Siapa Itu Account Manager, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Siapa Itu Account Manager, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Kali ini kami akan mengupas tuntas tentang Siapa Itu Account Manager, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan. Simak sampai kelar ya, Orbiters.

Siapa Itu Account Manager?

Account Manager adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam mengelola akun dan menjaga hubungan kerja sama dengan klien. Caranya dengan memastikan kebutuhan klien terpenuhi.

Tugas account manager juga untuk mewadahi dan menangani keluhan dari klien. Dengan adanya Account Manager, harapannya relasi kerja antara perusahaan dan klien tetap berlanjut sehingga customer retention akan terus meningkat.

Anyway, kira-kira berapa ya gaji seorang Account Manager? 

Menurut Indeed, gaji Account Manager di Indonesia berkisar antara Rp 6,2-11,6 juta perbulan. Bahkan, gaji per bulan Account Manager level senior bisa mencapai Rp 18,7 juta lho. Wow, great!

Tugas dan Tanggung Jawab Account Manager

Berikut ini beberapa tugas Account Manager yang perlu diketahui:

  • Mempertahankan hubungan positif dengan klien dengan selalu siap memberikan solusi bagi setiap kendala yang dialami klien.
  • Berkomunikasi dengan tim lain untuk menyelesaikan setiap keluhan atau masalah klien.
  • Memastikan apakah kendala klien sudah terselesaikan setelah menerapkan solusi yang ditawarkan.
  • Melakukan analisis peluang usaha dan memberikan rekomendasi peluang tersebut kepada klien.
  • Membuat dan menyampaikan laporan baik ke perusahaan maupun klien terkait perkembangan proyek yang sedang berlangsung.
  • Melakukan cross selling dan up selling, yaitu menawarkan layanan atau produk yang relevan kepada klien.
  • Follow up klien yang kontraknya akan habis untuk melakukan negosiasi perpanjangan kontrak.

Skill yang Dibutuhkan Account Manager

Beberapa skill yang perlu dimiliki Account Manager:

1. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi baik lisan maupun tulisan menjadi skill nomor wahid yang wajib dimiliki oleh Account Manager. 

Sebab, Account Manager adalah profesi yang mengharuskan menjadi garda depan dan berhubungan langsung dengan klien. Nah, jika ada kendala dengan layanan yang diberikan, harus siap menghadapi keluhan klien, ya.

Namun, skill komunikasi gak soal bicara doang kok tapi juga mendengarkan. Makanya, Account Manager juga harus mampu mendengarkan dengan baik informasi yang disampaikan oleh orang lain. Utamanya, ketika itu berhubungan dengan kekhawatiran klien terhadap produk atau layanan perusahaan.

2. Negosiasi

Skill negosiasi menjadi hal utama yang diperlukan Account Manager untuk meyakinkan klien saat melakukan follow up terkait upselling, penyesuaian kesepakatan, sampai perpanjangan kontrak. 

Baca Juga: Kita Berubah!

Dengan skill inilah, Account Manager bisa mengajukan usulan yang membantu menjembatani kesenjangan antara keinginan perusahaan dan klien. Ya makanya Account Manager diwajibkan memiliki skill negosiasi sehingga kedua belah pihak sama-sama untung. 

3. Jeli Melihat Peluang Bisnis

FYI, seorang Account Manager harus jeli dalam melihat peluang bisnis. Skill ini wajib dimiliki agar klien puas dengan pelayanan perusahaan. Hal ini akan membantu menjaga hubungan yang baik dengan klien.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa memaksimalkan peluang bisnis yang dijalankan bersama klien: 

  • Lakukan riset pasar dan selalu ikuti tren industri.
  • Monitor dan lakukan analisis terhadap performa bisnis klien.
  • Riset kebutuhan klien untuk menemukan peluang bisnis yang tepat.
  • Sarankan strategi penjualan baru atau produk yang lebih tepat supaya klien bisa memenuhi target yang telah disepakati bersama perusahaan.

4. Perhatian terhadap Detail

Skill selanjutnya adalah perhatian pada hal detail. Kemampuan ini sangat berguna sebab setiap hari akan menampung berbagai informasi dari perusahaan dan klien.

Kalian bisa jadi kehilangan peluang bisnis yang mungkin bisa dijalankan bersama klien tanpa skill ini. 

Eitss, kemampuan ini juga penting untuk bisa mengidentifikasi kendala yang terjadi dalam sebuah hubungan kerja sama dan memberikan solusinya dengan cepat, loh. 

Untuk mengembangkan skill ini, silakan memulainya dengan mencatat setiap detail, seperti saat meeting trus hasilnya,hingga review perkembangan proyek. 

FYI, supaya input informasi lebih cepat dan mudah, silakan menggunakan bantuan software Customer Relationship Management (CRM).

5. Problem Solving

Satu hal penting yang kudu diketahui oleh kalian adalah bahwa menjadi Account Manager harus mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, peran Account Manager menuntut untuk memiliki skill problem solving yang baik.

6. Kemampuan dalam Membangun Relasi

Untuk menjadi Account Manager yang handal, juga harus punya skill membangun relasi yang bagus agar bisa terhubung dengan karakter klien yang berbeda-beda. 

Nah, makanya, seorang Account Manager juga harus mampu mengidentifikasi tipe karakter klien dan menyesuaikan cara dan nada berbicara dengan klien tersebut. 

So, gimana, tertarik jadi Account Manager? Gajinya gede, loh! Apalagi Account Manager adalah salah satu jenis kerja online yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. 

Ingat ya, persiapkan skill yang wajib dimiliki Account Manager mulai dari sekarang!

Are you ready? 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like