WWW vs non-WWW: Mana yang Lebih Baik Untuk SEO?

Sharing is caring!

Guys, sesekali kalian pernah berpikir kah, “apakah menggunakan www vs tanpa www berdampak pada SEO website?” Kira-kira, mana ya yang lebih disukai mesin pencari? Okay deh, cari tau yuk dengan baca WWW vs non-WWW: Mana yang Lebih Baik Untuk SEO? 

Apa Itu WWW dan non-WWW

Istilah “www” dan “non-www” sering digunakan untuk menggambarkan apakah sebuah URL menyertakan “www”.

World Wide Web (WWW) menggambarkan kumpulan besar dokumen tekstual dan file multimedia yang dapat diakses menggunakan internet.

URL atau alamat web diterjemahkan oleh server nama menjadi alamat IP, yang mana terhubung dengan browser kalian untuk melayani halaman web.

Ketika internet dimulai, semua website memulai domain mereka dengan WWW. Namun, beberapa tahun yang lalu nih, ternyata semakin banyak situs mulai menggunakan domain non-WWW karena perilaku pengguna telah berubah.

Domain non-WWW sering disebut sebagai “naked” URL.

Apakah WWW atau non-WWW yang Lebih Baik Untuk SEO?

Sebenarnya tidak masalah mana yang kalian gunakan dari perspektif SEO tapi ada beberapa pro dan kontra untuk masing-masing.

Jika kalian memiliki versi non-WWW sebagai versi pilihan situs kalian, kalian seharusnya tidak mengindeks domain WWW.

Sebagai contoh, mari kita lihat Frontier Communications. Domain ini dapat diakses di https://frontier.com, tidak apa-apa. Setelah kalian mengetik www.frontier.com, secara otomatis 301 dialihkan ke versi yang diinginkan, yaitu https://frontier.com.

Jika Frontier mengindeks kedua versi itu maka berpotensi menyebabkan masalah konten duplikat dan ekuitas tautan dapat tersebar di kedua versi. Itu sangat tidak boleh tapi untungnya, bukan ini masalahnya.

Kalian akan melihat versi WWW memiliki backlink yang jauh lebih sedikit, domain perujuk (referring domains), dan lalu lintas organik. Hal itu karena sedang dialihkan ke domain non-WWW.

Jika kalian ingin menggunakan keduanya, pastikan kalian menyiapkan 301 redirect ke versi yang diinginkan dan bukan 302 redirect

Yang Mana Yang Harus Saya Gunakan?

Jawabannya adalah salah satunya. Mungkin pada akhirnya domain WWW akan menjadi usang karena kebanyakan orang tidak perlu repot mengetiknya saat mencari website.

Setelah kalian memutuskan mana yang akan digunakan, pastikan semua sitemap URL dan tautan internal kalian menggunakan versi pilihan kalian dan jika kalian dapat mengontrolnya, backlink kalian juga harus konsisten.

Bisakah Saya Menggunakan non-WWW dan WWW

Secara teknis, kalian dapat menggunakan non-WWW dan WWW di domain kalian tapi tidak disarankan. Bahkan, Google akan melihat ini sebagai dua situs terpisah.

Jika kalian memiliki kedua versi yang diindeks, kalian harus menyiapkan dan memelihara kedua situs di Google Search Console, kalian akan menghadapi masalah konten duplikat, dan ekuitas tautan kalian akan dibagi antara dua domain.

Hal ini berpotensi membahayakan peringkat mesin pencari kalian sehingga kalian harus memilih satu dan mematuhinya.

Jika kalian perlu mengindeks kedua situs karena alasan teknis, seperti CMS kalian tidak memiliki kemampuan untuk menyiapkan 301 redirect maka kalian dapat menggunakan tag kanonik (canonical tags).

Tag kanonik adalah tag HTML yang membantu website mencegah konten duplikat dengan menentukan versi “canonical” atau “preferred” laman web atau domain ke Google.

Nah, dengan cara ini kalian memberi sinyal ke Google, “Saya tahu bahwa saya memiliki versi duplikat dengan situs non-WWW dan saya memiliki tag kanonik yang menunjuk ke versi WWW di situs non-WWW.”

Penting untuk dicatat bahwa Google memperlakukan kanonik sebagai rekomendasi dan bukan instruksi. Akibatnya, kedua versi website masih dapat diindeks.

Guys, silakan gunakan versi apapun yang tepat untuk bisnis, sasaran, dan tujuan kalian, ya. Ingatlah bahwa versi WWW lebih cocok untuk tujuan teknis dan kebutuhan kalian juga dapat berubah di masa mendatang, seiring dengan pertumbuhan situs dan bisnis.

Oia, bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya, kok. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa cek di sini.

Keep healthy and always be stay alert!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
WWW vs non-WWW: Mana yang Lebih Baik Untuk SEO?
Artikel
WWW vs non-WWW: Mana yang Lebih Baik Untuk SEO?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apakah menggunakan www vs tanpa www berdampak pada SEO website? Okay deh, cari tau yuk di WWW vs non-WWW: Mana yang Lebih Baik Untuk SEO?
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment