Instagram tools adalah alat atau aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk memaksimalkan jangkauan konten di Instagram. Tertarik menggunakannya demi meningkatkan bisnis kalian? Hayuk, langsung simak sampai kelar Ingin Meningkatkan Bisnis Anda? Gunakan 20+ Instagram Tools Ini Secara Gratis!

20+ Rekomendasi Instagram Tools Gratis

Berikut ini ada banyak IG tools yang bisa kalian coba secara gratis:

1. Later.com

Later.com adalah IG tools yang bisa digunakan untuk membuat jadwal posting di IG, Facebook, Twitter, hingga Pinterest. Anyway, bisa dijadwalkan hingga 30 post loh dalam waktu satu bulan di satu akun.

Later.com juga telah menawarkan fitur untuk membuat unggahan terjadwal otomatis. Untuk menggunakan IG tools ini, wajib memiliki akun Instagram Bisnis dulu, ya.

2. All-Hashtag

Hashtag atau tanda pagar (tagar), adalah elemen yang sangat berpengaruh terhadap keterjangkauan konten.

Semakin tepat tagar yang digunakan, tentu semakin banyak pengguna IG yang melihat suatu konten di beranda mereka. All-Hashtag adalah salah IG tools yang berfungsi untuk mencarikan hashtag populer di Instagram.

Penggunaannya pun cukup mudah. Cukup akses situsnya, ketikkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis kalian, klik Generate. Maka, hashtag populer yang berkaitan dengan kata kunci tadi pun muncul.

Selanjutnya, langsung copy paste di konten yang ingin diunggah.

3. Socialblade

IG tools ini dapat membantu menganalisis konten dan statistik sebuah akun Instagram. Caranya, cukup kunjungi situs Socialblade, login, masukkan username yang ingin dianalisis pada kolom yang tersedia.

Beberapa data yang akan muncul seperti, jumlah postingan, jumlah followers, jumlah following, engagement rate, dan sebagainya. IG tools satu ini akan sangat berguna untuk mengecek atau menganalisa kompetitor bisnis.

4. Iconosquare

Iconosquare juga bisa digunakan untuk menganalisis pengguna Instagram. Instagram tools satu ini juga bisa menganalisis akun kalian, menanggapi tulisan atau komentar pengguna lain, bahkan melakukan analisis tagar. FYI, tersedia 20 bahasa yang ditawarkan sehingga bisa membantu untuk berinteraksi dengan followers dari negara lain.

5. Schedugram

Schedugram serupa dengan later.com sehingga bisa membantu menjadwalkan konten dengan lebih praktis. Schedugram cocok bagi yang baru merintis bisnis karena dapat mengisi peran admin sosial media.

6. Canva

Canva sangat cocok bagi yang masih pemula dalam membuat desain konten.

Penggunaannya terbilang mudah dan tools pendukungnya cukup lengkap untuk membantu menciptakan sebuah konten yang menarik. Bahkan, sudah ada template yang disediakan untuk semakin memudahkan pekerjaan.

7. Unfold

Unfold akan membantu saat IG stories. Unfold menyediakan lebih dari 200 template Instagram Stories yang bisa dipilih sebagai media promosi. Oia, beragam font menarik pun sudah ada di tools ini. Kalian bebas memilih dan menggunakannya secara gratis demi membuat IG stories semakin menarik.

8. Adobe Creative Cloud Express 

Sebelumnya dikenal dengan nama Adobe Spark. Adobe Creative Cloud Express adalah IG tools keluaran Adobe yang menyediakan template untuk berbagai platform media sosial, termasuk Instagram. Penggunaannya cukup mudah karena tinggal drag and drop isi konten saja. Fitur-fitur yang disediakan antara lain mengubah ukuran, konversi format file, hingga menghapus background. IG tools ini bahkan juga bisa mengedit foto, loh.

9. UNUM

UNUM menawarkan perencanaan visual feed yang dapat membantu dalam menyusun konten agar terlihat lebih rapi. UNUM juga menawarkan fitur video dan foto editor, penjadwalan posting, Instagram Analytics, dan masih banyak lagi. Ada dua versi yang dapat digunakan, yaitu gratis dan premium. Dengan versi gratis sudah bisa menikmati fitur penjadwalan postingan hingga 500 foto atau video perbulan dan 18 grid perencanaan posting.

10. StoriesAds

StoriesAds juga khusus digunakan untuk membuat stories. IG tools ini akan membantu membuat stories dengan kualitas tinggi. Oia, sudah ada template yang bisa dipilih untuk stories kalian, ya.

11. Buffer Stories Creator 

IG tools satu ini juga dapat membantu membuat stories yang menarik. Selain template yang tentunya sudah disediakan, Buffer Stories Creator juga menawarkan fitur membuat desain stories yang mudah. Kalian hanya perlu mempersiapkan foto dan teks saja.

12. Buffer Remix

Siapa yang ingin mengunggah konten dari platform media sosial yang berbeda? Gunakan saja Buffer Remix! IG tools satu ini akan membantu untuk memindahkan konten dari Twitter ke IG. Kalian hanya perlu paste URL tweet lalu menambahkan logo brand atau desain tambahan lainnya.

13. Buffer

IG tools ini merupakan aplikasi manajemen media sosial untuk menjadwalkan postingan di berbagai platform. FYI, kalian juga bisa membalas komentar dan DM lewat Buffer. Untuk tampilan, Buffer terbilang ramah untuk pemula, loh.

14. Buffer Start Page

Buffer Start Page menawarkan pembuatan link yang biasanya dicantumkan di bio Instagram. Link ini berisi berbagai alamat website lain di luar akun Instagram kalian, misal marketplace, layanan customer service, halaman website bisnis, dan sebagainya.

15. Creator Studio

Creator Studio adalah salah satu Instagram tools yang menawarkan manajemen media sosial, khusus platform yang tergabung dalam Meta. Tools ini dapat membuat dan menjadwalkan postingan serta mencari peluang monetisasi konten.

16. Ads Manager

Ads Manager digunakan khusus untuk mengelola campaign iklan berbayar di berbagai platform yang tergabung dalam Meta. Dengan tools ini kalian dapat membuat iklan, mengelola campaign, hingga melakukan A/B Testing.

17. Hashtag Expert

IG tools lain yang bisa membantu menemukan tagar yang tepat untuk konten adalah Hashtag Expert. Kalian bisa memasukkan satu tagar lalu Hashtag Expert akan membantu mencari tagar lain yang relevan dan populer. Jadi, kalian hanya perlu copy tagar yang muncul lalu paste di kolom caption.

18. Gleam

Siapa nih yang ingin membuat giveaway untuk menarik perhatian calon konsumen? Gunakan Gleam, yuk! Gleam memang memiliki fitur menarik bagi yang ingin mengadakan kompetisi atau giveaway di Instagram.

Selain menyediakan template, kalian juga bisa membuat template sendiri. Sudah tersedia sejumlah widget yang membantu untuk merencanakan giveaway atau kompetisi, mulai dari join hingga nanti mendapatkan reward.

19. Brand Collab Manager

Ingin mencari influencer untuk bekerja sama? Brand Collab Manager akan mempermudah pekerjaan kalian! IG tools milik Meta ini akan membantu kalian sebagai brand, untuk terhubung dengan influencer.

Untuk dapat menggunakan tools ini, kalian harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki 1.000 followers, 15.000 engagement post di 60 hari terakhir, dan syarat pendukung lainnya.

20. ShortStack

ShortStack bertujuan untuk mengelola konten User Generated Content (UGC). Misalnya, saat ada pengguna lain yang menandai akun kalian di setiap media sosial. Dengan begitu, kalian akan dapat mencari konten dari pengguna dengan lebih mudah.

21. Repost For Instagram

Ingin repost konten pengguna lain di akun kalian? Pakai Repost for Instagram saja! IG tools ini akan membantu melakukan repost konten hanya dengan beberapa langkah. Jangan lupa membubuhkan credit pemilik konten asli agar tidak melanggar persyaratan penggunaan Instagram, ya.

22. Instagram Insights

IG tools yang paling mudah diakses karena otomatis tersedia di halaman profil akun IG adalah Instagram Insight. Dapat dikatakan bahwa tools ini adalah bawaan dari akun bisnis kalian.

Kalian bisa melihat laporan kinerja akun Instagram setiap bulannya, melihat pertambahan atau pengurangan followers, berapa pengguna yang menyukai postingan kalian, berapa banyak pengguna yang mengklik profil kalian, dan masih banyak lagi.

Jadi, Kalian Tertarik Menggunakan Tools yang Mana Saja?

Okay, itulah berbagai tools IG yang dapat meningkatkan bisnis kalian secara gratis! Cukup sesuaikan dengan kebutuhan kalian saja saat mengelola akun bisnis tersebut.

Semoga bermanfaat dan tunggu informasi menarik lainnya dari kami, ya 😊

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment