memilih-hosting-murah

8 Tips Memilih Hosting Murah

Sharing is caring!

Dalam memilih hosting untuk situs, Anda perlu mengevaluasi beberapa aspek mendasar. Aturan ini benar jika Anda telah menetapkan anggaran yang tidak terlalu tinggi untuk pembelian Anda. Mari kita analisis elemen-elemen yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih hosting yang murah tetapi pada saat yang sama hosting tersebut dapat diandalkan dengan membaca 8 Tips Memilih Hosting Murah 

Perlu diingat bahwa biasanya hosting dengan biaya rendah atau yang termurah, semuanya adalah shared hosting, yaitu banyak situs berbagi sumber daya yang sama dari satu server. Oleh karena itu, jika tiba-tiba sebuah situs membuat server crash maka situs Anda juga akan crash sampai dukungan dipulihkan.

8 Tips Memilih Hosting Murah

Pertimbangan Hardware Secara Umum

Komponen web hosting yang handal tentu saja diwakili oleh perangkat kerasnya. Ini adalah fitur infrastruktur yang membuat perbedaan terkait cara kerja situs Anda. Yang perlu Anda pahami adalah jenis hardware yang dimiliki oleh perusahaan yang Anda targetkan.

Secara khusus, prosesor mana yang dipasang oleh server web penyedia hosting dan apakah disk-nya solid-state (lebih cepat dan lebih berkinerja) atau mekanis. Sebaiknya periksa juga apakah hard drive ada dalam RAID dan apakah setiap komponen server adalah generasi terbaru.

Besarnya Bandwidth

Anda tidak boleh lengah dalam mempertimbangkan sejauh mana bandwidth saat membeli hosting yang murah. Jangan berpikir bahwa hanya karena layanan hosting lebih murah maka tidak harus berkualitas dari sudut pandang yang satu ini. Memang, setiap web hosting yang mahal atau murah harus dilengkapi dengan bandwidth yang sangat besar. Hal ini karena semakin lebar amplitudo, semakin rendah risiko situs harus menghadapi apa yang disebut dengan bottleneck, yaitu fenomena yang terjadi ketika arus traffic tidak dapat dikelola oleh jaringan.

Redundansi, Infrastruktur, dan Keamanan

Redundansi, infrastruktur, dan keamanan merupakan tiga landasan web hosting yang layak untuk dipilih. Sebaiknya layanan berbiaya rendah yang Anda andalkan tidak memiliki infrastruktur yang bergantung pada server independen.

Faktanya, terdapat risiko bahwa layanan tersebut menawarkan standar kehandalan yang lebih rendah dan tingkat keamanan yang lebih rendah daripada yang Anda alami jika layanan disediakan di cloud. Akibatnya adalah Anda juga harus memperhitungkan variabel penentu lainnya.

Hal ini termasuk kedekatan ke network hub terpenting serta firewall, keberadaan kontrol intrusi, dan sistem replikasi data. Itu adalah elemen yang berhasil menciptakan margin yang lebih besar atas keselamatan sehingga membuat perbedaan dibandingkan dengan layanan serupa lainnya.

Data Traffic

Traffic data adalah parameter fundamental lain untuk memeriksa apakah hosting yang akan Anda beli adalah yang berbiaya rendah (low-cost). Lebih khusus lagi, Anda harus memeriksa apakah ada batasan jumlah data yang dapat dibuat oleh situs dalam jangka waktu tertentu. Jika hosting yang dipilih memberlakukan batasan seperti itu maka jika melebihi batasan itu berarti penonaktifan atau dalam hal apapun terkait suatu permintaan bisa dikenakan biaya tambahan.

Webspace yang Tersedia

Jangan lupa bahwa hosting harus menjamin domain transfer Anda atau pendaftaran. Dikarenakan ini adalah layanan berbiaya rendah maka kemungkinan fitur tambahan ini tidak ada. Maka setelah ini selesai, Anda harus memikirkan jumlah space yang dapat Anda miliki untuk file Anda.

Jika Anda mengabaikan poin ini, bisa saja suatu hari nanti Anda tiba-tiba menemukan fakta bahwa tidak ada ruang yang tersedia. Tentunya hal tersebut menyebabkan Anda untuk melakukan upgrade dan tindakan tersebut akan membutuhkan biaya tambahan. Anda tidak boleh menggunakan kurang dari 1 Giga space meskipun setiap case harus diperiksa sendiri.

Layanan Email

Biasanya, layanan hosting tentunya akan menyediakan atau membuat satu atau lebih kotak email (email boxes) yang memang tersedia untuk pelanggan. Dikarenakan ini adalah layanan ekonomis maka disarankan Anda untuk menanyakan perihal ini kepada penyedia hosting terkait kapasitas secara keseluruhan. Dengan kata lain adalah Anda harus menanyakan ke mereka terkait kotak email. Selain itu, selalu lebih baik untuk memeriksa apakah layanan dasar, seperti spam dan filter antivirus juga ditawarkan.

Hosting yang Menyediakan CMS Seperti WordPress atau Joomla

Poin yang mendukung layanan hosting berbiaya murah adalah kemungkinan Anda diminta menginstal sendiri CMS yang paling sering digunakan dan terkenal, seperti WordPress dan Joomla. Oleh karena itu, tips satu ini merupakan solusi yang sangat baik terutama bagi mereka yang baru memulai blog dan tidak tahu cara menggunakan FTP untuk mentransfer data atau cara membuat database.

 Layanan Bantuan

Jangan mengabaikan aspek fundamental yang satu ini karena seringkali berguna dalam penggunaan situs Anda. Bagaimanapun kelebihan dan kekurangan suatu hosting, Anda tidak boleh memilih layanan yang tidak menjamin customer support.

Ketika Anda membeli hosting bahkan jika Anda mengeluarkan biaya yang sedikit, cari tahu apakah ada nomor untuk dihubungi atau channel komunikasi yang memungkinkan Anda untuk segera menghubungi seseorang untuk menyelesaikan masalah.

Tentu saja, dengan mengingat biaya yang murah, Anda mungkin tidak memiliki tingkat klaim tertentu untuk web hosting. Setidaknya disarankan agar Anda bisa memastikan tetap mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan jawaban atas suatu permasalahan dalam waktu singkat.

Jetorbit menyediakan layanan Web Hosting Murah Gratis Domain! Di layanan tersebut terdapat dua server, yakni Indonesia dan US. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda. Web hosting murah Indonesia dan US untuk memudahkan Anda dalam memilih lokasi yang disesuaikan dengan target visitor website Anda. Dengan layanan dari Jetorbit, Anda mendapatkan hosting gratis domain .com untuk kemudahan website Anda!

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
8 Tips Memilih Hosting Murah
Artikel
8 Tips Memilih Hosting Murah
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Mari kita analisis elemen-elemen yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih hosting dengan membaca 8 Tips Memilih Hosting Murah di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo