sejarah-dunia-cpu

Pernahkah Anda penasaran seluk beluk diciptakannya CPU? Setiap bagian dari komputer atau laptop, pasti punya latar belakang tersendiri. Yuk ketahui lebih lanjut terkait Sejarah Singkat Tentang Dunia CPU

Sejarah Singkat Dunia CPU

4004 merupakan CPU pertama di dunia. CPU tersebut dikembangkan dan dirilis oleh Intel pada tahun 1971, memiliki 2300 transistor, dan melakukan 60.000 operasi perdetik.

sejarah-dunia-cpu-1

Sebagai perbandingan, CPU Intel Pentium (yang tidak terlalu kuat menurut standar saat ini) memiliki 3.300.000 transistor dan melakukan sekitar 188.000.000 instruksi perdetik.

CPU telah mengalami peningkatan kemampuan secara signifikan sejak chip 4004. Sekarang, Anda dapat menemukannya di laptop, tablet, ponsel, dan televisi. Mereka pun dapat menangani fungsi lain, seperti Wi-Fi. Selain itu, banyak laptop berbagi chip dengan elektronik grafik dengan sebutan chipset, yaitu sekelompok microchip yang terletak di motherboard.

Chip multiguna ini dikenal sebagai SoC (system-on-a-chip). Mereka dioptimalkan untuk efisiensi dan konsumsi daya rendah, yang memungkinkan baterai perangkat bisa bertahan sampai berjam-jam tanpa mengisi daya.

Intel dan AMD adalah produsen CPU terkemuka. Meskipun keduanya membuat CPU dengan kekuatan yang bervariasi di bawah nama model lexicon, hampir semua laptop memiliki CPU Intel.

CPU versi baru dibangun di atas arsitektur “backward compatible.” Mereka dapat memahami komponen yang datang sebelum rilis. Konsep tersebut diperkenalkan oleh Intel pada tahun 1978 dengan prosesor 8086.

Perspektif CPU

Di antara faktor-faktor lain yang berkontribusi, kinerja CPU menjadi kurang penting bagi kinerja laptop secara keseluruhan.

Jadi, lebih baik jika laptop yang Anda pilih memiliki siklus jam yang lebih sedikit namun dapat melakukan pekerjaan yang lebih banyak daripada siklus jam lebih banyak namun melakukan lebih sedikit pekerjaan. Hal ini tidak hanya akan menghasilkan panas yang lebih sedikit tetapi juga meningkatkan masa pakai baterai.

Jika Anda ingin laptop Anda melakukan lebih banyak pekerjaan secara bersamaan, Anda membutuhkan CPU dengan lebih banyak core. CPU modern tidak hanya diproduksi dengan lebih banyak core namun dilengkapi juga dengan cache yang lebih kuat.

Artinya, CPU modern dapat melakukan lebih banyak hal persiklus jam. Fakta tersebut membuat clock speed tetap menjadi spesifikasi penting untuk dipertimbangkan saat memenuhi syarat CPU. Dikarenakan hal itulah yang memungkinkan CPU dual-core dapat mengungguli CPU quad-core.

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.6 / 5. Jumlah rate 10

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment