Pengertian Topologi Bus, Kelebihan, dan Contoh Gambarnya

Topologi bus adalah topologi yang menempatkan semua komputer dalam jaringan yang terhubung pada sebuah bus atau backbone (berupa kabel). Bentar deh, masih ada yang belum paham, kah? Tenang, agar lebih memahami, langsung simak penjelasannya yuk tentang Pengertian Topologi Bus, Kelebihan, dan Contoh Gambarnya

Pengertian Topologi Bus 

Topologi bus adalah metode untuk menghubungkan dua atau lebih komputer secara serial. Jaringan ini dipasang menggunakan kabel utama yang saling disambungkan agar transfer data menjadi lebih sederhana dan mudah dilakukan. 

Setiap komputer dalam topologi bus terhubung dengan server yang akan mengirimkan informasi ke komputer lainnya. Artinya, topologi bus menggunakan satu jalur utama yang selanjutnya akan dibagi sesuai jumlah percabangan perangkat yang ada. 

Biasanya sih, topologi bus digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang butuh konektivitas tinggi serta kinerja optimal. Topologi ini dapat memenuhi kebutuhan pembagian data hingga optimalisasi jaringan antarkaryawan.

Kelebihan Topologi Bus 

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan sistem koneksi antarkomputer satu ini, yakni sebagai berikut: 

  1. Optimal 

Topologi bus tak hanya dapat menghubungan satu atau dua komputer saja. Kalian juga dapat menghubungkan sejumlah komputer secara mudah dengan sistem ini, loh. Perusahaan butuh banyak perangkat untuk mengakses satu informasi secara bersamaan jika tanpa topologi bus. Karyawan dapat mengakses satu informasi terpusat secara bersamaan dengan kinerja jaringan yang lebih optimal dengan bantuan topologi tersebut.  

  1. Sederhana 

FYI, topologi bus memiliki skema jaringan yang lebih sederhana. Hal ini dapat meminimalisasi kesalahan koneksi sehingga memudahkan pemahaman sistem koneksi. Nah, pada saat bersamaan, hal ini turut memudahkan pekerja jaringan dalam menghubungkan komputer satu dengan yang lain.  

  1. Efisien dan Ekonomis 

Secara biaya, topologi bus terbukti lebih hemat dari sisi tenaga pemasangan, loh. Makanya tidak salah jika topologi ini menjadi satu sistem yang dinilai efisien dan ekonomis.  Poin unggul inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa topologi bus disukai dan digunakan oleh banyak perusahaan besar. Proses penghubungan antara konektor dan kabel ke tiap jaringan komputer juga lebih cepat.  

  1. Mudah Dikembangkan 

Konsep desain topologi bus yang sederhana tidak akan mengganggu perangkat yang dihubungkan, kok. Jadi, sewaktu-waktu dibutuhkan tambahan perangkat, cukup tambahkan saja koneksi jaringan pada perangkat yang ingin ditambahkan atau melakukan perubahan skema. 

  1. Minim Gangguan Terhadap Perangkat Lain 

Kalian sudah tahukah bahwa tidak ada jaringan komputer yang bebas dari risiko kerusakan, termasuk topologi jaringan satu ini. Hanya saja, jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer, topologi bus dapat menjamin perangkat lain tidak akan terpengaruh. Wow, keren kan?  

Kekurangan Topologi Bus  

Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki oleh topologi bus: 

  1. Pelemahan Jaringan 

Memang benar sih topologi bus dapat digunakan di banyak perangkat untuk memperluas jaringan baru. Namun, kelebihan ini ternyata juga menjadi potensi kelemahan jaringan, loh. Apalagi, jika kalian mengalami kesulitan mendeteksi kesalahan. Makanya, harus pertimbangkan kembali kemampuan jaringan dan troubleshooting kalian sendiri sebelum memutuskan menambah jumlah perangkat yang akan dihubungkan. 

  1. Sulit Menemukan Lokasi Masalah Secara Rinci 

Sudah tahukah kalian bahwa akan cukup sulit untuk melacak lokasi masalah secara rinci jika terjadi kerusakan saat melakukan akses? Tentu hal ini sangat menyulitkan pengguna atau pekerja jaringan. 

  1. Kerusakan Jaringan Utama Mempengaruhi Lainnya 

Anyway, jaringan utama pada topologi bus harus bebas dari aktivitas lain. Sebab, jika jaringan utama mengalami masalah, semua jaringan yang menghubungkan dengan komputer lain otomatis akan mengalami kerusakan. 

  1. Membutuhkan Perangkat Tambahan 

Pada dasarnya, pelemahan jaringan yang muncul karena banyaknya perangkat dapat diatasi dengan menambah perangkat pendukung, seperti repeater. Namun hal ini juga dapat dicatat sebagai kelemahan tersendiri dari topologi bus. Hal ini karena kalian harus mengeluarkan biaya dan tenaga tambahan untuk memasang repeater guna menjaga kualitas jaringan.  

Contoh Gambar Topologi Bus 

FYI, analogi paling menyenangkan untuk melihat bentuk dari topologi bus adalah membayangkan denah kursi memanjang di dalam bus kota. Di bawah ini contohnya: 

pengertian topologi bus

Gambar topologi bus di atas terlihat lebih sederhana jika dibandingkan dengan jenis topologi jaringan lainnya. Mengingat, letak komputer yang disusun memanjang mengikuti kabel backbone utama. 

Topologi bus umumnya dilakukan pada instalasi jaringan kabel coaxial pada sepanjang node client dan konektor. Jenis konektor yang dipakai antara lain Terminator, TBNC, dan BNC. 

Simpulan

Jadi, bisa disimpulkan bahwa topologi bus adalah metode untuk menghubungkan dua atau lebih komputer secara serial. Jenis topologi ini juga dinilai menghasilkan kinerja jaringan yang optimal, memiliki skema sederhana, hemat anggaran, mudah dikembangkan, dan minim gangguan terhadap perangkat lain.

Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment