Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Framework Yii

Sharing is caring!

Istilah framework tentu tidak asing lagi bagi Anda yang sudah terjun di dunia pemrograman. Framework pun ada  berbagai macam dan salah satunya akan kami ulas di artikel ini, yakni framework Yii. Makanya, Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Framework Yii.

Apa Itu Yii?

Yii merupakan suatu framework PHP yang berbasis komponen, mempunyai kinerja tinggi untuk pengembangan aplikasi Web berskala besar. Reusability maksimal dalam pemrograman Web disediakan oleh Yii dan Yii pun mampu meningkatkan kecepatan pengembangan secara signifikan. Nama Yii (dieja sebagai /i:/) singkatan dari “Yes It Is!.”

Kenali Yii Lebih Dekat

Jika Anda ingin menggunakan framework satu ini maka Anda harus memahami detail dari framework Yii.

  1. Persyaratan

Anda membutuhkan server Web yang mendukung PHP 5.1.0. untuk menjalankan aplikasi web berbasis Yii. Bagi Anda yang berprofesi sebagai developer yang ingin menggunakan Yii maka sebaiknya Anda memahami pemrograman berorientasi-objek (OOP) akan sangat membantu. Hal ini dikarenakan Yii merupakan framework OOP murni.

  1. Paling Cocok untuk Apa?

Framework pemrograman umum web yang dapat dipakai untuk mengembangkan semua jenis aplikasi web adalah Yii. Yii sangatlah cocok untuk pengembangan aplikasi dengan trafik tinggi karena sangat ringan dan dilengkapi dengan mekanisme caching yang canggih. Aplikasi dengan trafik tinggi yang dikembangkan oleh Yii, seperti portal, forum, CMS, sistem e-commerce, dan lain-lain.

  1. Bagaimana Yii Dibandingkan dengan Framework Lain?

Yii merupakan MVC framework seperti kebanyakan PHP framework. Dalam hal efisiensi, kekayaan-fitur serta kejelasan dokumentasi, dapat dikatakan jika Yii melampaui framework PHP lain. Hal ini dikarenakan Yii didesain dengan hati-hati dari awal agar sesuai untuk pengembangan aplikasi web secara serius.

Yii merupakan hasil dari pengalaman para pembuat di pengembangan aplikasi web dan investigasi framework pemrograman web serta merupakan aplikasi terpopuler.

Pola desain MVC (model-view-controller ) yang diadopsi secara luas dalam pemrograman Web telah diimplementasikan oleh Yii. Yii pun telah memperkenalkan front controller yang disebut dengan Aplikasi yang mana nantinya akan mengenkapsulasi konteks eksekusi untuk memproses sebuah request.

Anda harus mempunyai skil OOP (Object Oriented Programming) untuk mempelajari Yii. Anda pun membutuhkan hal-hal berikut untuk kebutuhan software dan hardware-nya:

  • Laptop / komputer.
  • Web server seperti XAMPP.
  • Aplikasi Yii.
  • Editor web, seperti notepad++ atau sublimeText

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Framework Yii
Artikel
Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Framework Yii
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Framework pun ada  berbagai macam dan salah satunya akan kami ulas di artikel ini, yakni framework Yii. Makanya, Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Framework Yii.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment