Cara Menghapus Pesan Email Melalui cPanel

Bagikan

Daftar Isi

  1. Intro
  2. Langkah-Langkah Menghapus Email di cPanel
  3. Penutup 

Intro

Bagi pengguna dengan email domain sendiri di cPanel, seringkali mengalami masalah dengan banyaknya pesan email yang menumpuk. Menghapus satu-persatu melalui email client atau apps, tentu sangat memakan waktu. 

Orbiters tidak perlu khawatir, karena pada tutorial ini kita akan belajar bagaimana cara menghapus email massal di cPanel., Mudah, hanya beberapa klik ribuan email bisa terhapus. Tentu saja ini akan membuat space hosting lebih lowong. 

Baca juga: Cara membuat email di cPanel

Langkah-Langkah Menghapus Email di cPanel

Sebelumnya, pastikan dulu kalau Orbiters mempunyai email di cPanel. Untuk menghapus isi email secara massal, kita akan memanfaatkan fitur File Manager dari cPanel. Berikut caranya:

  1. Login ke cPanel. Buka menu File Manager.

  2. Pada folder tree di sebelah kiri, buka folder Mail, kemudian buka folder domain yang Orbiters gunakan. Dalam folder domain tersebut terdapat folder untuk masing-masing akun email, silahkan klik masuk ke akun email yang hendak dihapus isinya.

  3. Di dalam folder Mail > [domain] > [akun email], lihat folder “Cur” dan “New”.
    Cur : current, adalah email yang sudah dibaca namun belum dihapus
    New : adalah email baru yang ada di inbox dan belum dibuka / dibaca

  4. Hapus folder Cur, New, atau bahkan keduanya untuk menghapus isi email. Nantinya folder tersebut akan terbuat otomatis bila ada email baru. 
  5. Selesai.

Penutup

Selamat Orbiters, email yang memenuhi inbox sudah berhasil dihapus. Perlu diingat bahwa cepat-tidaknya proses ini tergantung pada seberapa banyak jumlah email dan kapasitas yang dipakai. 

Masih menemui masalah tentang cara menghapus email di cPanel? Kami selalu tersedia dan siap untuk membantu Orbiters menyelesaikannya.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Artikel Terkait

Leave a Comment