5 Rekomendasi CDN Terbaik untuk WordPress

Tahukah kalian bahwa salah satu solusi agar performa website Anda tetap kencang adalah dengan menggunakan CDN untuk WordPress? Tanpa basa-basi, langsung simak saja yuk 5 Rekomendasi CDN Terbaik untuk WordPress

Apa Itu CDN?

Sebagai pemilik website, pasti ingin dong ya memberikan pengalaman pengguna yang terbaik bagi para pengunjung. Salah satu faktor penting yang memengaruhinya adalah kecepatan loading website.

Website yang loadingnya lambat bisa mengakibatkan pengunjung batal membaca konten kalian. Bahkan, 40% pengguna akan langsung menutup website jika loadingnya sampai 3 detik atau lebih. Untuk menghindari masalah ini, silakan gunakan CDN.

Content Delivery Network atau CDN adalah jaringan server yang berfungsi untuk menyajikan konten online dengan cepat kepada pengguna di seluruh dunia. Biasanya, CDN bekerja dengan mengoptimasi gambar, video, file JavaScript, dan halaman HTML agar website bisa online dengan lancar tanpa downtime atau penurunan kecepatan.

Manfaat Menggunakan CDN

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan jaringan pengiriman konten dengan WordPress:

  • Mempercepat website WordPress
  • Penggunaan bandwidth lebih sedikit
  • Memaksimalkan SEO WordPress karena Google memberikan sanksi pada website yang lambat
  • Meningkatkan uptime

Meski tujuan utamanya adalah meningkatkan performa website, CDN juga bisa menambahkan lapisan keamanan yang efektif. Beberapa bahkan memiliki mitigasi DDoS untuk mencegah serangan DDoS, memastikan kalian menerima traffic organik dan bukan botnet yang terinfeksi malware.

Pertimbangan Utama saat Memilih Provider CDN untuk WordPress

Untuk membantu dalam menentukan pilihan, ada tiga faktor utama yang harus dipertimbangkan saat memilih provider CDN.

  1. Performa Keseluruhan

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan:

  • Waktu respons sistem nama domain (DNS)
  • RTT (Round-trip Time)
  • Waktu tunggu
  • Rasio cache hit
  • Langkah-langkah keamanan, seperti enkripsi SSL dan mitigasi DDoS

Di website provider CDN, biasanya akan ditemukan halaman fitur dan deskripsi skenario penggunaannya. Informasi yang disediakan mungkin mencakup jenis-jenis konten yang menjadi spesialisasi mereka:

Atau, kalian juga bisa melihat lokasi server edge CDN yang akan ipilih. Contohnya, Cloudflare menampilkan halaman informasi jaringan globalnya, menunjukkan negara dan kota tempat mereka menyediakan layanan:

5 Rekomendasi CDN Terbaik untuk WordPress

Jika sudah tahu dari mana sumber traffic terbanyak website kalian, pastikan juga apakah CDN yang akan dipilih memiliki data center di dekat lokasi tersebut.

  1. Kemudahan Penggunaan

Pilihlah CDN yang bisa diintegrasikan dengan mudah di website WordPress. Untuk menentukan platform yang tepat, kalian bisa mulai dengan mencari tahu apakah web hosting kalian mendukung provider tertentu. Biasanya, provider hosting menawarkan layanan CDN bawaan.

Selanjutnya, kalian harus mempertimbangkan tingkat dukungan pelanggan yang diberikan provider CDN. Idealnya, provider yang bagus harus memiliki tim dukungan yang tersedia 24/7 untuk membantu mengatasi masalah yang muncul.

Cari tahu juga apakah provider CDN pilihan kalian memiliki resource dukungan online, baik untuk menangani masalah maupun mencari tahu informasi produk. Dukungan ini bisa mencakup forum pelanggan, halaman FAQ, atau tutorial produk.

Oia, pastikan juga apakah layanan pelanggan mereka cukup responsif dan berpengalaman, menggunakan staf teknis internal dan bukan pusat panggilan. Hal ini penting agar bisa mendapatkan saran yang tepat sasaran.

  1. Biaya

Sebagian besar provider CDN menawarkan beberapa paket sehingga perlu memilih opsi yang paling sesuai anggaran. Tagihan biasanya akan dibebankan berdasarkan jumlah transfer data dalam GB (gigabyte) sehingga hanya perlu membayar sesuai resource yang digunakan.

Harga CDN bisa bervariasi menurut wilayah ya dan mungkin juga ada biaya bulanan minimum. Jika masih ragu berapa kira-kira biaya yang perlu dikeluarkan untuk CDN, bisa menghubungi layanan pelanggan mereka untuk mendapatkan estimasinya.

Nah, saat melakukan riset harga CDN, silakan pertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Jumlah traffic website
  • Fitur tambahan, seperti penyimpanan yang lebih banyak
  • Opsi keamanan

Jika budget terbatas, bisa menggunakan CDN untuk WordPress gratis yang sudah cukup bagi website sederhana, seperti blog statis atau website pribadi.

Saat menentukan pilihan, wajib juga memastikan penentuan harga yang transparan dan jujur. Seharusnya kalian tidak dikenai biaya bulanan tambahan atau biaya tak terduga lagi setelah mendaftar. Ingat ya, selalu lihat ulasan orang-orang yang sudah berlangganan.

5 Rekomendasi CDN untuk WordPress 

Berikut ini rekomendasi 5 CDN terbaik untuk WordPress yang akan membantu memilih CDN yang tepat sesuai kebutuhan.

  1. Cloudflare

Cloudflare kini menjadi salah satu layanan terpopuler untuk mengamankan dan mengoptimalkan performa website. Mereka memiliki misi untuk “membangun internet yang lebih baik” melalui CDN global.

Cloudflare memiliki data center di lebih dari 100 negara. Nah, karena jaringan yang luas ini, mereka bisa mengjangkau 95% populasi global dalam waktu sekitar 50 milidetik. 

Fitur:

  • Argo Smart Routing
  • Cache API untuk CDN yang lebih mudah disesuaikan
  • Concurrent Streaming Acceleration untuk buffering video cepat
  • Dukungan HTTP/3
  • Dukungan untuk BYOIP (Bring Your Own IP)

Karena menyediakan paket gratis, Cloudflare bisa menjadi pilihan terbaik untuk pemilik website dengan budget terbatas. Fitur yang disediakannya masih cukup memadai untuk website pribadi atau proyek hobi yang tidak memerlukan fitur tambahan.

Harga: Cloudflare menyediakan CDN gratis dengan Perlindungan DDoS Umetered dan Sertifikat SSL Universal. Jika butuh fitur tingkat lanjut, tersedia paket berbayar mulai sekitar Rp320,000.

  1. Sucuri

Sucuri adalah provider CDN yang menghadirkan teknologi berbasis cloud yang efektif dan terjangkau untuk website. Layanan utama mereka difokuskan untuk menyediakan keamanan dan kecepatan yang bisa membantu agar sukses membangun website.

5 Rekomendasi CDN Terbaik untuk WordPress

Tanpa perlu konfigurasi, paket CDN Sucuri bisa meningkatkan kecepatan website hingga 70%. Mereka juga menyertakan perlindungan website, seperti pembasmi malware, pencegahan hacking, dan tim keamanan 24/7.

Fitur:

  • Jaringan Anycast yang terdistribusi secara global
  • Pengoptimalan kecepatan
  • Uptime yang terjamin
  • Berbagai opsi caching
  • Perlindungan DDoS

Silakan kalian mencari tahu berbagai jenis platform dan website yang paling optimal untuk setiap paket. Misalnya, platform Basic paling cocok untuk membersihkan dan memindai blog serta website kecil lainnya terkait masalah keamanan.

Harga: Semua paket platform keamanan website Sucuri hadir dengan peningkatan kecepatan CDN gratis. Harga paling murah sekitar Rp 3,2 juta.

  1. KeyCDN

KeyCDN menyediakan CDN global di 6 benua. Jaringan berperforma tinggi ini bisa diintegrasikan tanpa masalah dengan WordPress untuk meningkatkan kecepatan dan keamanan website.

KeyCDN menyediakan layanan serbaguna untuk mempercepat loading website, mengoptimasi gambar dan video WordPress, atau mengakses penyimpanan cloud. Dengan dashboard yang mudah digunakan dan dukungan 24/7, KeyCDN memungkinkan untuk mengelola dan menyesuaikan CDN sesuai kebutuhan.

Fitur:

  • 40+ pusat data di 30 negara
  • Dukungan untuk HTTP/2
  • Image processing
  • HTTP Live Streaming
  • Perlindungan DDoS

KeyCDN bisa menjadi salah satu opsi yang paling terjangkau karena didesain untuk mengutamakan kemudahan. Pilihan ini cocok untuk para content creator yang memiliki website sederhana dan ingin menghemat budget.

Harga: Paket harga KeyCDN dibagi menurut wilayah, dimulai sekitar Rp 700 untuk 10 TB pertama. Penggunaan minimumnya adalah Rp 63.000/bulan.

  1. StackPath

StackPath adalah platform komputasi edge untuk para developer yang menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk meluncurkan dan mempercepat beban kerja mereka. Jaringan Edge CDN ini memiliki lebih dari 50 lokasi di seluruh dunia yang menyajikan konten dengan TTFB minimal.

5 Rekomendasi CDN Terbaik untuk WordPress

Kalian bebas menggunakan file besar di website dengan StackPath. CDN mereka mampu menangani pengiriman file besar untuk video HD dan 4K, streaming, dan installer game. Selain itu, kalin juga bisa menyesuaikan konten untuk menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih personal dan mengoptimalkan performa.

Fitur:

  • Pengiriman konten yang mudah disesuaikan dengan EdgeRules
  • Pengoptimalan aset, seperti kompresi GZIP dan segmentasi file besar
  • Manajemen sertifikat SSL
  • Laporan real-time tentang penggunaan bandwidth, permintaan, dan rasio cache hit
  • Origin Shield

StackPath lebih fokus pada penyajian audio dan video sehingga paling cocok untuk website game dan hiburan. CDN untuk WordPress ini bisa membantu untuk menghindari masalah umum, seperti buffering, masalah sinkronisasi, dan kompatibilitas perangkat.

Harga: Meski tidak ada harga yang tercantum di website StackPath, kalian bisa menghubungi mereka melalui halaman penjualan untuk menjadwalkan demo atau konsultasi dengan anggota tim.

  1. bunny.net

bunny.net telah mendukung lebih dari 900.000 website. Jaringan ini didirikan pada tahun 2012 untuk menyediakan layanan tingkat enterprise dengan harga yang terjangkau.

5 Rekomendasi CDN Terbaik untuk WordPress

Setelah mendaftar akun bunny.net, kalian bisa mengakses melalui control panel yang intuitif untuk mengonfigurasi CDN sesuai kebutuhan. Penggunaannya juga cukup mudah loh dan didukung fitur-fitur canggih, seperti halaman statistik penggunaan. Kalian juga bisa melihat metrik yang mendetail tentang penggunaan bandwidth, permintaan yang dilayani, dan rasio cache hit.

Fitur:

  • Optimasi gambar dan penyajian video
  • Uptime 99,99%
  • Perlindungan DDoS
  • Log asli dan statistik real-time
  • Dukungan 24/7

FYI, bunny.net bisa menjadi opsi terbaik untuk para kreator yang perlu menyusun portofolio video dengan sedikit biaya. 

Harga: bunny.net menyediakan pilihan harga mulai sekitar Rp 160. Plus, pengguna baru bisa mencoba CDN ini secara gratis selama 14 hari.

Cara Mengimplementasikan CDN pada Website WordPress 

Proses integrasi CDN bisa sangat bervariasi, tergantung pada provider dan web hosting. Salah satu cara yang paling mudah adalad menggunakan CDN bawaan yang ditawarkan oleh penyedia web hosting.

Atau, bisa daftar langsung ke provider CDN. contoh kali ini menggunakan Cloudflare. Pertama, silakan kunjungi halaman pendaftaran lalu masukkan alamat email dan password kalian:

5 Rekomendasi CDN Terbaik untuk WordPress

Lalu klik Create Account untuk mengakses dashboard Cloudflare. Setelah itu, pilih Add Site (Tambah Website). Nah, untuk website yang sudah online, kalian bisa memasukkan domain utamanya. Apabila belum memiliki domain, bisa membelinya melalui Registrar Cloudflare.

Setelah domain dimasukkan, Cloudflare akan mengidentifikasi DNS record kalian. Selanjutnya bisa memilih opsi paket. Terakhir, kalian perlu mengaktifkan domain dengan Cloudflare.

Okay, itulah penjelasan mengenai CDN terbaik bagi website. Jadi, kalian memilih CDN terbaik untuk website WordPress kalian yang mana, nih? 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment