cara daftar adsense youtube

Guys, kalian sudah tahu dong ya bahwa salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube adalah dengan AdSense YouTube. Okay, kesempatan kali ini kami akan menyampaikan tentang Cara Daftar AdSense YouTube. Simak sampai selesai, ya.

Syarat Sebelum Daftar Adsense YouTube

YouTube memberikan syarat sebelum kalian benar-benar bisa melakukan monetisasi, yaitu akun sudah terverifikasi, mempunyai 1000 subscriber, tidak melakukan spamming, dan yang paling berat adalah sudah mendapatkan 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-1

Berikut ini beberapa syarat yang perlu diketahui dan diperhatikan ketika ingin melakukan monetisasi YouTube dengan AdSense.

Terverifikasi

Proses verifikasi perlu saat kalian ingin mengunggah video berdurasi panjang. Berapa jam sih video yang dianggap berdurasi panjang?

YouTube menganggap video dengan durasi lebih dari 15 menit merupakan video berdurasi panjang. Jadi, saat ingin mengunggah video lebih dari durasi tersebut silakan melakukan verifikasi terlebih dahulu.

Proses verifikasinya cukup mudah, kok. Kalian hanya membutuhkan nomor handphone aktif yang nantinya digunakan untuk menerima kode verifikasi.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan verifikasi akun YouTube kalian.

Verifikasi Akun Youtube: Membuka Halaman Upload (1)

Langkah pertama yaitu membuka halaman upload. Pada bagian bawah halaman ini kalian akan menemui pilihan untuk meningkatkan durasi video yang akan diunggah seperti yang terlihat di bawah ini. Kemudian klik “Increase your limit”.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-2

Verifikasi Akun YouTube: Memilih Metode Verifikasi (2)

Langkah kedua yaitu memilih metode verifikasi. Ada dua pilihan metode: menggunakan pesan suara atau pesan teks yang berisi kode verifikasi.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-3

Verifikasi Akun YouTube: Validasi (3)

Setelah mendapatkan kode verifikasi lalu masukkan kode tersebut ke dalam form yang tersedia. Kemudian klik “Submit”.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-4

Jika proses ini berhasil dilakukan, pada profil akan tampil teks “Partner Verified”.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-5

Nah, setelah selesai melakukan verifikasi, kalian sudah bisa mengunggah video berdurasi lebih dari 15 menit. Sebaiknya kalian jangan menunda proses ini untuk berjaga-jaga supaya suatu saat nanti mengunggah video lebih dari 15 menit tidak perlu verifikasi.

4000 Jam Tayang

Akun harus sudah mempunyai 4000 jam tayang sebagai syarat mendaftar YouTube AdSense. Total jam tayang ini terhitung selama 12 bulan terakhir. 

Itulah alasannya kalian perlu melakukan verifikasi dan mengunggah video sebanyak mungkin. Semakin banyak video dan berdurasi lama, (kemungkinan besar) akan mempercepat syarat ini terpenuhi. 

Proses ini mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan bahkan hampir satu tahun untuk mendapatkannya. Itulah mengapa kalian perlu mendaftar YouTube AdSense terlebih dahulu. Supaya suatu saat nanti ketika syarat ini terpenuhi Anda sudah tidak perlu susah-susah menunggu dan mendaftar YouTube AdSense.

1000 Subscriber

YouTube memberikan syarat lain yang cukup susah untuk mendaftar youtube adsense, yaitu mempunyai 1000 subscriber. Jumlah tersebut hanya nol koma sekian persen dari total seluruh pengguna YouTube yang mencapai 1,8 milyar. Dengan pengguna sebanyak itu, saat ini (mungkin) untuk mendapatkan 1000 subscriber bisa jadi mudah atau bisa dicapai dalam waktu singkat.

Wait, tidak semudah itu, Guys. Selain membagikan channel yang kalian miliki kepada teman melalui media sosial, tentu kalian perlu menjaga kualitas video yang bagus dan menarik. Jangan sampai ketika pengunjung yang membuka video yang dibagikan justru merasa bosan dan kalian gagal untuk mendapatkan subscribe.

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan untuk membuat konten  menarik. Pertama, tentu saja originalitas konten. Konten yang baik adalah konten yang original atau tidak menjiplak/membajak. 

Selain itu, memberikan yang terbaik di 15 detik awal, berikan isi konten yang mengundang pengunjung membuka video  yang lain, akurat dalam memberikan data, gunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti, dan sebagainya.

Hindari Komentar Spam

Komentar spam dapat menghambat proses mendaftar YouTube AdSense. Jika kalian masih saja melakukan spamming komentar, bisa jadi pengajuan akun YouTube AdSense ditolak.

Saat mendaftar YouTube AdSense tidak langsung mendapatkan akun AdSense dengan mudah. Ada beberapa proses verifikasi dan penilaian yang perlu dilalui oleh tim YouTube. Biasanya membutuhkan waktu beberapa hari sampai muncul pengumuman apakah akun kalian layak atau tidak.

Nah, akun yang melakukan spamming komentar tentu akan mendapatkan rate yang buruk sehingga mempengaruhi penilaian. Kalian pun harus mendaftar YouTube AdSense kembali. 

Cara Daftar AdSense YouTube

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah membuat akun YouTube.

Kalian bisa membuat akun YouTube menggunakan akun Gmail. Jika sudah punya, tinggal akses saja www.youtube.com lalu login menggunakan email yang sudah aktif. Jika lupa password Gmail bisa mengikuti artikel ‘cara mengatasi lupa password Gmail’.

Sedangkan bagi kalian yang belum mempunyai akun Gmail dapat mengikuti artikel ‘langkah mudah mendaftar Gmail’.

Saat sudah berhasil login ke YouTube, hal pertama untuk mendaftar YouTube AdSense adalah masuk ke menu pengaturan. Caranya dengan klik Icon Profile => Setting

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-6

Menu tersebut akan mengarahkan kalian ke halaman pengaturan.

Di halaman ini, klik kembali Icon Profile => Youtube Studio untuk masuk ke dalam dashboard studio milik kalian sendiri.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-7

YouTube Studio merupakan dashboard yang dikembangkan Google untuk Content Creator video di YouTube. Dashboard ini berisi kumpulan pengaturan yang memudahkan pengelolaan video dan akun mereka.

Di bawah ini tampilan YouTube Creator Studio terbaru (2022).

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-8

Sekilas Mengenai Dashboard YouTube Studio

Dashboard YouTube Creator Studio menyediakan akses untuk memoderasi komentar, opsi untuk mengunggah video, mengakses statistik analitis dengan cepat, dan tentu saja untuk mendaftar YouTube AdSense. Dashboard ini juga menyediakan menu untuk mengunggah dan mengelola video yang sudah tayang.

Melalui dashboard ini, kalian bisa langsung mengajukan akun YouTube AdSense meskipun belum mempunyai video yang diunggah. Pada bagian channel, silakan klik Monetization

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-9

Setelah membuka menu tersebut, kalian akan di bawah ke halaman YouTube Partner Program. Halaman ini berisi tahapan yang perlu dilakukan untuk mendaftar YouTube AdSense. Cara daftar AdSense YouTube sendiri terdiri dari empat tahap, yaitu:

Tahap 1: Persetujuan YouTube Partner Program

Kalian akan melihat ketentuan persetujuan berisi aturan-aturan yang berlaku selama kalian menggunakan YouTube Partner Program.

Jika setuju, silakan centang pilihan yang tersedia seperti di bawah ini.

Setelah selesai, klik I accept untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-10

Kalian bisa melewatkan “Email me with options, announcements, anda personalized tips to help grow my channel.” untuk tidak mendapatkan informasi terbaru mengenai YouTube Partner Program di email.

Tahap 2: Menghubungkan akun YouTube dengan AdSense

Bagi yang belum mempunyai akun AdSense, kalian tidak perlu khawatir karena pada tahap ini juga ada pilihan untuk membuat AdSense baru yang khusus untuk YouTube.

Sedangkan bagi yang sudah mempunyai Adsense sendiri, bisa langsung menghubungkannya. Kalian tidak perlu mendaftar dari awal.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-11

Setelah ini kalian akan dibawa ke halaman untuk menghubungkan YouTube dengan akun AdSense. Jika belum mempunyai akun AdSense, kalian akan dipandu untuk membuat akun AdSense baru.

Form pertama, kalian diminta untuk mengisi nama dan informasi lain yang berhubungan dengan Akun yang akan dibuat, termasuk di antaranya pilihan negara atau wilayah target.

Jika sudah selesai mengisi form yang ada dan setuju dengan ketentuan yang berlaku, silakan klik Create Account untuk membuat akun AdSense.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-12

Secara otomatis akan terbuka halaman dashboard Google AdSense. Kalian pun diminta untuk mengisi kembali beberapa informasi mengenai akun yang akan dibuat seperti nama dan alamat.

Penting! Isi alamat dengan benar karena alamat tersebut dipakai Google untuk mengirimkan kode verifikasi ketika saldo AdSense kalian sudah cukup untuk dicairkan.

Setelah selesai mengisi, klik Submit untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-13

Sampai di sini, kalian sudah berhasil mengajukan akun AdSense ke Google. Kalian tinggal menunggu saja sampai dengan akun kalian bisa digunakan.

Sembari menunggu, bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu mengatur tampilan iklan monetisasi.

Tahap 3: Mengatur Pilihan Monetisasi

Tahap ini mengatur posisi iklan yang akan ditampilkan ketika pengajuan YouTube AdSense diterima.

Di halaman Monetization klik Start pada ‘Set monetization preference’. Posisi iklan ini juga bisa menjadi penentu berapa besar uang yang bisa didapatkan dari iklan yang tampil di video.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-14

Ada empat pilihan tipe tampilan iklan, yaitu display ads, overlay ads, sponsored cards, dan skippable video ads. Skippable video ads berpotensi mendatangkan pendapatan yang besar dibandingkan dengan tiga tipe lainnya. Berikut penjelasan masing-masing tipe ads.

Display Ads

Tipe iklan ini muncul di bagian samping kanan layar. Selalu tampil dari awal sampai  akhir video yang diputar. Iklan ini hanya bisa tampil ketika pengunjung menggunakan perangkat desktop.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-15

Terdapat beberapa pilihan ukuran dan format foto maupun animasi. Meski berbentuk video tapi iklan Display Ads tidak mendukung autoplay sound (tidak ada suara secara otomatis) sehingga tidak mengganggu video yang sedang diputar. Namun pengunjung biasanya dapat mendengarkan suara dengan mengklik gambar animasi.

Overlay Ads

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-16

Overlay Ads muncul di bagian layar sehingga sedikit menutupi video yang sedang diputar. Berbeda dengan Display Ads, tipe iklan ini dapat ditutup secara manual jika pengunjung menghendakinya sehingga tidak terlalu mengganggu. Ukurannya kurang lebih 480×70 pixel.

Sponsored Cards

Sponsored Cards merupakan salah satu tipe iklan YouTube yang baru. Iklan ini bekerja dengan menampilkan sebuah teaser ke pengunjung video. Setelah beberapa saat teaser diganti dengan tampilan ikon kartu. Iklan ini muncul di bagian kanan atas video yang sedang dilihat. Ikon tersebut memberi user pilihan untuk menutup atau mengkliknya untuk mendapatkan informasi lengkap terkait iklan yang ditampilkan.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-17

Iklan ini hampir sama dengan Display Ads, hanya saja lokasi dan fungsinya berbeda sedikit. Kesamaan dari keduanya adalah mengajak pengunjung untuk melakukan tindakan selanjutnya setelah iklan selesai (mengklik atau mencari informasi).

Skippable Video Ads

Skippable Video Ads sering dijumpai ketika memutar video di YouTube. Iklan ini biasanya muncul di awal video atau akhir video. Namun di beberapa video tipe iklan ini terkadang ditampilkan di bagian tengah-tengah video.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-18

Iklan ini berbentuk video dengan durasi yang bervariasi. Ada yang lima detik, bahkan ada yang mencapai beberapa menit.

Meskipun lama, pengunjung bisa melewatinya dengan mengklik tombol Skip yang biasanya muncul setelah lima detik.

Dari empat pilihan tersebut, Anda bisa memilih semuanya atau memilih salah satu saja. Saran kami, silakan sesuaikan dengan video yang sedang diputar. Jika ingin langsung menerapkan pengaturan tersebut pada semua video, jangan lupa enable opsi ‘Monetize all existing and future videos’.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-19

Tahap 4: Review setelah mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber

Sampai di sini, kalian tinggal menunggu informasi pengajuan kalian melalui email seperti yang sudah dibahas di bagian sebelumnya.

Jadi saat ini yang perlu Anda lakukan adalah fokus untuk membuat konten yang sebaik-baiknya untuk mendapatkan 4000 jam tayang dan juga 1000 subscriber dalam waktu secepat-cepatnya.

Konten kalian secara otomatis akan dipertimbangkan sudah layak atau belum untuk menjadi YouTube Partner Program sesuai dengan ketentuan yang berlaku. YouTube akan mengirimkan email kepada kalian terkait keputusan final yang biasanya membutuhkan waktu beberapa hari bahkan hitungan bulan.

Pastikan video yang dibuat dapat dilihat sehingga tim bisa melihat jumlah tayang keseluruhan konten kalian: jika mereka tidak bisa menemukan konten publik yang cukup atau tidak mencapai 4000 jam tayang, mereka tidak bisa mempertimbangkan channel kalian.

Cara-Daftar-AdSense-YouTube-20

Okay Guys, semoga artikel ini membuat kalian tidak hanya mengetahui YouTube AdSense ya tapi juga paham bagaimana cara kerja AdSense dan tentu saja syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi YouTube Partner Program. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit juga, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Have a good day

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment