keuntungan-toko-online

Pencarian cepat di internet tentang produk atau layanan menunjukkan bahwa mungkin ada beberapa bisnis yang bersaing untuk menjual produk atau layanan tersebut kepada Anda. Saat bisnis Anda siap untuk diluncurkan secara online, Anda pun akan menikmati beberapa keuntungan. Ketahui lebih detail yuk di Keuntungan Memiliki Toko Online

Keuntungan Memiliki Toko Online

Apabila Anda berkeinginan untuk membuat toko online, ada baiknya mengetahui beberapa keuntungan dari toko online:

Dapat Mengumpulkan Pelanggan Secara Lebih Besar

Salah satu keuntungan dari toko online adalah Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dibandingkan dengan yang dapat Anda lakukan jika membuka physical store.

Meskipun Anda pasti dapat terus memasarkan ke klien lokal Anda, secara online Anda pun memiliki opsi untuk melayani penggemar atas produk atau layanan Anda yang jaraknya sangat jauh bahkan dalam jangkauan benua. 

Pasokan Sesuai Permintaan

Jika di toko fisik pelanggan berharap meninggalkan toko dengan produk yang baru saja mereka beli namun di toko online justru diharapkan ada masa untuk menunggu. Hal tersebut menyebabkan Anda tidak perlu mengambil resiko untuk membeli item produk dalam jumlah sangat banyak semisal Anda khawatir jika ada kesibukan sebelum akhir pekan di toko fisik.

Program software dapat mengingatkan Anda tentang item yang hampir habis atau apakah Anda mengalami peningkatan permintaan untuk barang tertentu. Baik Anda membuat sendiri terkait item yang Anda jual di situs atau membeli dari vendor lain, Anda dapat memenuhi permintaan karena Anda akan tahu persis terkait permintaan.

Dapat Menjangkau Tempat-Tempat yang Tidak Dapat Dijangkau Physical Store

Hampir semua tempat bisa dijadikan sebagai physical store saat ini namun masing-masing tempat itu dilengkapi dengan biaya terkait, seperti sewa, asuransi, keamanan, dan dekorasi. Toko online mungkin memiliki biaya terkait sendiri, seperti biaya hosting dan domain, desain grafis, dan apakah Anda mempekerjakan orang untuk membuat foto Anda atau menyalin serta mendesain. Poin utamanya adalah Anda dapat menjangkau tempat-tempat yang tidak dijangkau dengan physical store.

Terbuka dan Tersedia (Open and Available)

Apabila toko Anda adalah toko swalayan atau toko barang dagangan massal ritel besar-besaran, pastinya mengharuskan untuk menutup toko jika sudah malam atau hari libur tertentu. Namun pemilik toko yang beroperasi sepenuhnya secara online akan bebas dari kendala semacam ini.

Calon pelanggan dapat berbelanja dengan pakaian piyama mereka bahkan sambil menonton televisi. Pemilik toko online tidak perlu khawatir terkait uang lembur atau tagihan listrik sepanjang waktu tetapi tetap menikmati fakta bahwa pintu toko mereka tidak pernah tutup.

Mengumpulkan Data Pelanggan

Saat pelanggan melihat produk Anda di marketplace platform lalu pergi begitu saja tanpa membeli apapun, Anda dapat menganggapnya hilang. Namun, jika mereka mengunjungi toko online Anda, sebenarnya Anda memiliki kesempatan untuk meminta alamat email mereka. Alamat email mereka akan menjadi hal penting untuk membangun daftar email Anda.

Saat pengunjung tiba di situs ecommerce Anda, Anda juga memiliki kesempatan untuk menjangkau mereka kembali di platform media sosial dan Google menggunakan metode pemasaran yang dikenal sebagai penargetan ulang (retargeting).

Penargetan ulang (retargeting) adalah strategi pemasaran yang memungkinkan Anda untuk membuat iklan yang dibuat khusus untuk orang yang pernah mengunjungi situs Anda sebelumnya. Individu yang Anda jangkau melalui model periklanan ini memiliki peluang sangat tinggi untuk melakukan pembelian.

Membangun Brand Anda

Membuat toko online Anda berbeda dari yang lain, akan memberi Anda kekuatan untuk mengontrol tampilan toko serta bagaimana pelanggan bisa merasakan pengalaman dari toko online Anda. Desain itu memang penting. Cara Anda menyajikan produk akan membentuk pengalaman pelanggan dan memungkinkan Anda untuk membangun kepercayaan. Semakin pelanggan mempercayai Anda maka semakin tinggi peluang mereka untuk melakukan pembelian dan kembali lagi lain waktu.

Menghindari Perang Harga

Satu-satunya cara agar pengecer dapat bersaing adalah dengan memotong harga. Tidaklah cukup jika Anda sudah memiliki terlalu banyak pesaing lalu Anda terpaksa menjual dengan margin yang dangkal. Dengan menjadi unik maka Anda sendiri telah membedakan diri Anda dengan yang lain. Pelanggan tidak lagi melihat biaya itu sendiri dan jika mereka cukup mempercayai Anda, Anda tidak perlu khawatir terkait harga sama sekali.

Mendapatkan Pembelian Berulang (Repeat Purchases)

80% pelanggan Anda hanya berkontribusi pada 20% dari pendapatan Anda. Sisanya (pelanggan setia) berkontribusi pada bagian terbesar dari pendapatan Anda (80%). Kebutuhan untuk memiliki pelanggan tetap terlihat jelas. Untuk membangun pelanggan yang setia, Anda membutuhkan database klien, yakni sesuatu yang hanya bisa Anda dapatkan dengan memiliki toko sendiri. Toko online memiliki alat email marketing yang dapat Anda gunakan untuk memikat kembali si pelanggan.

Jetorbit sendiri memiliki layanan Paket Website Toko Online agar Anda bisa menjual apa saja dengan toko online milik Anda sendiri. Membuat toko online makin mudah saat ini. Anda tinggal memilih paket yang sesuai kebutuhan Anda. Apalagi Jetorbit menawarkan banyak kemudahan di fitur toko onlinenya, antara lain mudah dalam mengelola penjualan, kemudahan dalam pembayaran, bebas melakukan kustomisasi, bisa membuat diskon sesuka hati, dan masih banyak kemudahan lainnya.  

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment