Pengertian Shortlink dan Safelink

Sharing is caring!

Istilah shortlink dan safelink tentunya tidak asing lagi bagi para blogger. Perbedaan mendasar dari shortlink dan safelink, bisa dilihat dari cara kerjanya. Yuk cari tahu lebih lanjut di Pengertian Shortlink dan Safelink.

Apa Itu Shortlink?

Shortlink adalah versi lebih pendek dari URL yang dapat Anda gunakan untuk mendistribusikan konten secara online.

URL yang panjang dapat diubah menjadi tautan pendek yang jauh lebih rapi di post media sosial Anda. Pemendek URL generik, seperti Tiny URL, akan mengubah tautan Anda dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka yang tidak dapat diidentifikasi sambil mengarahkan user ke tujuan yang sama dengan URL yang panjang.

Apa Itu Safelink?

Safelink adalah situs web yang dibuat untuk mengarahkan pengguna dari situs awal ke situs web tujuan. Safelink dapat memudahkan Anda karena tidak harus selalu membuat URL baru untuk setiap link tujuan. Sedangkan dengan shortlink, masih perlu membuat URL satu persatu secara manual.

Anda tidak perlu memasukkan URL kata sandi ke dalam layanan namun cukup menginstal skrip yang ditempatkan secara otomatis di widget. Setiap URL baru akan dimuat dalam safelink. User pun tidak perlu membuka tautan singkat seperti shortlink tetapi cukup menggunakan tautan asli.

Kelebihan Shortlink

Layanan pemendek URL cukup membuat teks hyperlink terlihat lebih menarik. Biasanya, URL situs web memakan banyak ruang.

Tautan yang diperpendek menjadikan pengalaman membaca lebih lancar, terutama di platform media sosial. Selain itu, shortlink juga memudahkan pemirsa Anda untuk membagikan konten dikarenakan kecil kemungkinan membuat kesalahan saat menyalin melalui tautan.

Ada juga pelacakan klik untuk dipertimbangkan dan mengukur keberhasilan upaya pemasaran Anda selalu penting. Singkatnya, Anda tidak dapat meningkatkan penargetan audiens Anda jika Anda tidak tahu bagaimana mereka menanggapi konten Anda.

Penyingkat tautan menyediakan analitik untuk menunjukkan kepada Anda siapa yang telah mengklik tautan Anda dan tautan itu sering tersedia melalui tampilan dashboard terpusat. shortlink-safelink-1

Tautan yang diperpendek juga berfungsi dengan baik dengan kode UTM (Urchin Tracking Module), yang memungkinkan Anda melacak klik di campaign tertentu, memisahkan analitik dari satu platform (Twitter, Facebook, Google+, dan lain-lain), terpisah dari yang lain

Kekurangan Shortlink

Sebagai permulaan, meningkatnya proliferasi dari apa yang disebut ‘berita palsu’, berarti pemirsa online berpotensi lebih waspada terhadap tautan yang diperpendek. Itu dapat menyebabkan ketidakpercayaan serta menghasilkan lebih sedikit klik.

Juga, sifat pengalihan memperkenalkan banyak potensi titik kegagalan antara pengguna mengklik tautan dan mengunjungi situs web yang diinginkan. Terkadang, URL yang diperpendek dapat mengirim pengguna melalui dua, tiga, atau lebih pengalihan, dan jika salah satu gagal maka pengguna berpotensi untuk menuju ke pesaing.

Selain itu, jika Anda menggunakan layanan pemendek tautan dari alat khusus, seperti Pretty Links, URL singkat Anda mungkin turun. Layanan tidak dijamin akan bertahan selamanya. Apabila  layanan turun maka lakukan tautan apapun yang terkait dengannya. Terlebih lagi, ISP terkadang membuat daftar hitam penyingkat URL dalam upaya untuk menghalangi upaya spammer yang menggunakan pemendekan tautan untuk tujuan jahat.

Kelebihan Safelink

  • Safelink memungkinkan user untuk menempatkan iklan adsense mandiri di halaman situs meskipun gratis.
  • Halaman safelink terlihat seperti halaman konten biasa yang dilengkapi dengan button “lanjutkan”.
  • Penghasilan dari iklan yang terpasang di halaman safelink lebih transparan karena bisa dipantau secara langsung dari dashboard akun.
  • Safelink memiliki url yang juga bisa disingkat.
  • Penggunaan halaman safelink lebih menghemat waktu, tenaga, dan pikiran.

Kekurangan Safelink

  • Aman namun Anda harus tetap membayar biaya hosting, biaya berlangganan plugin , membeli script, dan lain-lain.
  • Penggunaan safelink merupakan bentuk pelanggaran terhadap iklan adsense terkait MDF (made for adsense) halaman yang dibuat khusus hanya untuk menampilkan iklan Google. Akan tetapi, hal ini bisa dilaporkan dengan mengunjungi halaman formulir kontak adsense.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian Shortlink dan Safelink
Artikel
Pengertian Shortlink dan Safelink
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Perbedaan mendasar dari shortlink dan safelink, bisa dilihat dari cara kerjanya. Yuk cari tahu lebih lanjut di Pengertian Shortlink dan Safelink.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment