Apa Saja Fitur Framework Yii yang Perlu Kalian Ketahui?

Sharing is caring!

Framework Yii merupakan salah satu framework yang digunakan di dunia pemrograman. Framework ini memiliki beberapa fitur yang dapat Anda gunakan. Baca sampai selesai yuk Gaes terkait Apa Saja Fitur-Fitur Framework Yii yang Perlu Kalian Ketahui?

Fitur Yii

Berikut ini merupakan fitur yang dimiliki oleh Yii:

  1. MVC (Model View Controller)

Sebuah arsitektur programing MVC digunakan oleh Yii. Programming MVC yang digunakan tersebut, yaitu menggunakan konsep Model, View, Controller. Bahkan CMS (Content management system) pun menggunakan konsep MVC.

  1. ORM (Object Relational Mapping)

Object Relational Mapping atau ORM yang akan mengurusi segala pengelolaan sebuah database merupakan salah satu fitur berikutnya yang ada di framework Yii. Seorang developer tidak akan lagi menulis query SQL yang rumit dengan bantuan ORM karena cukup hanya dengan “memanggil” fungsi-fungsi tertentu di dalam library Yii.

  1. Widget

Widget merupakan salah satu fitur dari Yii berupa konsep yang telah menyediakan komponen-komponen user interface yang siap pakai, misalnya data grid, autocomplete, tree view, dan lain-lain.

  1. Extension

Banyak extensions yang dimiliki oleh framework Yii. Extension merupakan sebuah kontribusi dari para pengguna Yii dengan membuat widget, library atau component yang dapat dipakai serta belum ada di Yii secara built-in.

  1. Theme

Tampilan dengan mudah dapat diubah dengan framework Yii karena menggunakan konsep skinning. Hal ini menjadikan Anda bisa mengcostumize tampilan komponen user interface pada aplikasi menggunakan CSS. Sedangkan dengan konsep theming, Anda pun bisa mengubah seluruh tampilan aplikasi sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Security

Framework Yii mempunyai security yang dapat mencegah serangan, seperti SQL Injection, XSS, CSRF, Cookie Tampering, dan sebagainya. Jadi apabila Anda menginginkan sebuah web yang aman dari berbagai cookie atau yang lainnya maka Anda akan merasa tenang dengan menggunakan framework Yii.

  1. Web Service

Fitur Web Service yang dimiliki oleh Yii dapat digunakan untuk menggenerate spesifikasi WSDL service secara otomatis.

  1. Translate

Yii menyediakan fitur translate yang mana pesan, tanggal dan format waktu sesuai zona waktu dan daerah si pemakai. Hal ini dikarenakan pemakai Yii framework tersebar di berbagai daerah.

  1. Caching

Fitur caching yang dimiliki oleh Yii akan membuat aplikasi yang dibangun menggunakan Yii berjalan ringan saat diakses.

  1. Autentikasi Error

Yii menyediakan pesan error dan logging yang bisa memilih untuk menampilkan langsung atau disimpan ke suatu file di server sehingga Anda tidak perlu khawatir terkait koding yang sering error. Oleh karena itu, Anda tenang saja karena jika kodingan mengalami error maka Yii akan langsung memberikan pesan error kepada Anda.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit dengan tanpa mengurangi kualitas, Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan dan sukses dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Saja Fitur Framework Yii yang Perlu Kalian Ketahui?
Artikel
Apa Saja Fitur Framework Yii yang Perlu Kalian Ketahui?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Framework Yii memiliki fitur yang dapat Anda gunakan. Baca sampai selesai yuk Gaes terkait Apa Saja Fitur-Fitur Framework Yii yang Perlu Kalian Ketahui?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment