tips membuat nama perusahaan

Kalian sudah tahukah cara menjadikan nama perusahaan terdengar menarik dan meninggalkan kesan untuk pelanggan? Nah, jika kalian ingin membuat nama perusahaan yang berbeda dari yang lain dan memiliki kesan bagi calon pelanggan, kalian udah tepat nih! Okay, baca sampai selesai yuk Tips Membuat Nama Perusahaan yang Bagus

Alasan Membuat Nama Perusahaan Tidak Boleh Asal

Ada beberapa poin penting yang harus kalian ketahui saat menentukan nama perusahaan, mari disimak.

Nama Perusahaanmu, Identitas Bisnismu

Nama perusahaan adalah identitas pertama sebuah perusahaan atau badan usaha, baik usaha yang berskala besar, menengah, bahkan kecil. 

Nama perusahaan menjadi pintu utama bagi konsumen untuk mengenal lebih dekat bisnis kalian. 

Itulah mengapa nama harus memiliki kekuatan karena memang akan melekat menjadi karakter sehingga siapapun yang mendengarnya memiliki persepsi dan ekspektasi sesuai dengan nama perusahaan.

Berpengaruh Pada Brand Awareness

Salah satu alasan terpenting mengapa nama perusahaan harus menarik adalah branding

Nama dapat membantu strategi branding dan proses menciptakan brand awareness yang mana berfungsi untuk membantu bisnis menempati posisi kuat dalam industri. Dengan strategi branding yang tepat maka produk kalian bisa meroket dan dikenal oleh orang banyak.

Tujuannya adalah konsumen lebih familiar dengan produk kalian atau disebut dengan brand awareness

Contohnya adalah tas Hermes. Banyak lho yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk tas mewah satu ini. Meski memiliki kompetitor dengan produk sejenis namun tas Hermes memiliki pesonanya sendiri.

tips-membuat-nama-perusahaan-1

Perlu diingat bahwa branding memang dibutuhkan untuk dapat mengukuhkan posisi bisnis di suatu industri. Hal ini karena nama perusahaan secara tidak langsung menjadi satu paket dalam brand yang kalian usung.

Menarik Perhatian Melalui Go Online

Go online sudah menjadi kewajiban setiap bisnis saat ini untuk dapat bersaing dengan bisnis lain karena tantangan bisnis kian meningkat.

Wait, ada hubungan apa sih antara nama perusahaan yang menarik dengan proses go online?

Nama merupakan bagian dari branding yang sangat penting bagi go online sebab data menunjukkan bahwa brand berada pada posisi kedua yang menentukan kepercayaan konsumen saat berbelanja online.

Selain itu, nama perusahaan kalian akan sering digunakan, mulai dari proses digital marketing, pembuatan banner iklan, hingga hal yang paling vital, yaitu membuat website.

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Tips Membuat Nama Perusahaan yang Menarik

Silakan kalian ikuti tips berikut ini agar dapat membantu dalam mempertimbangkan nama apa yang cocok untuk perusahaan:

Singkat, Mudah Dieja, dan Diingat

Untuk dapat meninggalkan kesan kepada konsumen, nama perusahaan Anda harus memiliki ciri khas.

Salah satu cara menonjolkan ciri khas pada nama pada perusahaan adalah menggunakan kata yang singkat, mudah dieja dan diingat. Ketiga hal ini dapat dikatakan satu paket. 

Meskipun kalian menyukai nama tertentu, sekali lagi kami katakan, pertimbangkan lagi. Apakah nama yang kalian sukai itu akan mendukung semua aspek branding kalian?

Punya Makna yang Lebih Baik

Membuat nama perusahaan memang baik jika memiliki makna di dalamnya. Akan tetapi, jika nama perusahaan kalian tidak memiliki makna pun tak mengapa. 

Jangan takut untuk memberi perusahaan kalian dengan nama yang keren dan unik meski tidak menonjolkan makna.

Nama Perusahaan ≠ Bidang Perusahaan

Hal ini bersifat optional, ya. Yups, kalian dapat menambahkan bidang industri pada nama perusahaan kalian tapi bisa juga tidak sama sekali. Contohnya, mencantumkan kata “teknologi”, “logistic”, “food”, dan sebagainya. 

Akan tetapi, perlu diingat bahwa nama perusahaan bukanlah nama bidang. Perusahaan kalian tetap dapat bersaing meski tanpa penggunaan kata familiar sesuai bidang.

Perusahaan Apple membuktikan bahwa nama perusahaan tidak harus relevan dengan bidang perusahaan.

Bubuhkan Idealisme

Dalam membangun perusahaan pastinya dibutuhkan idealisme, begitu juga ketika menentukan nama perusahaan.

Akan tetapi, saat membuat nama perusahaan, membubuhkan idealisme haruslah hati-hati. Mengapa?

Penggunaan kata idealisme, filosofis, bahkan makna secara gamblang dapat memberikan dua kemungkinan kesan pada konsumen, yaitu “biasa” saja atau justru terlalu “berlebihan.” Contohnya, PT Aman Sejahtera Selalu, PT Maju Paling Terdepan, dan lain-lain

Biarkan Nama Perusahaanmu Bercerita

Jika perusahaan kalian ternyata memiliki kisah di balik pencetusannya maka hal itu bisa menjadi daya tarik tersendiri, lho. 

Tentunya kalian ingin menghadirkan cerita yang menarik, kan? 

Cerita yang menggugah atau konyol sekalipun, dapat memberikan warna bagi perusahaan kalian. Citra perusahaan pun dapat meningkat di mata konsumen.

Gunakan Coined Name

Kalian dapat menggunakan salah satu tipe nama perusahaan, yaitu coined name. Coined name merupakan nama yang memiliki arti tertentu selain makna nama itu sendiri. 

Dengan menggunakan coined name, kalian dapat menggabungkan dua kata sekaligus, mengambil potongan suatu kata, menuliskan ekspresi, menggunakan singkatan, atau mengubah ejaan. Intinya sih, kalian dapat dengan bebas menggunakan kreativitas kalian.

Larangan Ketika Membuat Nama Perusahaan! 

Ada beberapa hal yang harus kalian hindari saat membuat nama perusahaan sebagai berikut:

Menggunakan Angka

Penggunaan angka pada nama perusahaan sangat tidak disarankan karena kemungkinan besar hal tersebut akan membuat perusahaan terlihat tidak serius. Selain itu, nama perusahaan akan sulit dibaca dan diingat.

Penggunaan angka diperbolehkan untuk nama produk yang memiliki versi tertentu, seperti produk ponsel Samsung, versi Android, dan sebagainya.

Karakter Tertentu

Poin selanjutnya adalah penggunaan karakter tertentu. Alasannya adalah tidak hanya berdampak negatif bagi konsumen saat menulis, membaca, atau menyebutkan nama perusahaan tapi juga menyulitkan saat memilih domain.

Yang dimaksud karakter tertentu, yaitu tanda baca, seperti gambar di bawah ini.

tips-membuat-nama-perusahaan-2

Selain itu, tanda baca seperti di bawah ini juga sangat dilarang digunakan pada nama untuk perusahaan.

tips-membuat-nama-perusahaan-3

Huruf Asing

Sangat disarankan untuk menggunakan huruf Latin untuk nama perusahaan. Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan huruf dalam bahasa asing. Apalagi jika perusahaan kalian memiliki pangsa pasar Indonesia maupun internasional.

Menyebutkan Nama Tempat

Kalian sering melihat nama perusahaan dengan memasukan embel-embel kota atau negara, kah? Nah, saran kami nih, bagi perusahaan yang baru berdiri sebaiknya jangan menggunakan nama suatu tempat.

Okay Guys, semoga dapat membantu ya terkait mempertimbangkan nama perusahaan yang tepat. Selain menjadi pintu untuk proses branding dan go online, nama perusahaan adalah hal yang akan paling banyak disebut orang-orang ketika teringat produk atau layanan kalian.

Jadi, sudah ada list apa saja nih untuk nama perusahaan kalian?

Oia Guys, agar brand kalian lebih tepercaya lagi, kalian perlu membuat email dengan domain sendiri karena sekarang lebih mudah, aman, dan keren! Gunakan layanan email hosting dari Jetorbit yuk agar bisa kirim email dengan @namadomainkamu.com menjadikan kesan tepercaya dalam bisnis. Tenang, kami juga menyediakan VPS yang bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment