praktik-terbaik-seo

Praktik Terbaik SEO: 10 Tips yang Dapat Diikuti Oleh Semua Orang

Sharing is caring!

Anda mungkin menanyakan hubungan antara Anda mencari sesuatu di internet dan mengembangkan bisnis online Anda. Keduanya kurang lebih sama. Internet pun beroperasi dengan cara yang kurang lebih sama. Lalu, apa hubungannya dengan SEO? Ketahui lebih detail yuk di Praktik Terbaik SEO: 10 Tips yang Dapat Diikuti Oleh Semua Orang

Untuk menggambarkan hal di atas dengan lebih baik, cara yang terbaik adalah melihat dari sudut pandang pemilik bisnis. Untuk tujuan ilustrasi, misalnya si X baru-baru ini sedang memulai blog. Si X diberitahu bahwa dia adalah blogger yang luar biasa dan dia memiliki cerita yang paling menarik. Sayangnya, setiap kali si X menerbitkan postingan, hanya segelintir orang yang dapat membacanya.

Masalah utama X adalah bahwa pembaca tidak membaca blog X. Ada berbagai cara X bisa membuat lebih banyak orang memperhatikan blognya. Namun, berbagai metode memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda sedangkan metode yang paling menjanjikan dan menguntungkan adalah Search Engine Optimization (SEO).

Apa Itu SEO dan Bagaimana SEO Dapat Membantu Anda Mengembangkan Bisnis Anda?

Di bidang apapun, ada keterampilan dan praktik yang Anda butuhkan untuk menjadi seseorang dengan posisi yang teratas. Sedangkan di dunia internet, Anda membutuhkan lebih dari sekedar pemahaman dasar tentang SEO untuk menjaga situs Anda agar tetap teratas dan relevan. Apa saja praktik terbaik SEO dan kapan Anda bisa mulai menerapkannya? Mari kita lihat bersama terkait informasi terpenting yang Anda butuhkan saat menggunakan SEO untuk mengembangkan jangkauan internet situs Anda.

Apakah SEO Berbeda Dengan Marketing?

Meskipun SEO telah mendapatkan banyak daya tarik selama beberapa tahun terakhir, seringkali SEO disalah artikan sebagai marketing. Bagaimanapun juga keduanya sedikit berbeda. Dalam SEO, Anda mencoba membuat konten yang memiliki dampak agar menarik traffic organik. Intinya, ini adalah marketing yang ditargetkan, yang mana Anda menggunakan keyword untuk menarik pelanggan potensial.

Di sisi lain, marketing adalah istilah umum untuk berbagai strategi yang digunakan untuk menarik bisnis dan pelanggan. Posisi SEO berada di bawah marketing.

Meskipun pentingnya SEO telah terbukti namun bukanlah sesuatu yang dapat Anda kuasai dalam sesaat atau secara instan karena memang membutuhkan proses. Setiap hari, Anda akan melihat orang-orang bertanya, “Bagaimana cara meningkatkan SEO website saya?” Berikut ini ada beberapa praktik terbaik SEO yang cukup mudah dipelajari dan diterapkan.

Bagaimana Praktik Terbaik SEO?

Jika Anda baru mengenal SEO, kemungkinan sekarang Anda bertanya-tanya dari mana harus memulainya. Saat Anda melihat daftar praktik terbaik SEO di bawah ini, perhatikan bagaimana praktik tersebut dapat diterapkan ke bisnis atau situs online Anda.

Berikut beberapa tips praktisnya:

Keyword Anda Akan Muncul di Headline dan URL

Dengan headline, Anda memiliki kesempatan untuk menarik perhatian audiens Anda. Aturan praktis dalam menulis tajuk adalah tidak melebih-lebihkan keyword. Jika memang bisa, gunakanlah keyword. Namun, jika benar-benar mustahil atau sepertinya tidak cocok, Anda bisa mendapatkan keyword lain yang lebih cocok.

Seperti yang ditunjukkan dalam sebuah penelitian, peringkat tinggi di Search Engine Result Page (SERP) dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak pertanyaan karena lebih dari 90% orang menggunakan search engine untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan mengambil keputusan.

Praktik terbaik keyword

  • Jangan memasukkan semua keyword Anda ke dalam judul
  • Judulnya harus orisinal dan menarik
  • Gunakan kata dan frasa yang sesuai dengan target audiens Anda

Gunakan LSI Keywords dalam Konten dengan Tepat

Pengindeksan semantik laten, disebut juga sebagai LSI, adalah tempat search engines melihat kata dan frasa lain yang terkait erat. Saat Anda menggunakan kata yang berbeda dan frasa yang berkaitan erat, Google dan search engines lainnya dapat memahami Anda dengan lebih baik dan meningkatkan peluang Anda guna menentukan peringkat untuk berbagai keyword. Yang terbaik adalah memberi peringkat untuk kata dan frasa yang terkait erat dengan Anda karena dapat meningkatkan jangkauan target Anda.

Praktik terbaik LSI keywords 

  • Pastikan kata tersebut memang terkait dengan konten Anda
  • Jangan terlalu sering menggunakan LSI keywords 

Apa yang Harus Anda Masukkan ke Dalam Meta Description?

Jika seseorang bertanya, “Apa faktor peringkat SEO yang paling penting?” Apakah jawaban Anda akan menyertakan Meta description ?

Sebenarnya, kebanyakan orang melupakan Meta description padahal hal tersebut adalah kunci dari strategi SEO Anda. Meta description adalah tulisan singkat di bawah judul. Jika Anda tidak memiliki Meta description yang disesuaikan, Google secara otomatis akan memotong bagian dari artikel yang berfungsi sebagai description.

Google praktik terbaik SEO pada Meta description 

  • Harus jelas, direct, dan meyakinkan
  • Jangan gunakan tanda kutip atau karakter non-alpha karena logaritma Google hanya akan memotongnya
  • Setiap Meta description harus unik

Optimalkan Gambar Anda

Gambar Anda juga membutuhkan alt text. Sederhananya, alt text berfungsi sebagai nama gambar dalam tulisan Anda. Ingatlah untuk menyertakan alt tags di semua gambar Anda. Selain dapat meningkatkan praktik terbaik SEO, Anda juga meningkatkan aksesibilitas laman web.

Jika Anda menggunakan WordPress sebagai content management system (CMS), Anda akan melihat bahwa Anda dapat mengedit alt text gambar Anda dengan mudah di media library.

praktik-terbaik-seo-1

Praktik terbaik dari pengoptimalan gambar

  • Teksnya harus cukup deskriptif
  • Jangan gunakan karakter non-alpha dalam alt description 
  • Jangan terlalu sering menggunakan keyword dalam description

Memanfaatkan Header Tags dan Frase Keyword

Anda mungkin pernah melihat H1, H2, dan H3 saat meneliti tentang penulisan konten. Header memiliki tempat yang penting dalam penulisan SEO. Ini adalah header dan sub header dan jika digunakan dengan benar maka dapat membantu Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di Google dan mesin pencari lainnya.

Hal ini karena memiliki header di konten dan halaman Anda, membantu search engine seperti Google untuk menavigasi dan memahami dengan lebih baik.

Apabila Anda menggunakan WordPress, khususnya block editor, Anda dapat mengedit pengaturan header untuk konten Anda dengan mudah. Saat membuat new block, Anda memiliki opsi untuk membuat heading, yang setelah itu Anda dapat dengan mudah beralih di antara heading tipe H2, H3, dan H4.

praktik-terbaik-seo-2

Praktik terbaik dari header tags dan frase keyword

  • Gunakan frase keyword utama Anda sebagai bagian dari tag H1
  • Pentingnya dari heading H1, H2, H3, H4 harus dalam urutan menurun (descending)
  • Penggunaan heading yang baik, sangat dapat membantu pembaca Anda untuk lebih mudah membaca konten Anda

Seberapa Mudah Membaca Konten Anda?

Saat pengunjung membuka halaman Anda, Google akan melacak berapa lama mereka di halaman tersebut dan progress mereka di situs Anda. Kunjungan singkat dapat diartikan mereka tidak menemukan apa yang mereka cari atau konten terlalu rumit. Sebenarnya, tanpa manfaat SEO pun, merupakan suatu ide yang baik untuk menjaga konten Anda agar tetap teratur sedemikian rupa sehingga mudah dipahami dan terlihat jelas di mana poin utama yang diberi label dan disampaikan dengan jelas.

Praktik terbaik menulis mudah

  • Gunakan kalimat dan paragraf pendek serta menarik
  • Gunakan huruf tebal dan poin untuk memecah paragraf besar
  • Jangan terlalu sering menggunakan bullets

Tautan Internal Meningkatkan Peringkat SEO Anda

Tautan internal adalah ketika Anda menautkan ke halaman lain di situs Anda sendiri. Tautan internal adalah cara yang ampuh dan efektif untuk memberi saran kepada calon pelanggan Anda tentang apa yang dapat menguntungkan mereka nantinya.

Ketika Anda menautkan dari satu halaman situs Anda ke halaman lain situs Anda, hal ini juga membantu Google menemukan halaman berbeda dari situs Anda karena search engine spiders mengikuti hyperlink di halaman Anda. Hal tersebut juga membantu search engine memahami halaman mana yang terkait satu sama lain. Ketika  search engine memahami Anda dengan lebih baik maka Anda sedang menuju peringkat yang lebih baik lagi.

praktik-terbaik-seo-3

Praktik terbaik dari penautan internal

  • Pilih bagian teks yang lebih banyak menyampaikan tentang apa yang Anda tautkan (anchor text)
  • Hanya Anda tautkan bila perlu atau bila tautan dapat bermanfaat bagi pembaca

Tautan ke Sumber Lain yang Dapat Dipercaya

Jika Anda berada di “space” Anda sendiri, akan lebih sulit bagi Google untuk mengenali Anda atau tentang apa situs Anda. Saat Anda menautkan ke sumber eksternal (outbound links), hal ini membantu search engine mengidentifikasi topik Anda dengan cepat.

Praktik terbaik dari outbound linking

  • Hanya tautkan kembali ke sumber yang kredibel 
  • Jangan menautkan kembali ke situs pesaing

Buat Judul yang Menarik

Judul yang tepat dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa dari strategi SEO Anda. Jika membosankan atau tidak menarik, orang-orang hanya akan menjelajahinya. Jika tidak sesuai harapan bahkan konten mungkin mengandung sesuatu yang tidak benar atau menyesatkan, orang-orang akan segera meninggalkan situs setelah melakukan klik dan tentunya mengganggu praktik terbaik SEO Anda.

Praktik terbaik dari judul 

  • Miliki judul yang menarik dan jelas
  • Jangan gunakan judul yang menyesatkan (misleading) atau clickbait
  • Headlines yang membangkitkan emosi juga bisa menjadi ide yang bagus

Isi Harus Informatif

Poin yang tidak kalah pentingnya adalah konten itu sendiri. Sebagian besar tips mencakup tema seputar topik. Namun, pastikan konten yang Anda sediakan memang bermanfaat bagi pembaca.

Praktik terbaik dari konten informatif

  • Lakukan riset dengan cermat tentang topik Anda
  • Gunakan bahasa dan tone yang menarik bagi audiens target Anda

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Praktik Terbaik SEO: 10 Tips yang Dapat Diikuti Oleh Semua Orang
Artikel
Praktik Terbaik SEO: 10 Tips yang Dapat Diikuti Oleh Semua Orang
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apa hubungan antara mencari sesuatu di internet & mengembangkan bisnis online? Ada hubungan dengan SEO? Yuk baca Praktik Terbaik SEO:10 Tips
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo