Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari – Google?

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari – Google?

Sharing is caring!

Mesin pencari adalah sebuah sistem software atau sebuah aplikasi yang didesain dan disediakan oleh suatu badan komersiil tertentu dan dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pengguna internet mencari berbagai informasi di internet. Lalu Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari – Google? Simak ulasan berikut ini.

Sebenarnya ada banyak mesin pencari yang dapat digunakan untuk mencari informasi di internet. Selain Google, ada juga mesin pencari lainnya, seperti Yahoo, Bing, Aol, MSN, Ask, Altavista, dan lain-lain. Hanya saja, hampir sebagian besar orang menggunakan Google sebagai mesin pencari.

Cara Kerja Search Engine

Setiap mesin pencari atau search engine memiliki 3 fungsi utama, yaitu crawling (untuk menemukan konten), indexing (untuk menyimpan dan melacak konten), dan retrieval (untuk mengambil konten relevan ketika seseorang bertanya pada search engine).

  • Crawling

Crawling adalah tahap pertama dari cara kerja search engine. Tahap ini meliputi scanning dan mengumpulkan detail dari setiap halaman website, seperti judul, gambar, kata kunci, internal link, dan sebagainya. Setiap crawler akan mengumpulkan data yang berbeda.

Crawler ini juga akan mengunjungi ulang halaman pada website untuk melihat perubahan yang dilakukan pada website. Sebagian halaman dapat ditandai dengan “noindex”, yaitu seperti memberi signal pada bot agar tidak mengindekskan halaman tersebut.

Salah satu tujuan melakukan “noindex” pada halaman adalah untuk menghindari konten ganda.

  • Indexing

Indexing adalah tahap yang mana data yang sudah dicrawl, selanjutnya diproses dan diletakkan di database.

Crawling adalah proses ketika Anda membaca seluruh data tersebut sedangkan indexing adalah proses ketika Anda membuat catatan tentang seluruh data buku tersebut. Bayangkan saja jika Anda mempunyai banyak buku lalu Anda mencatat semua data dari buku yang Anda punya, mulai dari banyaknya halaman, pengarang, tahun terbit, dan lain-lain.

  • Retrieval dan Ranking

Retrieval adalah proses ketika mesin pencari seperti Google memproses permintaan dari pertanyaan yang biasa Anda ketik di Google search lalu menyuguhkan halaman yang paling relevan dengan permintaan Anda.

Setiap mesin pencari memiliki algoritma atau caranya tersendiri dalam memilih halaman mana yang paling relevan dengan permintaan Anda.

Itulah mengapa Google, Bing, Yahoo, MSN, dan mesin pencari lainnya memberikan hasil yang berbeda untuk setiap permintaan.

Setiap perusahaan mesin pencari merahasiakan algoritma dan cara mereka memberikan ranking pada halaman website. Semakin relevan hasil yang diberikan maka semakin baik algoritma yang dimiliki.

 

Dalam benak Anda, pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya fungsi search engine? Karena Anda hampir setiap hari tentunya bergelut dengan search engine. Makanya, caritau saja di link berikut https://www.jetorbit.com/blog/apa-sebenarnya-fungsi-search-engine/

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Hal ini dikarenakan salah satu faktornya adalah pengguna internet Indonesia sudah menembus 150 juta penduduk. Tahun 2018 masih berjumlah 143 juta. Artinya pengguna ini merupakan pasar potensial bagi dunia bisnis. Maka tidak ada salahnya menjemput bola dengan cara menciptakan alat-alat bisnis online, seperti website, media sosial, messenger, Google Bisnisku lalu ciptakan strategi!

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3.7 / 5. Jumlah rate 3

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari - Google?
Artikel
Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari - Google?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Selain Google, ada juga mesin pencari lainnya, seperti Yahoo, Bing, Aol, MSN, Ask, dan lain-lain. Lalu Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari - Google?
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like