Bagian-Bagian Berbeda dari CPU dan Fungsinya

Bagian-Bagian Berbeda dari CPU dan Fungsinya

Sharing is caring!

Central Processing Unit (CPU) menangani semua instruksi dari software dan hardware komputer. Pentingnya komponen ini sangat terasa jika menyangkut tugas yang ingin Anda lakukan. Yuk baca Bagian-Bagian Berbeda dari CPU dan Fungsinya

Ini juga disebut sebagai prosesor, prosesor pusat, atau mikroprosesor. Dengan setiap rilis CPU baru, laptop menjadi lebih cepat, lebih bertenaga, dan lebih efisien. Intinya, semakin cepat CPU maka semakin cepat laptop Anda.

Apa Itu CPU?

Istilah “CPU” dan “prosesor” sering digunakan secara bergantian. Meskipun hal ini benar secara teknis, laptop sendiri terdiri dari banyak prosesor. Meskipun sering disebut sebagai “otak komputer” namun sebenarnya lebih seperti hati karena penting untuk kinerja sistem laptop.

Sebenarnya, software merupakan otak dari sebuah komputer karena tanpa software maka laptop akan memiliki semua kegunaan kalkulator yang sangat efisien.

Seperti Apa Tampilan CPU?

Pada dasarnya merupakan sebuah chip silikon dalam bentuk persegi atau persegi panjang dengan jutaan transistor mikroskopis. Di bagian bawah dan belakang terdapat ratusan pin konektor logam berbentuk bulat dan pendek.

Di Mana Dapat Menemukan CPU?

Pin konektor CPU dicolokkan ke lubang yang sesuai di socket yang terdapat di motherboard laptop. Sudut berlekuk pada CPU membantu Anda untuk memandu (pin-side-down) dengan benar ke socket kompatibel yang terletak di motherboard sedangkan tuas kecil menahan CPU di tempatnya.

CPU Menjadi Panas

Setelah berjalan bahkan untuk beberapa saat CPU akan menghasilkan panas. Heat sink dan kipas pendingin biasanya dipasang di atas CPU agar tetap dingin dan bekerja dengan lancar. Beberapa laptop dilengkapi dengan komponen pendingin untuk RAM, GPU, dan CPU. Sistem pendingin tingkat lanjut meliputi kit pendingin air (water cooling kits) yang akan Anda temukan di game dan workstation level laptop.

Komponen Internal dari CPU

Tiga bagian utama dari sebuah CPU adalah ALU, CU, dan memory unit. Sejak tahun 1970-an, komponen ini menjadi begitu terintegrasi ke dalam keseluruhan desain CPU sehingga sulit untuk mengenalinya dari luar.

1.  Unit logika aritmatika atau arithmetic logic unit (ALU) melakukan matematika, logika, dan operasi keputusan. Ini dapat dibagi menjadi unit aritmatika (bertanggung jawab untuk penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) dan unit logika (bertanggung jawab untuk membandingkan, memilih, mencocokkan, dan menggabungkan data yang berbeda atau informasi). Daya dan efisiensi CPU bergantung pada desain ALU.

2.  Selanjutnya adalah unit kontrol atau control unit (CU) yang mengarahkan semua operasi prosesor. Di sinilah CPU membaca dan menafsirkan permintaan dari memori dan mengubahnya menjadi serangkaian sinyal (binary). Selanjutnya mengirimkan operasi ke berbagai bagian laptop seperti yang diinstruksikan. CU memanggil ALU untuk melakukan kalkulasi yang diperlukan. Proses ini juga mengoordinasikan semua perangkat input atau output untuk mentransfer atau menerima instruksi.

3.  Tugas utama memory unit adalah menyimpan data atau instruksi dan hasil antara (intermediate results). Ini dibagi menjadi memori primer (primary memory) dan memori sekunder (secondary memory) untuk memasok data ke unit lain dari CPU. Ini memungkinkan CPU untuk melakukan fungsi yang diminta oleh program seperti sistem operasi tanpa harus meminta RAM.

Elemen lain dari CPU yang tidak digambarkan dalam diagram adalah transistor. Untuk melakukan perhitungan, informasi biner (satu dan nol) disimpan dalam sakelar mikroskopis (microscopic switches) ini. Mereka mengontrol aliran listrik bergantung pada apakah sakelar ON atau OFF. Sinyal turn off dan kombinasi berbeda dari transistor untuk melakukan perhitungan. Chip silikon yang sangat tipis dapat memuat beberapa ratus juta transistor.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3.7 / 5. Jumlah rate 6

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Bagian-Bagian Berbeda dari CPU dan Fungsinya
Artikel
Bagian-Bagian Berbeda dari CPU dan Fungsinya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Central Processing Unit menangani semua instruksi dari software dan hardware komputer. Yuk baca Bagian-Bagian Berbeda dari CPU dan Fungsinya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like