Yuk Ketahui 9 Strategi Backlink yang Berkualitas dan Efektif!

Yuk Ketahui 9 Strategi Backlink yang Berkualitas dan Efektif!

Apakah kalian termasuk orang yang merasa ada tantangan tersendiri kah dalam mencari cara dalam membangun backlink untuk website? Yups, memang dibutuhkan langkah yang tepat untuk melakukannya. Nah, untuk mendapatkan backlink berkualitas kalian perlu simak artikel ini sampai kelar. Simak ya Yuk Ketahui 9 Strategi Backlink yang Berkualitas dan Efektif!

Dilansir dari Backlinko, backlink adalah link atau tautan yang dipasang ke suatu website dan mengarah ke website milik kalian.

Sederhananya sih, backlink adalah tautan dari satu website yang mengarah ke website lain. Ia juga punya banyak sebutan: inbound link, incoming link, maupun one-way link.

Oke, langsung aja ikuti tips cara mendapatkan backlink di bawah ini:

1. Membuat konten unik, orisinal, lengkap dan solutif

Dengan membuat konten yang unik, orisinal, lengkap dan solutif maka kredibilitas blog juga akan semakin naik karena isinya diminati dan dibaca oleh pengunjung blog. 

Pengunjung yang puas dengan konten kalian tentu tak akan segan untuk membagikan artikel tersebut ke platform media sosial mereka.

Selain itu, konten yang berkualitas bisa dijadikan referensi dan sumber ide oleh orang lain untuk menulis konten serupa. Nah, strategi ini membuat peluang mendapatkan backlink juga semakin besar.

2. Menjadi penulis tamu (guest blogging)

Menjadi penulis tamu atau guest blogging adalah cara yang efektif untuk menjaring audiens dan pembaca baru.

Banyak situs-situs populer yang membuka kesempatan untuk penayangan artikel bagi penulis tamu. Tentunya dengan syarat memenuhi standar yang ditetapkan oleh situs yang bersangkutan.

Dengan menerbitkan artikel atau tulisan di website populer, tulisan kalian akan dilihat oleh pembaca situs tersebut. Kesempatan tersebut bisa digunakan untuk menyisipkan tautan atau link yang relevan dengan topik artikel, termasuk dengan mengarahkan ke halaman blog kalian.

Pastikan tautan yang dicantumkan masih sesuai dengan topik yang dibahas, ya. Hal ini akan mendorong pembaca untuk menelusuri tautan yang dicantumkan dan mendatangkan traffic pengunjung baru. 

Selain itu, link atau tautan tersebut akan menjadi backlink gratis yang akan memperkuat reputasi blog kalian.

3. Komentar di website atau blog yang berkualitas (blog walking)

Cara selanjutnya adalah komentar di website yang populer, seperti portal berita dan blog yang memiliki topik yang sama dengan konten blog kalian.

FYI, lakukan komentar dengan cara yang baik dan beretika. Wahh, bisa dianggap spam jika melakukan komentar di banyak website tanpa ada alasan yang jelas. Cobalah untuk berkomentar dengan tujuan membantu orang lain yang memiliki minat serupa.

Di kolom komentar tersebut, kalian bisa menyelipkan tautan yang mengarah ke blog kalian. Tujuannya agar pembaca dapat melihat referensi lain yang mungkin bisa membantu mereka memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

Selain mendapatkan backlink, jumlah kunjungan ke blog atau website kalian menjadi bertambah.

4. Membuat infografis

Woww, strategi satu ini cenderung lebih mudah dan mengandalkan kreativitas di bidang seni.

Infografis adalah informasi yang dikemas dalam bentuk gambar yang menarik dan berisi konten yang mudah dibaca dengan cepat. Sebagai konten visual, infografis menjadi salah satu jenis konten yang paling banyak dibagikan secara online.

Infografis kudu menarik dan informatif ya sehingga blog dan website lain tertarik menggunakan infografis tersebut untuk menguatkan atau membuat variasi di dalam konten artikel mereka.

Santuy, kalian tak perlu menjadi desainer profesional untuk membuat infografis yang menawan. Ada beberapa tools yang biasa digunakan oleh content creator untuk membuat infografis dengan mudah, seperti Canva dan Piktochart, yang bisa digunakan secara gratis.

5. Memberikan testimoni

Kebanyakan perusahaan membutuhkan testimoni sebagai bukti dan penegasan bahwa produk yang mereka tawarkan disukai banyak orang.

Baca Juga: SSHD vs SSD

Biasanya mereka akan menampilkan testimoni di halaman depan website atau halaman khusus yang didedikasikan untuk cerita sukses pelanggan yang memakai produk atau jasa mereka.

Peluang ini bisa diterapkan dengan cara memilih produk atau jasa yang digunakan dan membantu menjalankan blog atau bisnis kalian sendiri. Jika merasa puas, coba tawarkan testimoni kepada perusahaan tersebut dan imbal baliknya ya kalian mendapat backlink.

Pastikan memilih website dengan Domain Authority tinggi atau merupakan website dengan reputasi yang baik.

Wait, kalian juga bisa mendapatkan backlink dengan menemukan broken link, loh. Yups, link seperti ini bisa menjadi strategi SEO yang efektif.

Broken link biasanya disebabkan karena halaman dihapus, URL diubah, dan nama domain kedaluwarsa.

Kalian bisa mencari broken link yang mengarah ke website kompetitor dengan melakukan langkah ini:

  • Buka Site Explorer di Ahrefs.
  • Masukkan alamat website.
  • Di bagian Backlink Profile, klik Broken. Tool ini akan menunjukkan halaman website yang rusak milik kompetitor.

Nah, dengan berbekal informasi ini, silakan hubungi domain yang menaruh link ke kompetitor untuk melaporkan broken link tersebut lalu berikan saran agar mereka menggantinya dengan link konten kalian yang topiknya sama-sama relevan.

Konten listicle adalah konten yang mencantumkan sejumlah produk atau brand yang disusun dalam daftar sebagai ulasan maupun rekomendasi.

Cara mendapatkan backlink berkualitas melalui konten listicle bisa dimulai dengan mencari konten yang tidak mencantumkan website kalian.

Gunakan operator pencarian Google untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan target tertentu dengan menambahkan simbol minus (-) guna mengecualikan brand kalian dari hasil.

Setelah itu, hubungi kreator konten tersebut dan minta mereka agar mencantumkan website kalian dalam daftarnya. Berikan alasan yang menjanjikan dan rasional mengapa brand kalian layak untuk turut dimasukkan.

Jika brand atau website kalian sudah punya banyak audiens, temukan website yang menyebut brand kalian dalam kontennya tapi belum menaruh link ke website kalian. Gunakan tool SEO seperti Ahrefs:

  • Buka Content Explorer.
  • Cari nama brand Anda dan kecualikan alamatnya. Misalnya: “brand” -site:websitekalian.com.
  • Klik Highlight unlinked dan masukkan nama domain Anda.
strategi backlink

Tool ini akan menampilkan semua halaman yang menyebut brand Anda tapi tidak menaruh link ke website Anda. Filter hasil pencarian untuk menemukan peluang yang lebih relevan, kontak penulisnya, lalu minta mereka untuk menyertakan link ke website Anda.

Selain membuat konten, menganalisis profil kompetitor juga bisa menjadi salah satu cara mendapat backlink berkualitas yang efektif. Kalian bisa mengidentifikasi konten yang performanya paling baik, keyword, dan sumber traffic mereka.

Berikut ini cara melakukan link gap analysis untuk mengidentifikasi sumber baclink kompetitor:

  • Di Ahrefs, akses Site Explorer.
  • Masukkan nama domain kompetitor.
  • Di bagian Backlink Profile, klik Backlinks.
  • Pilih Dofollow dan New.
  • Pilih opsi Live links only.
strategi backlink

Ahrefs akan meyajikan laporan backlink yang dimiliki domain pesaing beserta kata kunci dan traffic bulanan halaman tersebut.

Gunakan data ini untuk mengidentifikasi website high-authority apa saja yang ada di niche kalian. Hubungi mereka dan berikan alasan yang masuk akal mengapa konten kalian lebih relevan dan berkualitas dibandingkan milik kompetitor.

Selanjutnya, cari website guest post yang digunakan kompetitor untuk mendapatkan backlink dan cobalah untuk mempublikasikan artikel kalian di website tersebut.

9. Gunakan Google Search Console

FYI, jika sudah dapat backlink, tetap perlu memantau kondisi dan performanya, ya. Gunakan Google Search Console untuk menganalisis profil backlink, mengidentifikasi error 404, dan menemukan peluang backlink-building baru:

  • Laporan Coverage. Cek laporan Coverage secara rutin untuk melihat apakah ada website yang menaruh link ke halaman yang sudah dihapus atau rusak di website kalian. Lalu, arahkan link eksternal tersebut ke URL yang benar.
  • Top linking sites. Laporan ini menunjukkan website apa yang paling banyak menaruh link ke halaman kalian. Karena sudah menyebut website kalian di halamannya, hubungi website tersebut dan minta mereka memberikan backlink tambahan.
  • Top linked pages. Bagian ini menunjukkan halaman web kalian yang menghasilkan backlink terbanyak. Gunakan informasi ini untuk mengidentifikasi jenis konten seperti apa yang paling sesuai dengan strategi link-building kalian.

Simpulan 

Oke, demikianlah penjelasan singkat mengenai strategi backlink yang berkualitas. Backlink merupakan bagian yang sangat penting dalam strategi SEO kalian. Makin banyak backlink yang diperoleh, makin tinggi pula peringkat website kalian di halaman hasil pencarian.

Bagaimana menurut kalian? Sudah siap untuk membuat website dengan kualitas yang tinggi?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like