panduan-authority-backlinks

Panduan Lengkap 8 Langkah untuk Mendapatkan Authority Backlinks

Sharing is caring!

Menurut Impact Bound, semua situs di internet yang tidak memiliki satupun backlink pada Desember 2019 mencapai 55,24%. Mudah-mudahan Anda tidak termasuk dalam angka 55,24% ini karena Anda akan kehilangan peluang besar untuk mendapatkan income besar. Oleh karena itu, mari kita pahami bersama Panduan Lengkap 8 Langkah untuk Mendapatkan Authority Backlinks

Backlink dapat membantu Anda untuk beberapa hal, yakni meningkatkan traffic web, menghasilkan prospek baru, dan menutup lebih banyak penjualan. Selain itu, backlink secara bertahap meningkatkan domain authority Anda, yang mana akan membuat posisi situs Anda di search engine lebih baik lagi. Dalam panduan ini, kami akan membahas strategi sederhana tentang cara mendapatkan backlink untuk marketing campaign Anda.

Apa Itu Backlinks?

Backlink pada dasarnya adalah hyperlink yang menghubungkan dua sumber daya web yang berbeda. Apa yang membuatnya menjadi “back” link  adalah tautan itu mengarah ke situs Anda, bukan datang dari situs Anda.

panduan-authority-backlinks-1

Sederhananya, Anda bisa berpikir seperti ini: Anda menjual sepatu lari dan baru-baru ini merilis brand baru. Selanjutnya, Anda memiliki kawan yang tidak menjual sepatu, melainkan menjual fitness trackers.

Saat mereka membuat blog tentang fitness trackers, dan menyebutkan sepatu lari, maka dia dapat memilih untuk menautkan e-store Anda sehingga mereka yang tertarik dengan sepatu lari pun dapat mengklik dan melihat opsi di situs Anda.

Ketika ini terjadi dalam pemasaran, dapat dikatakan bahwa Anda telah menerima backlink dari kawan Anda. Perlu disebutkan bahwa tidak semua backlink berfokus pada penjualan.

Mengapa Backlink Penting?

Pada tahun 2019, sebuah perusahaan hosting mendekati salah satu kawan mereka yang membantu klien untuk merancang dan menjalankan strategi membangun link. Klien sedang berjuang untuk membedakan dirinya karena daya saing industri hosting. Menjadi perusahaan kecil, tentunya mereka memiliki sumber daya pemasaran yang terbatas dan tidak ada waktu untuk menjalankan campaign secara sepenuhnya.

Setelah periode penelitian dan pemikiran out-of-the-box, penyedia link-building menemukan pasar yang belum dimanfaatkan untuk keyword tertentu. Jadi, mereka mulai dengan penelitian keyword, menulis artikel berkualitas tinggi yang dioptimalkan untuk SEO bagi klien, selanjutnya ditindaklanjuti dengan link building drive. Singkat cerita, artikel pertama yang mereka buat sekarang menjadi halaman ke-4 yang paling banyak dikunjungi di situs klien. Secara total, traffic situs melonjak 55,9% hanya dalam beberapa bulan.

Manfaat Menjalankan Sebuah Backlink Campaign

Seperti yang dapat Anda ketahui dari studi kasus di atas, tentu Anda mendapatkan keuntungan dari backlink, antara lain:

Membangun tautan meningkatkan peringkat organik

Jika Anda menelusuri istilah “backlink SEO” di Google misalnya, Anda akan menemukan bahwa tiga artikel/blog teratas semuanya memiliki ratusan backlink. Saat ini, hasil di posisi ke-2 memiliki lebih dari 8.000 backlink.

Alasannya sederhananya ialah karena backlink adalah salah satu sinyal peringkat paling terpercaya Google. Menurut search engine, halaman dengan banyak backlink adalah halaman dengan authority.

Backlink membantu pengindeksan lebih cepat

Salah satu cara search engine menemukan situs baru adalah dengan mengikuti backlink dari halaman web yang ada. Artinya, search engine akan lebih sulit menemukan situs Anda jika Anda tidak memiliki backlink. Hal ini sangat penting untuk situs baru. Jika Anda ingin search engine menemukan situs Anda lebih cepat dan mulai menampilkan konten Anda di halaman hasil maka Anda membutuhkan backlink.

Backlink menghasilkan traffic rujukan

Hal ini bisa dikatakan sebagai manfaat terbesar dari backlink: mereka dapat membantu Anda menghasilkan banyak traffic rujukan. Anda bisa memikirkan jumlah orang yang membaca artikel di situs Forbes misalnya.

Cara Mendapatkan Tautan Berkualitas

Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink untuk situs Anda. Berikut ini ada delapan strategi sederhana untuk Anda coba:

Tulis Guest Posts

Guest post adalah bagian dari konten yang Anda buat untuk dipublish di blog atau situs orang lain, dengan backlink ke situs Anda. Prosesnya sendiri dikenal sebagai guest posting. Anda harus terlibat dalam genuine guest posting, tanpa jalan pintas seperti otomatisasi. Pastikan juga untuk membuat guest post berkualitas tinggi dan jangan hanya melakukannya untuk mendapatkan backlink.

Lakukan Sebuah Interview

Pembaca menyukai wawancara karena wawancara itu otentik. Oleh karena itu, wawancara seringkali mendapatkan banyak views. Usahakan Anda selalu bersikeras agar backlink ke situs Anda disertakan dalam wawancara yang dipublikasikan.

Dapatkan Backlink dari Siaran Pers

Siaran pers bisa disebut sebagai tambang emas untuk traffic dan tentunya untuk backlink. Namun, seperti banyak taktik lain dalam daftar ini, ada banyak pemasar yang mengirimkan siaran pers saat ini sehingga Anda harus pintar.

Kami merekomendasikan ke Anda untuk memilih beberapa keyword yang kuat untuk meningkatkan kemungkinan rilis pers Anda ditemukan. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan blogger industri dan influencer untuk mendistribusikan rilis tersebut.

Belajar dari Backlink Pesaing Anda

Menganalisis profil backlink pesaing Anda akan membantu Anda untuk menilai persaingan, melihat apa yang berhasil di industri, dan mengidentifikasi strategi yang akan digunakan untuk backlink campaign Anda sendiri.

Anda ingin fokus pada jumlah backlink, situs authority yang ditautkan, dan situs yang mengarahkan traffic terbanyak. Selanjutnya simpanlah temuan Anda dan temukan beberapa ide.

Temukan Peluang Membangun Hidden Link

Dua opsi dengan pengembalian tinggi (high-return) di sini adalah memperbaiki tautan yang rusak dan menautkan sebutan yang tidak tertaut (linking unliked mentions).  Sementara itu, sebutan yang tidak ditautkan adalah kejadian ketika orang lain menyebut nama atau brand Anda tetapi tidak menyertakan tautan. Oleh karena itu, Anda dapat meminta mereka untuk menautkan ke situs Anda.

Memanfaatkan Platform Q&A yang Populer

Situs komunitas seperti Quora dan Reddit adalah platform yang sangat bagus untuk mendapatkan backlink.

panduan-authority-backlinks-2

Di Quora misalnya, dalam jawaban Anda, Anda diizinkan meninggalkan link ke sumber daya Anda, seperti situs atau aplikasi Anda. Hal yang sama berlaku untuk Reddit. Orang-orang yang menyukai jawaban Anda selanjutnya dapat mengklik link tersebut untuk mengunjungi situs Anda untuk informasi lebih lanjut.

Investasikan Dalam Pemasaran Media Sosial

Semua platform media sosial utama sekarang, memungkinkan pengguna untuk memposting link ke sumber daya mereka (blog, website, dan lain-lain). Bahkan Instagram yang awalnya membatasi outbound links saat ini mengizinkan satu link semacam itu di bio pengguna.

panduan-authority-backlinks-3

Gunakan kesempatan seperti  ini untuk meninggalkan link tidak hanya ke produk dan promosi Anda tetapi juga sumber daya berharga lainnya, seperti laporan industri dan panduan.

Buat Infografis

Infografis saat ini merupakan salah satu konten dengan performa terbaik. Sebagai permulaan, infografis memiliki peluang 30x lebih mungkin untuk dilihat dan dibaca sampai akhir dibandingkan dengan konten teks biasa.

Untuk mendapatkan backlink dari infografis Anda, berikan embed code yang dapat copy and paste oleh orang lain untuk menyematkan infografis di situs mereka sendiri. Sediakan juga tombol share yang terlihat mencolok dan mudah dilihat.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Panduan Lengkap 8 Langkah untuk Mendapatkan Authority Backlinks
Artikel
Panduan Lengkap 8 Langkah untuk Mendapatkan Authority Backlinks
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Situs yang tidak memiliki satupun backlink di Desember 2019 mencapai 55,24%. Yuk baca Panduan 8 Langkah untuk Mendapatkan Authority Backlinks
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo