riset-keyword

Riset Keyword YouTube untuk Pemula – Dasar-dasar SEO YouTube

Sharing is caring!

Mengapa riset keyword untuk YouTube itu penting? Tentunya Anda ingin agar video yang Anda buat dan upload bisa ditonton oleh banyak orang bukan? Yuk baca detailnya di Riset Keyword YouTube untuk Pemula – Dasar-dasar SEO YouTube

Bayangkan Anda mengalami peristiwa berikut ini: Anda membuat video fantastis tentang perjalanan papan seluncur favorit Anda. Anda mendesain grafik yang luar biasa bahkan menemukan musik latar yang sempurna. Akhirnya tiba waktunya untuk memposting! Namun Anda belum melakukan riset keyword apapun. Anda pun tetap memutuskan untuk memposting video lalu Anda terkejut ketika video Anda tidak memiliki views.

riset-keyword-youtube-1

Saat Anda melakukan riset keyword, Anda memiliki tujuan untuk mendapatkan insight tentang apa yang dicari audiens Anda di YouTube. Dengan insight tersebut, Anda akan dapat menggunakan keyword yang paling berarti bagi audiens Anda dan video Anda lebih cenderung muncul saat mereka menelusuri keyword tersebut.

Jika Anda gagal melakukan riset keyword, ada beberapa hal yang dapat terjadi, yakni:

  1. Anda mungkin menargetkan keyword yang salah dan menarik penonton yang salah, yang berarti video Anda tidak akan mendapatkan views sebanyak yang seharusnya.
  2. Orang-orang akan kesulitan menemukan video Anda karena Anda tidak menargetkan keyword apapun.

Saat Anda melakukan riset keyword YouTube, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dicari audiens Anda dan membuat konten yang sesuai dengan yang dicari audiens Anda.

Penargetan keyword YouTube yang tepat, tidak hanya dapat meningkatkan jumlah views yang diterima video Anda tetapi juga dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness dan meningkatkan konversi. Saat Anda melakukan riset keyword, Anda mungkin juga menemukan beberapa topik baru yang hebat, yang sebelumnya tidak pernah Anda pikirkan.

Di Manakah Keyword Target YouTube Anda Muncul?

Saat Anda membuat konten tertulis, Anda cukup mengintegrasikan keyword target Anda dengan meletakkannya ke dalam konten Anda yang sesuai.

Saat Anda melakukan riset keyword untuk YouTube channel Anda, ada beberapa tempat berbeda yang harus Anda pertimbangkan untuk mengintegrasikan keyword target untuk efek yang maksimal, yaitu sebagai berikut:

Dalam Tag Video Anda

Saat Anda membuat video dan mempostingnya ke YouTube, Anda akan memiliki kesempatan untuk menandai istilah-istilah kunci yang Anda inginkan untuk peringkat video Anda.

Saat Anda menempatkan keyword di tag, cara kerjanya mirip dengan cara kerja hashtag pada platform, seperti Instagram. Anda perlu ingat bahwa tag video berbeda dengan hashtag yang digunakan beberapa pembuat konten dalam deskripsi videonya.

Tag video yang kami bicarakan ini tidak dapat dilihat oleh seseorang yang sedang menonton video di YouTube. Namun Anda dapat melihatnya menggunakan sebuah alat, seperti TubeBuddy.

riset-keyword-youtube-2

Saat Anda menambahkan keyword target, Anda mengoptimalkan video tersebut agar muncul saat pengguna menelusuri istilah tersebut. Mereka juga memberi tahu YouTube tentang video Anda sehingga mereka dapat menempatkannya dengan benar. Perlu diingat bahwa hanya karena Anda memberi tag pada salah satu video, bukan berarti Anda akan mendapat peringkat nomor satu untuk istilah tersebut saat pengguna menelusurinya.

Di Sepanjang Video Anda

Jika Anda menggunakan keyword di seluruh skrip video, Anda akan mendapatkan keuntungan.

  • Pengguna tetap tertarik: Saat Anda menyebutkan istilah yang dicari pengguna di video Anda maka hal itu akan membuat mereka tetap tertarik karena itulah yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Jika pengguna tetap tertarik dengan video Anda, mereka akan menonton lebih lama. Hal tersebut juga yang akan membantu video Anda muncul lebih tinggi di penelusuran YouTube.
  • Keyword target Anda akan ada di dalam transkrip video Anda: Misalkan Anda saat ini sedang membuat video untuk blog dan konten blog Anda dibuat dari transkrip video. Saat Anda menyebutkan keyword target di seluruh video Anda, hal itu juga berarti keyword tersebut akan muncul dalam konten tertulis Anda di seluruh transkrip Anda. Anda akan mendapatkan keuntungan dua kali lipat bila Anda menyertakan transkrip dan tautan ke video YouTube Anda di situs web Anda karena: posting blog Anda berperingkat tinggi untuk keyword yang sama yang Anda targetkan dengan video Anda dan Anda akan mengarahkan pengguna ke YouTube channel Anda yang dapat meningkatkan views, pelanggan, dan komentar.

Bagaimana Melakukan Riset Keyword YouTube yang Efektif

Ada riset keyword lalu ada riset keyword yang efektif. Jika Anda ingin mendapatkan kesempatan terbaik untuk meraih hasil terbaik dengan tag viral untuk YouTube atau mendapatkan peringkat video yang tinggi, sekarang saatnya mempelajari cara melakukan riset keyword terbaik untuk konten YouTube channel Anda.

Gunakan Alat Riset Keyword

Alat riset keyword tidak hanya untuk konten tertulis namun alat ini juga dapat membantu Anda membentuk (shape) konten video. Silakan gunakan alat, seperti FaqFox, Keyword Tool, atau Tubebuddy untuk membantu Anda menemukan istilah yang dicari oleh target audiens Anda.

Keyword ini tidak hanya dapat membantu menginformasikan topik Anda untuk video mendatang tetapi juga dapat memberi Anda ide bagus terkait keyword apa yang perlu disebutkan dalam video Anda dan digunakan sebagai tag. 

Periksa Saran di YouTube Search Bar

Mungkin salah satu cara terbaik untuk melihat apa yang dicari audiens Anda di YouTube adalah dengan mulai mengetik di YouTube search bar. Saat melakukannya, Anda akan mendapatkan daftar istilah yang dilengkapi secara otomatis.

riset-keyword-youtube-3

Namun, Anda juga harus memastikan bahwa Anda menargetkan keyword yang berhubungan karena keyword tersebut kemungkinan memiliki persaingan yang ketat. Jika tidak ada yang lain maka keyword ini dapat memberi Anda banyak ide bagus untuk topik konten.

Lihatlah Apa Saja yang Tercakup Dalam Kompetisi

Tidak pernah diperbolehkan untuk menyalin sesuatu kata demi kata tetapi membuat konten video berdasarkan apa yang ada di bagian atas hasil penelusuran bisa sangat bermanfaat.

Saat video mendapat peringkat di bagian atas penelusuran YouTube untuk keyword yang ingin Anda ranking, tentunya itu untuk alasan yang bagus. Artinya, pengguna menonton video berdasarkan topik tersebut, mereka tertarik, dan ingin mempelajari lebih lanjut.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Riset Keyword YouTube untuk Pemula - Dasar-dasar SEO YouTube
Artikel
Riset Keyword YouTube untuk Pemula - Dasar-dasar SEO YouTube
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Mengapa riset keyword untuk YouTube itu penting? Yuk baca detailnya di Riset Keyword YouTube untuk Pemula - Dasar-dasar SEO YouTube
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo