perbedaan-berjualan

Perbedaan Berjualan di Website Sendiri dan Marketplace

Sharing is caring!

Anda berharap untuk menjual produk secara online atau mungkin Anda sudah melakukannya. Namun masalahnya “online” itu terlalu luas sehingga Anda perlu memutuskan di mana Anda ingin menjual produk Anda secara online. Ketahui lebih lanjut yuk di Perbedaan Berjualan di Website Sendiri dan Marketplace

Terlepas dari posisi Anda, Anda mungkin berjuang dengan menjual produk Anda di online marketplace atau menjual produk Anda di situs host Anda sendiri. Oleh karena itu, sebelum Anda membuat keputusan, penting untuk memahami kedua hal tersebut untuk membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat tentang apa yang terbaik untuk bisnis Anda.

Marketplace vs Website E-Commerce Sendiri

Marketplace didefinisikan sebagai situs e-commerce yang mana produk disediakan oleh sejumlah penjual pihak ketiga dan diproses oleh operator marketplace, contohnya Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. 

Online Marketplace di Seluruh Dunia

Situs Anda sendiri adalah platform yang dihosting sendiri, Anda sendiri yang membangun dan merancangnya, mengarahkan traffic, dan menangani semua penjualan serta memprosesnya sendiri.

Lebih Mudah Untuk Memulai di Marketplace

Hal terbaik tentang menjual di marketplace adalah Anda dapat melakukan penyiapan hampir pada hari yang sama. Misalnya, di Tokopedia, Anda bisa mulai membuat toko online Anda sendiri dengan mengisi form seperti gambar di bawah ini.

perbedaan-berjualan-1

Untuk mempermudah, Anda tidak perlu mendaftar menggunakan akun Google atau media sosial Anda. Anda dapat membuatnya setelah Anda login ke akun Tokopedia.

Sedangkan jika Anda ingin membuat toko online di Shopee, Anda klik menu Jual di sebelah pojok kiri atas dan akan terlihat formulir yang harus Anda isikan. 

perbedaan-berjualan-2
perbedaan-berjualan-3

Di Shopee, silakan daftarkan produk dan mulailah menjual produk hanya dalam 30 detik saja! Anda bisa menggunakan Shopee Seller Centre untuk mengorganisir produk, melacak pengiriman, mengatur pesanan, dan mengukur performa toko online. 

Sedangkan saat Anda ingin menjual produk Anda di situs Anda sendiri, Anda perlu melakukan hal-hal berikut:

  1. Pilih nama domain yang mewakili bisnis Anda dan belum pernah digunakan.
  2. Temukan platform yang cocok untuk dijual, baik itu Shopify, Magento, atau Woocommerce.
  3. Pilih, desain, dan sesuaikan tema untuk situs Anda.

Jadi, jika Anda ingin mulai menghasilkan keuntungan dengan cepat, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menawarkan produk Anda di online marketplace populer terlebih dahulu.

Sudah Ada Traffic di Marketplace

Salah satu perjuangan yang dihadapi banyak pemilik e-commerce ketika mereka meluncurkan situs mereka sendiri adalah mereka berjuang untuk menghasilkan traffic. Mereka telah menghabiskan banyak waktu untuk membangun situs yang luar biasa, memiliki beberapa produk yang sangat luar biasa yang menurut mereka akan disukai konsumen tapi masalahnya adalah tidak ada yang mengunjungi situs mereka.

Di sini opsinya adalah mengoptimasi situs dengan SEO (Search Engine Optimization) yang membantu untuk membuat konten agar mendorong situs Anda bisa tinggi di peringkat Google.

Opsi kedua adalah mengeluarkan uang untuk iklan berbayar (paid advertising) untuk secara langsung menargetkan calon pelanggan dengan penawaran Anda yang luar biasa. Untuk toko e-commerce baru, uang mungkin berjumlah terbatas dan ini mungkin bukan opsi yang langsung dapat dilaksanakan.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan sebanyak mungkin orang tertuju pada produk Anda dan saat ini tidak memiliki anggaran yang tersedia untuk SEO atau iklan berbayar, maka silahkan pertimbangkan untuk menjual produk Anda di Tokopedia, Bukalapak, Shopee atau marketplace lain di niche Anda.

Anda Tidak Harus Bersaing Langsung dengan Pesaing Anda di Situs Anda Sendiri

Salah satu masalah dengan penjualan di marketplace adalah saat pelanggan menelusuri produk tertentu yang mereka cari lalu mereka tidak hanya akan melihat produk Anda tetapi mereka juga akan melihat produk pesaing Anda.

perbedaan-berjualan-4

Di gambar tersebut, kita bisa melihat tiga pengisi daya iPhone dan semuanya dijual oleh penjual berbeda. Bagaimana cara pelanggan untuk memilih mana yang mereka inginkan? Biasanya, mereka akan mendasarkan keputusan mereka pada review dan harga.

Tetapi bagaimana jika produk Anda pada akhirnya lebih mahal dibandingkan dengan pesaing Anda, Anda mungkin akan dihargai di luar marketplace karena konsumen akan melihat produk yang lebih murah dengan review yang baik. Dengan kata lain, tidak akan memberi Anda kesempatan agar produk Anda dibeli oleh mereka meskipun memiliki kualitas yang lebih baik.

Anda Dapat Membuat Brand Entity yang Lebih Baik dengan Situs Anda Sendiri

Salah satu masalah dengan menjual hanya di marketplace muncul jika Anda berharap untuk mengubah produk Anda, yakni tidak hanya menjadi bisnis yang layak tetapi juga sebuah brand. Orang mungkin tidak pernah benar-benar menyadari Anda memang ada jika semua yang Anda lakukan adalah menjual di marketplace.

Meskipun menyiapkan diri dan produk Anda sendiri di Shopee misalnya, memang cepat dan mudah tapi memposisikan diri Anda sebagai brand jauh lebih sulit. Mari kita lihat bersama gambar cincin di bawah ini sebagai contoh. Tentu saja, Anda akan melihat review, harga, dan fotonya.

perbedaan-berjualan-5

Anda mungkin tidak akan melihat siapa orang yang menjualnya. Perhatian utama Anda adalah apakah Anda menyukai cincin yang dimaksud di gambar tersebut. Jauh lebih sulit untuk memposisikan diri Anda sebagai brand jika Anda hanya menjual di online marketplace dibandingkan jika Anda memiliki situs sendiri.

Penargetan Ulang Pelanggan Jauh Lebih Efisien Dalam Situs Anda Sendiri

Sesuatu yang harus Anda ingat adalah tidak semua pelanggan siap untuk langsung membeli. Hal ini berarti, mereka mau mengunjungi daftar produk Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada atau situs Anda sendiri, tapi mereka mungkin belum siap untuk langsung membeli.

Namun, satu manfaat tambahan dari menjual produk Anda di toko Anda sendiri adalah kemampuan untuk menargetkan ulang pelanggan Anda.

Hal tersebut bekerja dengan menggunakan cookies untuk melacak apa yang telah dilihat pelanggan. Selanjutnya, ketika pelanggan berada di tempat lain di web, mengirimi pelanggan super personalized ads untuk mengingatkan mereka tentang apa yang telah mereka jelajahi. Hal ini cukup sering untuk menghasilkan penjualan. Namun, proses ini jauh lebih sulit saat Anda menjual produk di marketplace.

Saat membuat keputusan mau berjualan di website sendiri atau di marketplace, silahkan pikirkan baik-baik tentang jenis bisnis yang ingin Anda ciptakan, seberapa cepat Anda ingin menghasilkan pendapatan, dan bagaimana merencanakan untuk membedakan diri Anda di benak para pelanggan.

Jetorbit sendiri memiliki layanan Paket Website Toko Online agar Anda bisa menjual apa saja dengan toko online milik Anda sendiri. Anda tinggal memilih paket yang sesuai kebutuhan Anda. Apalagi Jetorbit menawarkan banyak kemudahan di fitur toko onlinenya yang tentunya akan memudahkan pelanggan Anda dalam mengakses toko online Anda.  

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2020 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Perbedaan Berjualan di Website Sendiri dan Marketplace
Artikel
Perbedaan Berjualan di Website Sendiri dan Marketplace
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Anda berharap menjual produk secara online atau Anda sudah melakukannya. Yuk baca Perbedaan Berjualan di Website Sendiri dan Marketplace
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo