algoritma tiktok marketing

Hai, Orbiters! Semoga selalu sehat dan rejekinya lancar serta berkah, ya. Oia, kalian tentu tahu bahwa TikTok merupakan aplikasi yang sekarang ini sedang ramai digunakan oleh banyak orang. TikTok sendiri juga dapat membantu dan menjadi channel dalam kegiatan marketing kalian, lho. Nah, untuk melakukan TikTok, kalian harus mengetahui terlebih dulu algoritma seperti apa yang ada di dalam TikTok. Okay, simak ya Yuk Mempelajari Algoritma TikTok Marketing

Setelah kalian mengetahui apa saja yang akan terjadi di dalam aplikasi tersebut serta bagaimana alur tersebarnya video dan membaca trafficnya, kalian baru bisa menentukan strategi yang akan digunakan. Melalui TikTok, kalian dapat melakukan kegiatan marketing yang nantinya dapat mendorong berkembangnya brand atau perusahaan kalian.

Algoritma TikTok

Apakah kalian sudah paham bahwasanya algoritma merupakan hal yang kalian harus pelajari ketika ingin menjalankan TikTok marketing. Algoritma merupakan sistem yang mana akan merekomendasikan apa yang akan muncul di beranda kalian. Di dalam TikTok beranda ini biasa disebut dengan For Your Page.

Algoritma ini akan membawa video apa yang cocok untuk kalian berdasarkan behaviour kalian sebelumnya ketika menggunakan aplikasi TikTok. Oleh karena itu, For Your Page setiap orang akan berbeda-beda karena adanya algoritma tersebut.

Bagaimana Algoritma TikTok Bekerja

Social media platform sangat jarang sekali membuka secara gamblang tentang bagaimana algoritma sistemnya. Hal ini cukup masuk akal, sih. Jika kalian mengetahui algoritma TikTok maka akan memungkinkan untuk menjadi spammers yang akan membuat algoritma atau sistem rekomendasi TikTok menjadi rusak.

Memang algoritma ini bersifat rahasia sehingga hanya pemilik dan orang-orang yang bekerja di dalam platform yang tahu. Akan tetapi, kalian sebagai pengguna juga bisa menebak-nebak seperti apa algoritma TikTok marketing. Setidaknya ada 3 kunci bagaimana algoritma TikTok bekerja:

Interaksi Pengguna TikTok

Sebenarnya ini hal yang klise dan menjadi bagian dari hampir semua platform media sosial. Semakin banyak interaksi maka artinya semakin bagus konten video TikTok yang kalian buat. Oleh karena itu, kalian harus fokus pada konten yang mendatangkan interaksi. Interaksi ini berupa like, share, menuliskan komentar, video yang orang tambahkan di bagian favorit, dan sebagainya.

Pada intinya, lihat video yang banyak interaksinya. Nah, di situlah Algoritma TikTok marketing bekerja. Kalian bisa tiru dan lihat hasilnya.

Jenis Konten yang Kalian Produksi

Selain interaksi pengguna TikTok, ada juga yang disebut dengan video information signal. Ini adalah sinyal yang diberikan oleh konten yang kalian buat. Secara sederhana, konten kalian di TikTok menentukan apakah TikTok akan menyukai akun kalian atau tidak.

Maka dari itu, kalian harus pahami jenis konten yang masuk dalam Discover Tab. silakan lihat jenis konten apa yang disukai banyak orang. Jika berbicara tentang konten maka kalian juga perlu perhatikan sound yang digunakan, hashtag, caption, hingga effect yang digunakan pengguna lain yang videonya FYP (For Your Page).

Setting Akun TikTok

Setting akun TikTok kalian ternyata menentukan sejauh mana video kalian akan dilihat oleh pengguna TikTok lainnya. Hal ini terkait dengan bahasa, smartphone yang kalian gunakan, kategori kesukaan serta setting negara.

Lalu, apakah itu artinya ketika konten dibuat dengan menggunakan Bahasa Inggris maka akan FYP ke lebih banyak orang? Belum pasti. Jadi, hal ini bergantung juga pada target market kalian. Ingat ya bahwa TikTok marketing itu tujuannya tidak hanya FYP tapi juga mencapai target market sesuai dengan produk yang kalian pasarkan.

Okay Orbiters, itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang bagaimana algoritma TikTok bekerja. Hmmm, sepertinya mudah. Memang. Akan tetapi, jika kalian lebih jeli lagi, 3 poin di atas itu sangat bergantung pada perilaku pengguna.

Ketika perilaku pengguna berganti maka algoritma pun kemungkinan akan berganti. Strategi TikTok marketing yang kalian gunakan juga harus diubah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Stay safe and keep healthy 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment