Tipe dari CPU dan Clock Speed

Tipe dari CPU dan Clock Speed

Kekuatan CPU dapat menentukan kecepatan sebuah program saat dioperasikan,  semakin banyak core maka CPU dapat melakukan lebih banyak pekerjaan. Yuk baca sampai selesai artikel Tipe dari CPU dan Clock Speed

CPU dengan Dual, Triple, atau Quad core akan membuat perbedaan signifikan dalam proses kinerja laptop Anda. Yang terbaik tentunya dari CPU keluarga Intel Core i5.

Tipe-tipe CPU

CPU Inti Tunggal (The Single Core CPU)

CPU ini merupakan jenis CPU tertua. CPU tipe ini tidak terlalu baik untuk multitasking karena hanya dapat memulai satu permintaan dalam satu waktu. Jika Anda sering menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu, Anda akan melihat penurunan kinerja yang tajam. Clock speed sangat mempengaruhi kinerja dari tipe CPU ini.

CPU Inti Ganda (The Dual Core CPU)

CPU ini memiliki dua inti yang memberikan kinerja dua CPU. CPU Dual Core dapat menangani multitasking jauh lebih efisien dibandingkan dengan CPU Single Core. Jika Anda menggunakan lebih dari satu aplikasi, aplikasi dapat berjalan pada saat yang sama. Namun, untuk memanfaatkan teknologi ini, sistem operasi dan program yang berjalan di atasnya harus memiliki kode khusus yang tertulis di atasnya, yang juga disebut dengan SMT (simultaneous multi-thread technology).

The Quad Core CPU 

CPU ini menyempurnakan teknologi dual core. Mereka menggantinya dengan menambahkan dua inti lagi, dengan total empat core ke desain CPU. CPU Quad Core memungkinkan multitasking yang lebih besar. Namun, seperti halnya dual core, Anda tidak akan merasakan perbedaannya kecuali program yang dijalankan CPU memiliki kode SMT yang tertulis di dalamnya. Hal ini bukan berarti bahwa hanya satu permintaan yang akan diselesaikan lebih cepat. Sebaliknya, laptop Anda akan terasa lebih responsif saat Anda memulai lebih dari satu permintaan dalam satu waktu.

tipe-cpu-dan-clock-speed-1

Clock Speed

Dulu, frekuensi (Clock Speed atau clock rate) merupakan metrik performa CPU yang paling penting. Clock Speed mengukur kecepatan operasi CPU dan menunjukkan berapa banyak operasi yang dapat dilakukan dalam satu detik (siklus CPU).

Clock Speed dulu diukur dalam hertz (Hz). Namun, karena peningkatan kecepatan yang diberikan oleh ekstra core di CPU, sekarang diukur dalam gigahertz (GHz).

Clock Speed berguna untuk membandingkan CPU dalam kelompok yang sama. Misalnya, Anda membandingkan dua laptop dengan dual core Kaby Lake i5 CPU. Laptop A memiliki clock rate 2.2GHz sedangkan laptop B memiliki frekuensi dasar 2.5GHz. Laptop B akan bekerja lebih cepat ketika keduanya berjalan pada Max Turbo Frequency.

Clock Speed Menentukan Kekuatan CPU

Clock Speed memang menentukan di poin kekuatan CPU, namun belum tentu di poin kekuatan pemrosesan laptop. Apa artinya ini?

CPU dengan Clock Speed 2 GHz dapat memproses 2 miliar instruksi setiap detik. Namun, menggandakannya menjadi 4GHz, tidak serta merta menggandakan kecepatan pemrosesan laptop.

Kecuali, laptop memiliki dua CPU yang bekerja berdampingan maka selanjutnya akan dapat mengelola dua kali instruksi per detik serta meningkatkan kinerja sistem secara drastis.

Ada komponen lain yang menentukan seberapa cepat CPU laptop menjalankan tugas selain clock speed. Menambahkan hyper threading ke dalam campuran dan CPU dapat melakukan lebih banyak tugas sekaligus untuk laptop yang jauh lebih cepat.

tipe-cpu-dan-clock-speed-2

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like