Yuk Mengenal Strategi Pinterest Marketing

Yuk Mengenal Strategi Pinterest Marketing

Hi, Orbiters! Semoga sehat selalu dan rejeki kalian lancar serta berkah, ya. Oia, ada satu pertanyaan spesial nih untuk kalian. Strategi Pinterest marketing kini banyak dipelajari oleh para digital marketer. Nah, kalian tahu kah alasannya kenapa? Alasannya adalah karena melalui Pinterest, potensi sebuah brand dikenal banyak orang itu sangat tinggi, terutama brand baru. Okay, simak ya sampai selesai Yuk Mengenal Strategi Pinterest Marketing

Dikarenakan banyak sekali yang membuktikan Pinterest bisa digunakan sebagai visual search engine yang mempertemukan brand dengan lebih banyak customer. Nah, dikatakan visual search engine sebab banyak orang yang mendapatkan gambar yang mereka inginkan dari platform yang satu ini.

Oleh karena itu, jika kalian membangun brand sangat mengandalkan konten visual maka sudah saatnya kalian menerapkan strategi Pinterest marketing, nih. Apalagi kalian sangat handal dalam membuat konten visual. Jadi, kalian dapat memanfaatkan kelebihan tersebut dengan mengoptimalkan penggunaan Pinterest.

Strategi Ampuh Marketing di Platform Pinterest

Apakah sulit untuk melakukan marketing di platform Pinterest? Jawabannya tidak sulit. Serius? Iya, karena yang dibutuhkan hanya dua, yaitu peka terhadap perubahan yang terjadi dan adopsi strategi yang tepat sesuai dengan perubahan tersebut.

Nah, setidaknya ada 5 hal yang bisa kalian lakukan yang berkaitan dengan strategi Pinterest marketing, yakni sebagai berikut:

Tentukan Tujuan yang Jelas

Ada satu pertanyaan yang harus kalian jawab di awal ketika akan menggunakan Pinterest untuk digital marketing, yaitu apa tujuan kalian menggunakan Pinterest? Dalam hal ini, marketing tidak hanya untuk mendatangkan sales. Ada juga yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement, atau hanya untuk mempertahankan kekuatan brand karena banyaknya pesaing yang bermunculan.

Nah, lalu goals kalian sendiri apa, nih? Bisa saja kalian menentukan semua goals tersebut dan itu bukan hal yang salah, ya. Namun, hal itu berarti kalian harus menyusun strategi konten marketing yang sesuai dengan masing-masing tujuan yang kalian buat. Setuju? 

Tentukan Target Market

Apakah target market kalian juga menggunakan Pinterest? Jika iya, siapa mereka? Kategorikan sejelas mungkin ya, mulai dari jenis kelamin, usai, lokasi, kesukaan, dan sebagainya.

Mengapa poin ini penting? Alasannya adalah karena dengan mengetahui target market, kalian akan mengetahui konten visual seperti apa yang mereka suka.

Pahami Apa yang Mereka Suka dan Inginkan

Guys, strategi Pinterest marketing yang satu ini ada kaitannya dengan poin sebelumnya. Setelah kalian tahu siapa target market kalian, kalian bisa melanjutkan riset kecil-kecilan untuk mengetahui apa yang mereka suka dan apa yang mereka inginkan. Okay, dari langkah inilah kalian akan mendapatkan ide konten seperti apa yang harus kalian produksi.

Kesalahan terbesar digital marketer biasanya dalam poin memproduksi konten. Mereka hanya fokus meniru membuat konten atau bahkan sekedar share konten viral. Padahal, belum tentu konten viral tersebut sesuai dengan apa yang disukai oleh target market sehingga apa yang dilakukan tersebut akan sia-sia.

Perhatikan Kompetitor

Selain melihat kemampuan diri sendiri, kalian juga harus tahu kemampuan brand lain, ya. Sesekali, silakan kalian bisa cek akun Pinterest brand lain. Lihatlah apa yang mereka lakukan. Perhatikan juga konten yang mereka produksi, terutama konten milik brand kompetitor yang sudah besar.

Nah, dari sana, kalian bisa meniru apa yang sudah berhasil mereka lakukan. Yuk lakukan juga ATM yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi. Selain itu, silakan berikan sedikit sentuhan agar platform Pinterest kalian meningkat tajam.

Tingkatkan Kualitas Konten

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pinterest merupakan visual platform. Platform ini merupakan platform media sosial yang mengandalkan konten visual, bisa berupa gambar dan juga video.

Apapun jenis konten visual yang kalian produksi, silakan fokuslah pada kualitas. Gunakan kamera yang bagus, ya. Buatlah konten berdasarkan ide yang menarik. Manfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Pinterest. Dalam hal ini, kalian harus tahu bahwa kebanyakan pengguna suka dengan konten visual vertikal dengan ratio 2:3.

Okay Orbiters, jadi itulah strategi Pinterest marketing yang bisa kalian terapkan. Yuk kalian mulai saja maka kalian akan tahu bagaimana dan bagian apa yang membutuhkan improvisasi.

Oia, Jetorbit punya Paket Website Toko Online, lho. Kalian bisa menjual apa saja dengan toko online milik kalian sendiri! Mudah digunakan oleh siapa saja yang tentunya disertai dengan dukungan bantuan terbaik yang kalian dapatkan. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe and always keep healthy 😊

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like