title-tags-seo

Title Tags SEO: Panduan untuk 3x Klik Lebih Banyak

Sharing is caring!

Judul (headlines) adalah hasil dari penggunaan title tags. Itulah yang menarik pengguna dari SERP ke situs atau toko online Anda. Ada begitu banyak pilihan dan persaingan untuk mendapatkan perhatian. Ketahui detailnya yuk di Title Tags SEO: Panduan untuk 3x Klik Lebih Banyak

Mengapa Title Tags Penting?

Berikut ini penjelasan mengapa title tags termasuk hal penting:

Hal Pertama yang Dilihat Orang

Alasan pertama dan paling mencolok mengapa tajuk berita itu penting adalah bahwa itu adalah hal pertama yang dilihat pengguna saat mereka masuk ke situs untuk mengakses konten. Judul tentunya hal pertama yang akan mereka baca terlebih dahulu sebelum melanjutkan untuk membaca konten.

Kesan pertama berdampak besar pada orang-orang sehingga judul harus memberikan kesan yang baik. Tantangan untuk Anda adalah Anda perlu menarik pembaca hanya dengan beberapa kata tetapi jika dilakukan dengan benar, maka pembaca akan “betah” untuk membaca semua konten yang Anda buat.

title-tags-seo-1

Ibaratnya adalah Anda harus menganggap judul sebagai bagian luar dari sebuah restoran. Orang-orang akan keluar atau masuk restoran berdasarkan pada apa yang mereka lihat di luar.

Oleh karena itu, pastikan tajuk Anda menarik perhatian pembaca sejak awal.

Mempengaruhi Keputusan Pengguna untuk Melakukan Klik

Kita semua tahu bahwa jika sebuah judul tidak menarik perhatian Anda maka Anda hanya akan menggeser cursor untuk menemukan sesuatu yang menarik. Judul adalah hal utama yang akan mempengaruhi pengguna di situs Anda untuk melakukan klik suatu konten.

Headlines adalah garis depan terkait keputusan penting untuk mendapatkan klik yang mana sangatlah penting di dunia online. Judul Anda harus sangat bagus sehingga pengguna hanya perlu melakukan klik untuk mengetahui tentang kontennya. Judul terbaik adalah judul yang sangat menarik sehingga memposisikan user ibaratnya seperti mereka yang melihat diri mereka hanya sedang melihat konten.

Statistik tentang Berita Utama (Headlines)

Angka tidaklah berbohong dan angka pada tajuk melukiskan cukup gambaran. Angka-angka tersebut menunjukkan betapa pentingnya judul karena berkaitan dengan content online. Judul dengan frasa ‘akan membuat Anda‘ memiliki sekitar 9 juta keterlibatan sedangkan dengan frasa ‘inilah alasannya‘ memiliki keterlibatan mendekati 4,5 juta.

Manfaat Menulis Judul yang Baik

Berikut ini beberapa alasan mengapa menulis judul yang baik memiliki manfaat:

Peningkatan CTR dan Traffic

Menulis judul yang menarik memiliki banyak keuntungan. Sudah menjadi fakta umum bahwa judul yang bagus akan meningkatkan CTR Anda. Rasio klik-tayang situs menentukan jumlah traffic yang didapatkannya. Semakin tinggi CTR maka semakin tinggi trafiknya.

Semakin banyak traffic yang dimiliki situs maka semakin banyak pembeli yang cenderung mereka miliki. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tajuk yang baik di konten situs dapat mempengaruhi kinerjanya secara signifikan.

Memang situs sendiri masih harus berbuat banyak untuk mengalihkan prospek ke pembeli potensial tetapi tentunya tidak ada pemilik situs yang tidak menginginkan lebih banyak prospek.

Peringkat (Rankings)

Peringkat pada hasil search engine sangat penting untuk kesuksesan sebuah situs. Banyak orang tidak pernah mencapai halaman pertama di search engine Google yang mana sebenarnya hal tersebut sangat penting untuk mendapatkan traffic.

Header yang baik sangat erat kaitannya dengan peringkat pada hasil search engine. Oleh karena itu, dengan Anda menggunakan optimasi search engine saat membuat tajuk konten maka hal tersebut akan mengantarkan Anda ke urutan teratas dari daftar.

Semakin tinggi peringkat Anda pada hasil search engine, semakin banyak arahan yang akan Anda dapatkan yang meningkatkan peluang untuk mendapatkan pembeli. Pada akhirnya, pembeli adalah sesuatu yang Anda inginkan dan jika Anda ingin menarik perhatian mereka maka buatlah tajuk yang bagus untuk konten Anda.

Hindari Clickbait

Clickbait mengacu pada konten yang lebih menekankan pada traffic daripada value. Terlepas dari pentingnya traffic di dunia online yang kompetitif dalam jangka panjang, yang diinginkan pembaca dan pelanggan adalah value.

Anda akan melihat peningkatan traffic saat Anda menggunakan clickbait untuk situs Anda. Namun, jika tidak diimbangi dengan konten yang berharga maka akan segera berkurang dan akhirnya hilang.

Pengunjung situs Anda akan mengevaluasi pengalaman mereka di situs Anda dan akan segera menganggap tidak layak jika Anda tidak memberikan konten yang memadai. Saat situs atau konten situs Anda diberi label sebagai clickbait, hal itu dapat menimbulkan konsekuensi yang bisa menghancurkan situs Anda.

Salah satu konsekuensinya adalah penurunan peringkat situs pada hasil search engine. Pada akhirnya, clickbait akan merugikan situs Anda.

Jenis Judul yang Dapat Mengkonversi

Ada jenis judul tertentu yang menghasilkan rasio konversi lebih tinggi. Ada karakteristik tertentu yang memungkinkan headlines tersebut memiliki tingkat konversi yang tinggi.

Judul yang memiliki angka memiliki tingkat konversi yang tinggi daripada yang tidak. Anda hampir selalu menemukan daftar “angka” pada artikel online.

title-tags-seo-2

Judul Bagaimana Cara sangatlah populer. Mereka memiliki CTR yang sangat tinggi karena orang-orang selalu belajar bagaimana melakukan hal-hal baru secara online. Frasa yang dimulai dengan ‘X alasan mengapa‘ dan ‘X hal-hal yang Anda‘ juga memiliki CTR yang tinggi.

title-tags-seo-3

Frasa yang Anda gunakan untuk melengkapi judul Anda juga sangat penting. Frasa akhir tajuk yang paling umum bisa mencakup ‘… dunia‘ dan ‘… X tahun.’

Pada akhirnya, jika Anda menginginkan tajuk yang bagus, Anda harus memastikan bahwa isinya juga sangat jelas. Judul dengan ambiguitas biasanya berkinerja buruk pada peringkat.

Praktik Terbaik untuk Menulis Judul

Jika Anda ingin menulis headlines yang menarik perhatian pengguna, meningkatkan traffic dan tingkat konversi maka ada kebiasaan tertentu yang akan membantu Anda untuk mengembangkannya. Praktik-praktik ini akan membutuhkan waktu untuk diaplikasikan tetapi jika sudah menjadi kebiasaan, hasilnya akan memuaskan.

Salah satu praktik yang harus Anda lakukan untuk menulis headlines yang lebih baik adalah membuatnya terhubung dengan audiens Anda secara emosional. Praktik lain yang harus Anda lakukan adalah melibatkan panjang judul. Anda harus menjaga header Anda kurang dari 54 karakter sehingga dapat disajikan secara penuh dan menghindari terpotong yang mana bisa membuat pengguna merasa enggan.

Anda juga harus mengadopsi pengujian A/B dari tajuk Anda sebelum Anda mempublikasikannya. Pengujian A/B membandingkan berbagai judul untuk melihat mana yang memiliki performa lebih baik pada parameter tertentu, seperti peringkat.

Selanjutnya, penggunaan kata-kata yang memiliki power tertentu di tajuk Anda akan meningkatkan kinerjanya. Istilah seperti ‘cepat’, ‘kesalahan’, ‘alasan’, ‘terbukti’, biasanya mendapatkan lebih banyak klik dari pengguna daripada istilah lainnya.

Seperti yang dinyatakan di atas, Anda juga harus mengadopsi penggunaan angka di header Anda. Mereka sangat efektif jika ditempatkan di depan judul.

Generator Judul Blog

Jika Anda merasa sulit untuk membuat judul blog, cukup gunakan generator judul blog. Cukup masukkan keyword target Anda dan Anda akan mendapatkan daftar hasil.

title-tags-seo-4

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Title Tags SEO: Panduan untuk 3x Klik Lebih Banyak
Artikel
Title Tags SEO: Panduan untuk 3x Klik Lebih Banyak
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Judul (headlines) adalah hasil dari penggunaan title tags. Ketahui detailnya yuk di Title Tags SEO: Panduan untuk 3x Klik Lebih Banyak
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo