Cara Mengetahui Apakah CPU Anda Sekarat dan Cara Untuk Memperbaikinya

Cara Mengetahui Apakah CPU Anda Sekarat dan Cara Untuk Memperbaikinya

Sharing is caring!

CPU merupakan otak dari laptop dan jika tidak dapat diandalkan maka segala sesuatu tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ketahui lebih detail yuk di artikel Cara Mengetahui Apakah CPU Anda Sekarat dan Cara Untuk Memperbaikinya

Kami akan mencantumkan tujuh tanda yang menunjukkan CPU Anda memburuk, solusi untuk memperbaiki masalah, dan kemungkinan alasan mengapa CPU Anda dalam kondisi sekarat.

Tanda CPU Sekarat dan Cara Untuk Memperbaiki

  • Laptop Tidak Akan Menyala Sama Sekali

Jika hal itu terjadi, kemungkinan besar CPU Anda sudah mati. Laptop tidak akan menampilkan pesan kesalahan apapun tetapi layar akan tetap hitam jika CPU sedang sekarat atau sudah mati. Namun, CPU tidak selalu menjadi penyebab utama.

Dalam beberapa kasus, mungkin CPU tidak terpasang dengan benar. Anda harus membuka laptop dan memastikan prosesornya pas dengan slot pada motherboard serta tidak ada yang kendor.

Dalam kasus lain, permasalahan mungkin terkait dengan kartu grafis (graphics card). Jika tidak ada masalah dengan motherboard maka Anda perlu mencoba melepaskan kartu grafis dan langkah ini akan memungkinkan untuk mengakses laptop Anda.

Jika tidak ada masalah dengan motherboard, kartu grafis, atau koneksi daya, maka permasalahan mungkin terkait dengan CPU.

  • Suara Bip

Cara mengetahui CPU Anda sekarat selanjutnya adalah saat laptop Anda dihidupkan, sistem mungkin mengeluarkan beberapa bip yang terdengar seperti kode. Ini terjadi hanya jika ada masalah yang parah dengan CPU dan mesin mengalami masalah saat boot. Jumlah bip akan menunjukkan masalah yang Anda hadapi.

  • Laptop Segera Mati Setelah Dihidupkan

Merupakan tanda yang jelas bahwa ada yang salah dengan CPU. Peningkatan suhu internal yang tiba-tiba dapat menyebabkan laptop mati setelah Anda menyalakannya. Ada sensor suhu di setiap laptop yang mencatat suhu CPU. Laptop akan mati dengan sendirinya untuk melindungi komponen lain sebagai mekanisme pengaman.

  • Laptop Membeku

Ini bisa terjadi saat Anda menjelajah internet, bermain game, atau menggunakan program apapun di laptop. Jika laptop Anda tiba-tiba macet saat Anda menggunakannya, ini bisa menjadi tanda bahwa mungkin ada yang salah dengan CPU.

Anda dapat reboot laptop dan melihat apa yang terjadi. Dalam beberapa kasus, langkah ini mungkin cukup untuk memperbaiki masalah sehingga Anda dapat menggunakan laptop kembali. Jika laptop mati lagi maka Anda perlu memeriksa CPU dan melihat apa yang salah dengan CPU.

  • Suhu Terlalu Tinggi

Suhu CPU Anda harus di bawah 60 derajat Celcius saat sedang beroperasi. Jika suhu naik di atas 70 derajat Celcius maka segera melakukan tindakan.

Mulailah dengan membersihkan semua bagian internal. Debu dapat menumpuk dan menyebabkan suhu meningkat sehingga mempengaruhi kinerja CPU. Jika suhu masih naik maka Anda perlu memeriksa kipas pendingin. Dalam beberapa kasus, Anda dapat memperbaiki kipas angin atau menggantinya.

Jika masalah terus berlanjut, Anda mungkin perlu memeriksa thermal paste. Thermal paste terletak di antara CPU dan heatsink yang berada di atas dan cenderung kering selama bertahun-tahun. Seka atau bersihkan thermal paste tersebut dengan selembar kain dan oleskan lapisan baru cooling paste. Pastikan tidak bersentuhan dengan bagian internal manapun.

Unit pendingin yang tersumbat juga bisa menjadi sumber masalah. Laptop memiliki pipa panas (heat-pipes) dengan cairan di dalamnya untuk menjaga bagian internal dari panas berlebih (overheating). Pipa panas terhubung ke heatsink yang berada di atas CPU yang terhubung ke kipas. Anda bisa membersihkan dengan cara seperti ini.

  • Layar Menjadi Biru

Anda dapat mengetahui bahwa CPU sedang sekarat karena kipas tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya, Anda mungkin melihat layar biru (blue screen) dan kondisi tidak biasa lainnya dari laptop Anda. Dikenal sebagai Blue Screen of Death atau BSOD. Di versi Windows yang lebih baru, akan menampilkan layar tidak pada kondisi umumnya tetapi tetap memberitahu Anda bahwa ada yang salah dengan laptop Anda dan tidak dapat melanjutkan pengoperasian.

Jika ada yang salah dengan kipas angin, Anda perlu menggantinya sesegera mungkin karena terlalu panas yang berkepanjangan dapat merusak CPU. Ada banyak alasan mengapa terjadi blue screen tetapi dalam banyak kasus, hal ini terkait dengan masalah hardware, bukan software. CPU yang gagal juga dapat menampilkan pesan “System Abort“.

  • Bekas Luka Bakar

Melihat motherboard mungkin bisa membantu Anda melihat apakah ada yang salah dengan CPU. Mungkin saja ada beberapa bekas luka bakar karena CPU yang terlalu panas. Dalam hal ini, Anda mungkin harus mengganti motherboard.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Mengetahui Apakah CPU Anda Sekarat dan Cara Untuk Memperbaikinya
Artikel
Cara Mengetahui Apakah CPU Anda Sekarat dan Cara Untuk Memperbaikinya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
CPU jika tidak dapat diandalkan maka segala sesuatu tidak berfungsi. Cara Mengetahui Apakah CPU Anda Sekarat dan Cara Untuk Memperbaikinya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like