Mengenal Slim Framework Bagi Pemula

Sharing is caring!

PHP framework bagi beberapa orang bukan istilah asing. Jika mendengar istilah PHP framework di benak beberapa orang maka akan terlintas berbagai framework popular saat ini, seperti Laravel, Symfony, CodeIgniter, Yii, CakePHP, Zend Framework, dan sebagainya. Salah satu framework yang akan sedikit kami ulas adalah Slim Framework. Yuk baca sampai selesai artikel tentang Mengenal Slim Framework Bagi Pemula.

Apa itu Slim Framework?

Slim Framework merupakan mikro framework PHP untuk membuat aplikasi web dan biasanya digunakan untuk membuat REST API atau webservice.

Slim dapat dikatakan sebagai micro framework karena merupakan framework yang fokus pada kebutuhan pokok yang diperlukan sebuah aplikasi web, yakni menerima sebuah HTTP request, mengirimkan request tersebut ke code yang sesuai, dan mengembalikan HTTP response. Ketiganya merupakan konsep dari slim framework.

Pada proyek skala kecil yang memiliki tujuan khusus dan tingkat kompleksitas yang rendah, digunakanlah micro framework. Contohnya adalah saat Anda ingin membangun sebuah API maka akan lebih cepat, ringan serta efisien jika menggunakan micro framework daripada menggunakan fullstack framework. Silex, Lumen serta Phalcon merupakan contoh dari micro framework.

Slim dapat menjadi pilihan untuk membuat website sederhana yang cepat karena fiturnya tidak sebanyak Codeigniter atau Laravel.

Fitur Slim Framework

Slim framework mempunyai fitur utama sebagai berikut:

  • HTTP Router
  • Middleware
  • Dependency Injection
  • PSR-7 Support

Anda bisa download Slim Framework di sini

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Slim Framework Bagi Pemula
Artikel
Mengenal Slim Framework Bagi Pemula
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Salah satu framework yang akan sedikit kami ulas adalah Slim Framework. Yuk baca sampai selesai artikel tentang Mengenal Slim Framework Bagi Pemula.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment