Yuk Ketahui Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Yuk Ketahui Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Sharing is caring!

Kalian sudah tahu kah terkait alasan TikTok sangat digemari bukan hanya untuk seru-seruan tapi platform ini dimanfaatkan juga untuk cuan? Ada beberapa Cara Mendapatkan Uang dari TikTok yang bisa kalian coba. Tertarik? Simak sampai selesai, ya.

Apa Itu TikTok?

TikTok adalah platform media sosial yang memungkinkan penggunanya merekam video singkat diiringi dengan musik.

Aplikasi video pendek ini awalnya bernama Douyin, yang dirilis oleh perusahaan asal China, yaitu ByteDance pada 2016. Hanya butuh satu tahun, Douyin telah memiliki sekitar 100 juta pengguna di dalam China.

Dengan keberhasilannya, aplikasi ini melakukan rebranding dengan nama TikTok. Tujuannya adalah agar dapat lebih diterima pangsa pasar global.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Berbeda dari YouTube dengan AdSense-nya, TikTok tidak memberikan bayaran untuk setiap ads yang dipasang di akun pengguna.

Nah, bagi kalian pemilik brand, akun personal, bahkan untuk pemula, ada beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa dicoba, nih.

Sponsored Content Post adalah kalian sebagai influencer TikTok, yang mempromosikan brand tertentu. 

Biasanya, agensi atau brand akan melihat jumlah followers, like, dan tayangan video untuk mengukur tingkat engagement content creator di TikTok. Dari sana, akan terlihat apakah followers kalian cocok alias target market dari brand.

mendapatkan uang dari tiktok 1

Bisa dikatakan cara ini adalah cara mendapatkan uang dari TikTok yang paling tepat untuk kalian yang telah memiliki followers ribuan atau lebih.

Ada beberapa cara agar followers di TikTok meningkat, yaitu:

  • Menemukan niche konten.
  • Mengupload video yang menarik, edit video kalian sebelum di post.
  • Konsisten atau terjadwal.
  • Optimasi profile TikTok.
  • Mengikuti challenge viral.
  • Kolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya.
  • Upload konten kalian ke media sosial lain, seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya.
  • Upload di jam prime time.

Donasi atau Payout Coins

Ada banyak cara mendapatkan uang dari TikTok saat followers kalian sudah tinggi, salah satunya dari “donasi” yang diberikan fans saat kalian live streaming di TikTok.

Konsepnya hampir sama dengan platform Twitch atau Likee. Saat live streaming, TikTok memungkinkan para viewer memberikan stiker gift yang nantinya dapat ditukar dengan uang. 

Biasanya, stiker ini hanya akan dikirimkan viewer untuk menghargai usaha content creator dalam memberikan konten TikTok. Kenapa stiker tersebut bisa diuangkan? Ya karena para fans kalian mendapatkan stiker tersebut dengan membelinya juga.

Jasa Pengelola Akun atau TikTok Manager

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan, yaitu menjadi TikTok Manager. Cara kerjanya adalah kalian mengelola akun TikTok milik seseorang agar lebih berkembang pesat.

Sasarannya bukan hanya content creator tapi juga brand atau perusahaan yang menggunakan TikTok untuk promosi bisnis.

Biasanya, tugas jasa pengelola akun meliputi:

  • Meningkatkan followers, like, jumlah tayangan video hingga engagement.
  • Mengatur strategi content marketing.
  • Mengembangkan ide kreatif konten TikTok.
  • Mengelola tawaran kerja sama dan lain-lain.

Cara ini cocok bagi kalian yang paham seluk beluk dunia marketing. 

Sebagai TikTok Manager, kalian perlu mempelajari lebih lanjut tentang viral marketing.

Jual Beli Akun TikTok

Jika sudah mahir dalam membangun engagement dengan followers maka cara terbaik menghasilkan uang di TikTok adalah jual beli akun. Kok bisa?

Konsepnya sangat simpel, yang perlu kalian lakukan adalah:

  • Membuat akun dengan minat pada topik tertentu.
  • Menumbuhkan followers, like, jumlah tayangan, dan engagement.
  • Membangun komunitas dengan peminat topik yang sama.
  • Setelah akun menjadi besar, silakan jual ke brand atau perusahaan dengan bidang yang sama.
mendapatkan uang dari tiktok 2

Dikarenakan target promosi yang dibutuhkan brand atau perusahaan adalah orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan bidang bisnis mereka.

Sedangkan kalian sudah membangun akun lengkap dengan followers yang sesuai kebutuhan brand. Mudahnya, kalian membantu brand untuk bertemu dengan target marketnya. Win-win solution bagi kalian, followers, dan pemilik bisnis.

Kalian bisa bereksperimen membangun community marketing dan mengelola akun dengan berbagai topik atau minat. Dengan begitu, semakin banyak juga akun yang bisa dijual nantinya. Oia, kalian dapat mendisplay akun yang dijual di website khusus agar lebih berkesan profesional.

TikTok Marketing

TikTok marketing ditujukan bagi kalian pemilik suatu brand dan ingin menarik konsumen dari aplikasi ini. Cara promosi yang paling ampuh di platform ini adalah dengan TikTok Ads. 

Sama halnya dengan Facebook Ads atau Instagram Ads, TikTok memiliki algoritma yang dapat membantu iklan kalian “terlihat” oleh sasaran yang diinginkan.

mendapatkan uang dari tiktok 3

Iklan yang kalian perlihatkan ke user tentu iklan yang disukai oleh user yang memiliki minat yang sama. Hal itu dapat terjadi karena TikTok merekam semua history tontonan user untuk memberikan iklan yang lebih personal.

Selain targeting ke audiens yang tepat, algoritma TikTok juga rutin melakukan remarketing. Jadi, iklan akan ditampilkan kembali ke audiens yang telah berinteraksi dengan iklan kalian sebelumnya. Cara ini memungkinkan audiens lebih familiar dengan brand kalian dan tertarik membeli produk yang diiklankan.

Agensi Influencer

Agensi influencer adalah metode yang menghubungkan antara brand yang ingin beriklan dengan influencer TikTok. 

Biasanya agensi ini menjadi perantara, koordinator, hingga manajemen dari perjanjian iklan. Misalnya, mencarikan influencer yang tepat, mengatur konsep iklan, hingga mengelola kerja sama. 

Sebenarnya, TikTok sudah memiliki platform khusus untuk Creator Marketplace. Nah, di sana terdapat fitur spesifik yang bekerja sama dengan influencer. Namun biasanya, biaya yang harus dikeluarkan lumayan besar karena harus dibagi dengan pihak influencer, pembuatan konten, hingga komisi bagi TikTok sendiri. 

Nah, di situlah kalian dapat mengambil kesempatan dengan memberikan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding yang penawaran TikTok.

Cara ini cocok bagi kalian yang memiliki keahlian content marketing dan video marketing. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membuka agensi influencer ini. Kalian bisa mencontoh konsep agensi yang digunakan oleh sociallypowerful.com.

mendapatkan uang dari tiktok 4

TikTok Influencer (h3)

Salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok yang paling digemari adalah menjadi influencer. Selain popularitas, TikTok influencer bisa menghasilkan uang dalam berbagai kesempatan, misalnya:

  • Sponsored content post.
  • Brand ambassador.
  • Marketing afiliasi.
  • Endorsement, dan lainnya.

Untuk menjadi TikTok influencer tentu butuh beberapa strategi. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Khaby Lame. 

mendapatkan uang dari tiktok 5

Dengan ide konten kreatif, ekspresi yang menarik, dan tentunya konsistensi, mengantarkan Khabe Lame yang tadinya seorang TikTokers biasa menjadi influencer dengan followers 90,2 juta!

Mengarahkan Traffic ke Platform Lain

Kalian content creator dari luar TikTok, kah? Kenapa tidak mencoba TikTok untuk mempromosikan konten kalian?

Caranya cukup mudah, kok. Kalian cukup menautkan link ke konten di platform lain, seperti Instagram dan YouTube. Dengan begitu, akan banyak orang yang mengunjungi platform kalian yang lainnya setelah melihat video TikTok kalian.

Hal ini juga bisa untuk website atau blog. Kalian cukup menambahkan link di bio TikTok kalian yang mengarahkan ke website yang menjadi sumber pendapatan kalian. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan traffic dari audiens TikTok. 

Tips Monetisasi TikTok

Ada beberapa tips agar proses monetisasi berjalan lancar dan lebih maksimal.

Tetapkan Niche Akun

Minat akun TikTok berpengaruh besar pada pemasukan kalian. Apalagi jika kalian melakukan cara Sponsored Content Post, jasa pengelola akun, dan jual beli akun.

Terdapat beberapa cara agar niche akun lebih spesifik, yaitu:

  • Tulis minat di bio profil.
  • Tonton video dengan niche yang sama di pencarian topik.
  • Saling follow dengan user di topik yang sama.
  • Buat video seputar topik yang diinginkan.
  • Gunakan hashtag yang sesuai.
  • Lakukan challenge viral yang disesuaikan dengan topik kalian.

Mengapa niche akun penting? 

Jika kalian menekuni suatu niche, kemungkinan masuk FYP akan semakin besar dan dapat menjaring leads yang dibutuhkan.

Setting Target

Setelah menentukan niche akun kalian, saatnya setting target pemasukan. 

Caranya adalah kalian bisa menggunakan kalkulator uang TikTok yang tersebar di internet. Contohnya seperti TikTok Money Calculator dari Influencer Marketing Hub.

mendapatkan uang dari tiktok 6

Hal ini dapat dilakukan baik bagi TikToker dan juga agensi influencer.

Jika kalian seorang TikToker, dapat menggunakan money calculator ini untuk membantu menentukan range harga endorsement.

Jika kalian seorang agensi influencer, money calculator dapat membantu kalian untuk memperkirakan biaya endorsement para TikToker.

Optimasi Konten Agar Masuk FYP

FYP atau For You Page adalah rekomendasi konten pada homepage user saat pertama kali membuka aplikasi.

Keuntungan dari masuknya video ke FYP adalah konten kalian dapat dilihat banyak orang sehingga like dan jumlah tayangan pun akan meningkat.

mendapatkan uang dari tiktok 7

Nah, agar masuk FYP perlu menerapkan tips-tips berikut ini:

  • Membuat konten yang sedang trend. Karena FYP muncul otomatis berdasarkan popularitas atau trend. Kalian bisa mengemas video yang sedang trend dengan niche konten, diedit sesuai ciri khas kalian, dan lain-lain.
  • Menulis caption dengan tepat. Agar TikTok “melihat” konten kalian sesuai dengan trend atau kata kunci. Buat caption semenarik mungkin dan interaktif dengan viewer. 
  • Menggunakan lagu yang sedang populer. Meski video singkat kurang dari satu menit tapi cara inilah yang paling mudah untuk viral. 
  • Gunakan hashtag yang sesuai. Hashtag membantu video kalian mudah ditemukan pada fitur pencarian. Kalian juga bisa menyertakan hashtag #foryoupage #FYP atau #foryou agar sistem algoritma TikTok dapat mendeteksi konten kalian.
  • Buat konten yang memancing audiens menonton hingga akhir. Hal ini memungkinkan rating video kalian meningkat dan masuk FYP. Misalnya, step by step video, tutorial, duet atau kolaborasi dengan kreator lain, dan sebagainya.
  • Interaktif. Saling berkomentar, memberi like, dan follow pada konten yang masuk FYP adalah langkah awal interaksi. Hal ini dapat membangun komunikasi ke sesama user agar akun kalian memiliki engagement yang kuat.

Meningkatkan Followers

Hal terpenting agar cara monetisasi TikTok berhasil adalah dengan meningkatkan followers

Eits, membeli follower bukanlah jawaban. Karena belum tentu kalian mendapatkan engagement rate yang selaras dengan jumlah follower

Berikut ada cara dapat duit dari TikTok adalah mendapatkan follower organik di TikTok:

  • Menemukan niche konten. Bertujuan meraih dan mengumpulkan follower dengan minat yang sama dan spesifik. Sehingga dapat menerima informasi yang bersifat komersial, seperti Sponsored Content Post, dan sebagainya.
  • Mengupload video yang menarik. Silakan edit video kalian sebelum di pos
  • Konsisten atau terjadwal. Trend di TikTok selalu berubah, cobalah sesuatu yang baru dan mengikuti trends dengan konsisten. Selain itu, rutin membuat konten TikTok, misalnya tiga kali sehari sehingga viewer juga akan semakin meningkat.
  • Optimasi profile TikTok. Saat seseorang tertarik saat melihat konten kalian maka bisa jadi user tersebut berkunjung ke profil kalian. Silakan lengkapi profil dengan foto, nama asli, username yang mudah diketik/dibaca, dan bio profile secukupnya yang menggambarkan diri kalian.
  • Mengikuti challenge viral. Ada banyak challenge viral setiap saat di TikTok. Karena viral maka akan banyak saingan sehingga kalian bisa eksperimen dengan mengikuti challenge viral dengan ciri khas kalian.
  • Kolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya. TikTok memiliki fitur stitch agar kalian bisa duet dengan konten TikTok lain. Cara ini dapat dilakukan supaya konten tidak monoton dan juga menambah engagement dengan user lain.
  • Upload konten kalian ke media sosial lain
  • Upload di jam prime time. Salah satu kesalahan paling umum adalah mengupload di luar jam prime time. Di Indonesia sendiri, waktu prime time sekitar jam makan siang dan jam sebelum tidur.

Okay Guys, silakan kalian gunakan TikTok agar bisa menambah pundi-pundi pemasukan. Dari artikel ini kalian bisa memahami cara monetisasi akun alias cara dapat uang di TikTok agar makin cuan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Oia, dapatkan penghasilan juga yuk melalui Afiliasi Jetorbit. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Have a good day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Yuk Ketahui Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
Artikel
Yuk Ketahui Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Ada beberapa Cara Mendapatkan Uang dari TikTok yang bisa kalian coba, lho. Tertarik? Okay, simak sampai selesai yuk untuk menambah cuan.
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like