Apa Perbedaan antara GCloud, AWS, dan cPanel Hosting?

Apa Perbedaan antara GCloud, AWS, dan cPanel Hosting?

Sharing is caring!

Selama dekade terakhir, Cloud Computing menjadi lebih hemat biaya, aman, dan handal. Ketika kita memikirkan penyedia Cloud Computing, kita biasanya berbicara tentang tiga raksasa industri, yakni Azure, Google Cloud, dan AWS. Okay, kali ini kami akan menyampaikan perbandingan antara GCloud, AWS, dan cPanel Hosting. Makanya, simak sampai tuntas ya Apa Perbedaan antara GCloud, AWS, dan cPanel Hosting?

GCloud atau yang lebih dikenal dengan GCP (Google Cloud Platform) adalah sebuah Cloud Computing Service Provider yang memiliki bidang yang sama seperti AWS (Amazon Web Service). Begitu juga dengan Microsoft Azure, ketiga provider tersebut termasuk dalam Cloud Computing Service Provider.

Sedangkan cPanel adalah sebuah platform untuk melakukan administrasi dasar dari sebuah server. Platform cPanel harus di-install terlebih dahulu di sebuah server. cPanel merupakan produk dari cPanel INC, yakni perusahaan penyedia layanan control panel yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Singkatnya, GCloud (GCP) dan AWS adalah penyedia jasa persewaan server, sedangkan cPanel adalah aplikasi yang mengatur cara deployment dasar di sebuah server.

Google Cloud dan AWS merupakan layanan penyedia server shared nontradisional. Namun, pembeda layanan Google Cloud, AWS, dan shared hosting tradisional, kalian bisa menyewa bagian tertentu saja dari sebuah proses server, semisal database server, transcoding server.

Pada layanan Google atau AWS, tagihan dihitung berdasarkan resource yang digunakan, jika skala kalian kecil maka akan terlihat murah dan mudah dalam proses deployment. Namun, jika kalian memperhatikan detail maka akan jauh lebih mahal menggunakan Google atau AWS dibanding dengan tradisional hosting.

Nah, membandingkan cPanel dengan GCloud atau AWS itu menurut kami tidak apple to apple ya karena cPanel itu adalah sebuah software, sedangkan GCloud dan AWS adalah penyedia jasa.

Jadi, menurut kami yang lebih mirip bukan cPanel tetapi penyedia jasa cPanel hosting seperti Jetorbit, Niagahoster, dan sebagainya.

gcloud aws dan cpanel hosting

Penyedia jasa (service provider) bisa dikelompokkan, seperti IaaS, PaaS, maupun SaaS. GCloud dan AWS menyediakan semua service di atas. 

IaaS (Infrastructure as a Service) merupakan jasa penyediaan infrastruktur, yang disediakan mulai dari mesin (biasanya virtual), networking, dan hardware lainnya. Di AWS ini seperti produk Elastic Compute Cloud (EC2), yang mana kalian “menyewa” sebuah komputer di cloud yang bisa kalian gunakan

Kami mengkategorikan cPanel sebagai PaaS (Platform as a Service), yang mana sudah ada sebuah platform yang memiliki komponen-komponen yang bisa langsung dipakai untuk membuat sebuah aplikasi cloud.

Di cPanel, komponen-komponen ini, seperti Apache dan PHP, database, DNS resolver, FTP, dan lain-lain. Kalian biasanya tidak perlu tahu apa yang terjadi di mesin yang menghosting cPanel tersebut.

Sedangkan di AWS ada beberapa PaaS yang disediakan, seperti elastic beanstalk, AWS Lambda, dan lain-lain.

Pada kategori SaaS, merupakan software yang disediakan oleh si penyedia jasa, contohnya seperti GSheet, AWS Quicksight, AWS Athena. Apabila membicarakan cPanel, mungkin lebih ke WordPress atau Joomla ya, situs yang menyediakan hostingan WordPress, kalian tidak perlu mengatur kodingan WordPress, databasenya, dan lain-lain. Tinggal langsung pakai. Enak, kan?

Kalian juga tentunya bisa memilih berbagai paket WordPress Hosting terbaik yang disediakan oleh Jetorbit. Lebih cepat menggunakan WordPress Hosting untuk keperluan website berita, portal, toko online, dan blogging berbasis WordPress

Oia, selain itu kami juga menyediakan VPS loh dan bisa kalian cek di sini.

Yuk segera berkunjung ke Jetorbit!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Perbedaan antara GCloud, AWS, dan cPanel Hosting?
Artikel
Apa Perbedaan antara GCloud, AWS, dan cPanel Hosting?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kami akan menyampaikan perbandingan antara GCloud, AWS, dan cPanel Hosting. Baca yuk Apa Perbedaan antara GCloud, AWS, dan cPanel Hosting?
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like