberi tahu registri domain untuk tidak mengaktifkan domain Anda di DNS dan sebagai akibatnya, itu tidak akan terselesaikan. Ini adalah status yang tidak umum yang biasanya diberlakukan selama sengketa hukum, non-pembayaran, atau saat domain akan dihapus.
clientRenewProhibitedKode status ini memberi tahu registri domain untuk menolak permintaan perpanjangan domain. Ini adalah status yang tidak umum yang biasanya diberlakukan selama sengketa hukum atau saat domain akan dihapus.
clientTransferProhibitedKode status ini memberi tahu registri domain untuk menolak permintaan untuk mentransfer domain dari registrar saat ini ke registrar lain.
clientUpdateProhibitedKode status ini memberi tahu registri domain Anda untuk menolak permintaan memperbarui domain.

Perbedaan Registri dan Registrar

Mungkin sebagian dari anda kebingungan mengapa terdapat dua Tabel dengan jenis yang berbeda, yakni registri dan registrar. Hal ini karena keduanya berbeda. Berikut adalah perbedaan Registri dan Registrar

  • Registri

Adalah sebuah Perusahaan Penyedia atau penjual domain yang biasanya memiliki kebijakan dan peraturan tersendiri tentang management domain.

  • Registrar

Sedangkan registrar adalah tempat dimana para registri mendapatkan nama domain yang dapat mereka jual Kembali sesuai dengan peraturan dari para registri.

Singkatnya registri adalah Perusahaan/media Sebagai penjual domain, sedangkan registrar adalah dimana para registri bisa mendapatkan domain-domain yang di jual tersebut.

Kesimpulan

EPP kode perlu anda selalu perhatikan apalagi jika anda sedang melakukan transfer domain antar provider, karena status ini lah yang menentukan anda berhasil atau tidak nya untuk melakukan transfer domain.

Demikian panduan pembahasan Mengetahui Kode Status Pada Domain, semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.