WordPress.org vs WordPress.com vs Blogger, Mana yang Lebih Bagus?

WordPress.org vs WordPress.com vs Blogger, Mana yang Lebih Bagus?

Sharing is caring!

Para blogger pemula biasanya bingung menentukan CMS yang digunakan untuk blognya. Apa sih CMS itu? Cari tahu lebih lengkapnya di artikel ini yuk. Simak terus sampai selesai tentang WordPress.org vs WordPress.com vs Blogger, Mana yang Lebih Bagus?

Content Management System (CMS) atau sistem pengelolaan konten adalah sebuah platform atau sebuah mekanis yang membolehkan Anda membuat konten dan mempublikasikannya ke website. CMS bisa dibilang sebagai suatu software yang diinstall di server hosting Anda.

Pilihan CMS sangatlah banyak mulai dari Blogger, WordPress, Joomla, Drupal, Magnolia, Weebly, dan sebagainya. Namun untuk saat ini pilihan CMS yang sangat populer adalah WordPress.

Apabila ditanya CMS apa yang paling populer dan mudah, tentu jawaban kami adalah WordPress. Ini adalah CMS yang paling banyak digunakan sehingga ada banyak orang yang setuju dengan jawaban kami. Adapun kelebihan WordPress selain karena kemudahannya, juga karena fleksibilitas dan juga mudah dioptimasi untuk meningkatkan ranking di mesin pencari atau istilahnya disebut dengan SEO friendly.

WordPress menjadi populer karena kemudahannya. Untuk mengetahui info lebih detailnya, silakan  Anda simak artikel berikut ini.

Blogger

Kelebihan Blogger

  1. Gratis

Platform ini memberikan hostingnya secara gratis bahkan domain dari platform ini juga gratis namun dengan akhiran .blogspot.com. Untuk urusan domain, platform ini dapat diganti dengan domain TLD (Top Level Domain) yang sudah Anda beli di penyedia domain.

  1. Tanpa Iklan

Untuk urusan iklan, Google tidak memberi iklan pada platform Blogger. Kecuali si pemilik memonetisasi blognya dengan AdSense yang bertujuan untuk menghasilkan uang.

  1. Mudah Mengganti Template dan Tata Letak

Blogger memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengatur tata letak dan tampilan blognya sesuai keinginannya. Template blogger pun sangat banyak di internet, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.

  1. Aman dan Jarang Down

Platform Blogger diklaim cukup aman karena platform ini dikelola langsung oleh Google sehingga Anda tidak perlu khawatir blog Anda dihack orang.

  1. Posting Artikel Sebanyak-Banyaknya

Platform penyimpanan sepenuhnya disediakan oleh Google sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan sisa penyimpanan atau mengupgradenya.

Kekurangan Blogger

  1. Tidak memiliki akses penuh terhadap blog yang Anda kelola.
  2. Harus patuh terhadap peraturan yang ada.
  3. Blog dapat dihapus oleh pihak blogger.com tanpa pemberitahuan jika ketahuan melanggar aturan.

WordPress.com

WordPress.com adalah layanan CMS gratis yang didirikan oleh perusahaan yang bernama Auttomatic. CMS ini mirip dengan Blogger karena sama -sama gratis. Terkait tampilan Blogger dan WordPress tentunya sangat berbeda.

Kelebihan WordPress.com

  • Gratis selamanya.
  • Sangat mudah digunakan.
  • Tidak perlu memikirkan SEO karena sudah terintegrasi di dalam platform tersebut.
  • Super aman.
  • Jarang down.
  • Tersedia ratusan theme gratis yang dapat digunakan.
  • Terintegrasi dengan beberapa plugin populer WordPress.
  • Dapat melakukan custom domain.

Kekurangan WordPress.com

  • Ada batasan penyimpanan, yakni diberi ruang penyimpanan hanya 3 GB. Berbeda dengan Blogger yang penyimpanannya unlimited.
  • Tidak dapat untuk AdSense, hanya dapat menggunakan WordAds.
  • Harus patuh terhadap peraturan karena jika tidak patuh maka blog Anda akan auto di-banned.

WordPress.org

Beberapa dari sobat pasti bingung apa sih bedanya WordPress.com dan WordPress.org. Keduanya benar-benar berbeda meskipun keduanya memiliki nama yang sama.

WordPress.com adalah tempat yang mana Anda dapat membuat blog secara gratis tanpa perlu menyewa hosting dan domain. Sedangkan WordPress.org adalah tempat yang mana Anda dapat mendownload aplikasi WordPress yang dapat Anda pasang di hosting sendiri dan juga domain sendiri.

Kelebihan WordPress.org

  • Gratis dan Open Source.
  • Fitur super lengkap.
  • Dapat menggunakan theme gratis dan premium yang tersebar di internet.
  • Tersedia banyak sekali plugin yang dapat digunakan.
  • Hampir tidak ada peraturan yang perlu dipatuhi.

Kekurangan WordPress.org

  • WordPress-nya sendiri gratis namun untuk menggunakannya Anda perlu menyewa hosting dan domain sendiri.
  • Karena menggunakan hosting dan domain sendiri pastinya butuh modal yang tidak sedikit.
  • Masalah keamanan menjadi tanggung jawab sendiri

 

Jetorbit sebagai penyedia hosting yang telah berdiri sejak 2012, menyediakan berbagai macam paket hosting yang bisa Anda gunakan dengan harga terjangkau. Kami menyediakan hosting dengan teknologi SSD dan Webserver Litespeed yang menjami website Anda lebih cepat diakses, disertai dengan garansi uptime 99,9%, dan cloud backup menjadikan Anda lebih aman dan nyaman dalam beraktivitas pada website Anda.

Setelah membaca postingan di atas, kami harap Anda dapat menentukan mana yang kira-kira paling cocok untuk Anda gunakan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu ?

Sumber

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
WordPress.org vs WordPress.com vs Blogger, Mana yang Lebih Bagus?
Artikel
WordPress.org vs WordPress.com vs Blogger, Mana yang Lebih Bagus?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
WordPress.org vs WordPress.com vs Blogger, Mana yang Lebih Bagus? Makanya, simak saja ulasannya di Jetorbit karena tidak akan menyesal dan nambah referensi.
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like