YouTube Menambahkan 5 Fitur Untuk Kreator Video

Sharing is caring!

Guys, kini YouTube menambahkan wawasan baru untuk kreator video dan memberi mereka kontrol yang lebih besar atas iklan dan chapter. YouTube menambahkan lima fitur baru untuk kreator video yang menawarkan lebih banyak wawasan pemirsa (viewer insights) serta kontrol yang lebih besar atas iklan dan video chapters. Yuk baca YouTube Menambahkan 5 Fitur Untuk Kreator Video

5 Fitur Untuk Kreator Video

Berikut ini penjelasan tentang masing-masing fitur tersebut:

Evergreen Video Insights

YouTube memberi kreator suatu akses ke insight untuk video evergreen. Ini juga dikenal sebagai video yang telah populer untuk waktu yang lama.

Wawasan video Evergreen pertama kali diperkenalkan sebagai eksperimen bulan lalu untuk membantu kreator konten dalam meningkatkan analisis kinerja channel bulanan mereka.

Jadi, sebenarnya ini mengikuti feedback positif dari orang-orang di grup uji lalu sekarang diluncurkan ke semua kreator konten.

Trending Hashtags

YouTube baru-baru ini meluncurkan tagar yang sedang tren di bagian explore untuk membantu viewers yang saat ini populer serta untuk meningkatkan kesadaran terkait tagar secara umum.

Bagi kreator konten, tagar ini juga dapat menjadi sumber data yang berguna untuk mengidentifikasi apa yang sedang ramai di YouTube. Wawasan tersebut dapat memandu arah future videos.

Lalu, bagaimana cara YouTube mengidentifikasi tagar yang sedang tren?

YouTube mengidentifikasi dan menampilkan tagar yang mengalami pertumbuhan tercepat di antara pengguna lalu memilih sebuah subset tagar tersebut di berbagai kategori, seperti film, game, dan olahraga. Namun, sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk pengguna seluler AS.

Kontrol Pemblokiran AdSense

Untuk kreator konten yang memenuhi syarat untuk menjalankan iklan, YouTube menawarkan kontrol pemblokiran AdSense. Mereka merupakan sarana yang digunakan oleh kreator konten untuk menunjukkan iklan tertentu atau jenis iklan mana yang tidak ingin mereka tampilkan di channel mereka.

Fitur ini sebelumnya hanya tersedia untuk saluran di YouTube Partner Program. Sekarang, jaringan multi-channel afiliate (MCN) diberikan akses ke kontrol pemblokiran Adsense. Dengan menggunakan kontrol ini, MCN dapat membuat keputusan editorial tentang jenis iklan yang ditayangkan di channel mereka.

Chapter Edit Video Massal

YouTube baru-baru ini meluncurkan automatic chapters untuk video yang baru diunggah, yang sejauh ini telah menerima feedback positif.

YouTube sekarang memperluas automatic chapters ke semua video. Seperti sebelumnya, kreator konten secara otomatis ikut serta dalam hal ini.

Bagi mereka yang tidak ingin mengaktifkan fitur ini di channel mereka, YouTube memudahkan untuk mengedit chapters dari sejumlah besar video secara bersamaan.

Untuk melakukan ini, YouTube menambahkan opsi untuk mengizinkan atau melarang chapters melalui pengeditan massal (bulk editing) di upload list. Kalian juga dapat menonaktifkan chapters di upload flow atau metadata editor atau untuk semua unggahan berikutnya di upload default.

Perlu diingat bahwa meskipun automatic chapters diizinkan di semua video, chapters tersebut hanya akan ditampilkan di sebagian kecil saja. Hal itu bergantung pada apakah algoritma dapat mendeteksi chapters dan menentukan apakah mereka cocok untuk konten itu sendiri.

Creators selalu memiliki opsi untuk menambahkan chapters mereka sendiri secara manual juga.

Mengajukan Banding Dengan Ikon Kuning di YouTube Studio Mobile

YouTube meluncurkan kemampuan bagi kreator konten untuk mengajukan banding dengan ikon kuning melalui aplikasi Studio Mobile, bukan hanya melalui desktop.

Ini merupakan update lain untuk kreator konten di YouTube Partner Program. Ikon kuning mengacu pada video yang menerima sedikit atau tanpa hak istimewa monetisasi, yang mana kurang diinginkan daripada ikon hijau yang memberikan hak istimewa penuh.

Sederhananya nih, kreator konten menghasilkan lebih banyak uang saat video dimonetisasi sepenuhnya, bukan dimonetisasi sebagian. Ada opsi untuk mengajukan banding dengan ikon kuning jika kreator yakin bahwa video mereka memang pantas mendapatkan ikon hijau.

Kini, kreator dapat mengajukan banding melalui aplikasi YouTube Studio Mobile yang dapat membantu agar iklan kembali aktif dan berjalan sesegera mungkin.

Semua kreator konten di YouTube Partner Program akan memiliki akses ini pada akhir bulan.

Kalau kalian sebagai kreator video nih, kira-kira kalian mau menggunakan fitur mana saja dan karena alasan apa nih, Guys? Boleh banget lho kalian sharing di kolom komentar, siapa tahu ada insight baru 🙂

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
YouTube Menambahkan 5 Fitur Untuk Kreator Video
Artikel
YouTube Menambahkan 5 Fitur Untuk Kreator Video
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
YouTube menambahkan lima fitur baru untuk kreator video. Yuk baca YouTube Menambahkan 5 Fitur Untuk Kreator Video di Jetorbit
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment