linux-vs-windows

Pernahkah Anda mencari tahu perbedaan antara Linux dengan Windows? Atau, sudahkah Anda merasakan perbedaan sistem operasi computer antara Linux dengan Windows? Nah, kesempatan kali ini, kami ingin menyampaikan terkait Perbedaan Antara Linux vs Windows

Windows adalah rangkaian sistem operasi, sistem operasi komputer (OS) yang dikembangkan oleh Microsoft untuk desktop atau perangkat pribadi atau komputer (PC). Setiap sistem operasi dilengkapi dengan interface pengguna grafis atau graphical user interface (GUI) dengan desktop yang memungkinkan pengguna untuk melihat semua file, video, dan lain-lain.

linux-vs-windows-1

Linux adalah sistem operasi open source berbasis UNIX dan dibuat pada tahun 1991. Linux adalah software yang berada di bawah semua software lain di komputer. Pengguna dapat mengubah kode yang ada dan membuat distribusi darinya karena ini merupakan sistem operasi open source. Linux sendiri banyak digunakan sebagai server.

linux-vs-windows-2

Apa Itu Sistem Operasi Windows?

Versi pertama OS Windows dirilis pada tahun 1985 yang merupakan GUI (graphical user interface) sederhana, perpanjangan dari sistem operasi disk yang ada (MS-DOS), dan rilis utamanya adalah rilis konsumen tahun 1995 yang telah mengintegrasikan windows dan DOS dengan built-in dukungan internet. Sebagian besar PC saat ini hanya berjalan di sistem operasi Windows. Versi OS Windows terbaru adalah Windows 10 yang saat ini sedang merajai pasar.

Apa Itu Sistem Operasi Linux?

Linux adalah sistem operasi open source berdasarkan UNIX dan dibuat pada tahun 1991. Sistem operasi Linux juga dilengkapi dengan interface pengguna grafis atau graphical user interface (GUI) dengan beberapa software yang diperlukan yang digunakan setiap hari. Ini juga digunakan di komputer desktop, perangkat seluler, konsol game, perangkat penyimpanan digital, pembaca e-book, kamera, serta perekam video yang menjalankan Linux.

Tabel Perbandingan Linux dan Windows

Di bawah ini merupakan perbandingan rinci Linux dan Windows.

Dasar untuk PerbandinganLinuxWindows
AksesPengguna memiliki akses ke kode sumber kernel dan mengubah kode sesuai dengan kebutuhan. Hal ini memiliki kelebihan sendiri, seperti bug di OS akan diperbaiki dengan cepat dan kerugian seperti pengembang dapat memanfaatkan kelemahan apapun di OS jika mereka menemukannya.Setiap pengguna tidak akan memiliki akses ke kode sumber, hanya anggota grup yang dipilih yang akan memiliki akses ke sana.
Flavours atau VarietyLinux memiliki berbagai distribusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.Windows memiliki sangat sedikit opsi penyesuaian yang tersedia.
LisensiDi Linux dengan GPL, sistem operasi berlisensi, pengguna bebas untuk memodifikasi software, dapat menggunakan kembali di sejumlah system bahkan mereka dapat menjual versi yang dimodifikasi.Di windows, dengan lisensi Microsoft, pengguna tidak akan memiliki akses ke kode sumber (tidak dapat memodifikasi software) dan berdasarkan pada sejumlah lisensi
Command lineDi Linux, command line adalah alat yang sangat berguna untuk administrasi dan tugas sehari-hari tetapi untuk end users, tidak ada bedanya.Di windows, memiliki command line tetapi tidak dapat digunakan sebagai command line Linux. Kita harus menjalankan dan memasukkan cmd maka command line akan terbuka.
Run levelLinux memiliki kemampuan bawaan untuk berhenti pada run level yang berbeda. Oleh karena itu, kita dapat bekerja menggunakan command line dan GUI jika ada yang memiliki masalah.Di windows, jika kita menemukan masalah untuk diperbaiki, kita perlu reboot pada run level 3 sebagai administrator atau root untuk menemukan dan memperbaiki masalah.
KegunaanLinux rumit untuk diinstal tetapi memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas kompleks dengan lebih mudah.Windows memberi pengguna sebuah sistem yang sederhana untuk dioperasikan tetapi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menginstal.
DukunganLinux memiliki dukungan melalui komunitas besar forum pengguna atau situs dan pencarian online.Windows memiliki dukungan yang mudah diakses, forum atau situs online, dan juga memiliki dukungan berbayar.
UpdatesPengguna memiliki kendali penuh atas updates, kita dapat menginstal kapan pun kita butuhkan dan itu akan membutuhkan waktu lebih sedikit tanpa reboot.Updates akan datang pada waktu yang tidak tepat, seperti Anda akan mencetak melalui printer tetapi tiba-tiba update akan datang, yang membuat pengguna kecewa dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menginstal.
KeamananLinux lebih aman daripada windows yang mana hackers atau pengembang virus akan kesulitan untuk membobol Linux.Windows merupakan target utama pengembang virus dan malware serta paling rentan tanpa software anti-virus.

Itulah gambaran umum tentang Linux vs Windows. Kami harap Anda akan tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang internal sistem operasi ini setelah membaca artikel perbedaan antara Linux dan Windows ini.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4.4 / 5. Jumlah rate 7

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment