Update Maintenance: WordPress 6.1.1 Bawa 50+ Perbaikan Bug

Update Maintenance: WordPress 6.1.1 Bawa 50+ Perbaikan Bug

Hai, Orbiters! Ada berita penting nih bagi kalian pengguna setia WordPress. WordPress 6.1.1 resmi dirilis dengan membawa 29 perbaikan core dan 21 perbaikan bug pada block editor. Trus, gimana detailnya? Simak sampai kelar yuk Update Maintenance: WordPress 6.1.1 Bawa 50+ Perbaikan Bug

WordPress 6.1.1 Maintenance Update Dirilis

Pada tanggal 15 November 2022, WordPress merilis versi 6.1.1. 

update wordpress 6.1.1

WordPress 6.1.1 adalah update maintenance yang berfokus pada perbaikan bug. Okay, versi kali ini WordPress tidak membawa perubahan yang besar maupun fitur baru. Bisa dibilang, WordPress 6.1.1 termasuk update berumur pendek. Sebab, versi ini dirilis selang dua minggu setelah WordPress 6.1 diluncurkan.

Namun, pembaruan WordPress 6.1.1 ini tidak bisa dianggap enteng. Alasannya, update ini memperbaiki 29 bug pada core dan 21 bug di block editor yang ada di versi WordPress sebelumnya.

Perbaikan Bug WordPress 6.1.1

Di WordPress 6.1.1 ini, 50+ bug pada core dan block editor yang dilaporkan berhasil diperbaiki. Namun, beberapa perubahan yang menjadi highlight di versi kali ini adalah:

1. Peningkatan Performa WordPress 6.1.1

WordPress 6.1.1 membawa perubahan untuk meningkatkan performa website, seperti:

  • Mengganti fungsi wp_get_theme() → get_stylesheet() menjadi get_stylesheet() yang dianggap dapat meningkatkan performa karena mengurangi penggunaan CPU.
  • Penambahan syarat pada fungsi wp_max_upload_size() untuk mengurangi penggunaan resource dan mempercepat waktu loading.
  • Peningkatan performa wp_theme_JSON dengan mengurangi pemakaian struktur data tipe array

2. Perbaikan Kemunculan Fatal Error Bagi Pengguna Gutenberg Versi Lama

Dalam beberapa kasus, proses update ke WordPress 6.1 berujung pada fatal error yang mengakibatkan user tidak bisa mengakses front-end maupun back-end website. 

Penyebabnya adalah plugin Gutenberg versi 14.1 ke bawah tidak kompatibel dengan WordPress 6.1. 

Di update kali ini, WordPress berhasil memperbaiki error ini dengan menambahkan sebuah fungsi pada file update-core.php yang akan menonaktifkan plugin Gutenberg yang masih berada di versi lama. 

3. Perbaikan Bug pada Button + untuk Menambah Block

Pada versi WordPress 6.1, button + yang fungsinya untuk menambahkan block dihilangkan. 

perbaikan bug

Ternyata, banyak pengguna WordPress yang masih membutuhkan fitur ini. Itulah mengapa, button + dimunculkan kembali di versi WordPress 6.1.1.

Kini kalian juga bisa menggunakan shortcut “/” untuk menambahkan sebuah block. Sebagai contoh, jika ingin menambahkan block heading, kalian tinggal mengetik /heading seperti gambar di bawah ini. 

update maintenance

4. Perbaikan Border pada Tabel

Pengguna block editor Gutenberg melaporkan ada bug yang menyebabkan border tabel tidak muncul di tampilan website. 

update wordpress

Saat itu, bug ini berhasil diperbaiki dengan memunculkan border di tampilan front-end dengan ukuran default 0,5 em. Namun, kini bisa mengatur ukuran border sesuai keinginan di Global Style setelah update ke versi WordPress 6.1.1. 

5. Penambahan Minimum Font Size pada Fluid Typography

Fluid typography adalah fitur baru di WordPress 6.1 yang berfungsi untuk menyesuaikan ukuran font mengikuti besar kecilnya ukuran layar perangkat yang digunakan. 

Sayangnya, belum ada aturan minimum ukuran font pada file theme.json. Tanpa adanya batasan minimal font size, bisa jadi user salah mengatur ukuran font yang menyebabkan teks sulit terbaca. 

Itulah mengapa developer kemudian menambahkan minimum font size yaitu 14 px

Gimana, ternyata banyak ya yang perlu diperbaiki di WordPress versi sebelumnya? Maka, sebagai user perlu update WordPress ke versi terbaru untuk mengatasi masalah akibat bug yang muncul.

Cara Update ke WordPress 6.1.1

Sebagai pengguna WordPress, kalian pasti sudah tahu bahwa ada berbagai cara update WordPress. Mulai dari update manual melalui dashboard, lewat bantuan plugin, dan sebagainya.

Okay, ternyata banyak perbaikan bug yang sudah kalian dapatkan saat update ke WordPress 6.1.1. Nah, supaya performa website kalian makin oke, silakan kalian bisa mempelajari cara mengelola website yang tepat, ya.

Kabar gembira dari Jetorbit untuk kalian! Sekarang, kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian.

Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like