Perbedaan WordPress dan Framework

Sharing is caring!

Pada intinya, WordPress adalah cara paling sederhana dan paling populer untuk membuat situs blog atau web Anda sendiri. Yuk baca sampai selesai Perbedaan WordPress dan Framework

Pada tingkat yang sedikit lebih teknis, WordPress merupakan open-source content management system yang dilisensikan di bawah GPLv2. Hal ini artinya bahwa siapapun dapat menggunakan atau memodifikasi perangkat lunak WordPress secara gratis.

Content management system pada dasarnya adalah alat yang memudahkan untuk mengelola aspek-aspek penting dari situs web Anda, seperti konten, tanpa perlu mengetahui tentang pemrograman.

Macam Situs Web yang Dapat Dibuat oleh WordPress

Bertahun-tahun lalu, WordPress terutama merupakan alat untuk membuat blog. Saat ini, dikarenakan perubahan pada core code serta ekosistem dari plugin dan tema WordPress yang besar, Anda dapat membuat semua jenis situs web dengan WordPress.

WordPress tidak hanya membantu sejumlah besar situs bisnis dan blog tetapi juga paling populer untuk membuat toko eCommerce. Anda dapat membuat situs web bisnis, toko eCommerce, blog, portofolio, resume, forum, jaringan sosial, situs keanggotaan, dan lain-lain melalui WordPress.

Siapa yang Menggunakan WordPress?

WordPress digunakan oleh individu, bisnis besar, dan semua orang. Banyak entitas terkenal lainnya menggunakan WordPress.

Mengapa Anda Harus Menggunakan WordPress?

Entitas terkenal seperti White House dan Microsoft menggunakan WordPress. Inilah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan WordPress:

  1. Gratis dan Open Source

Salah satu manfaat terbesar WordPress adalah gratis dan open source software. Selain itu, Anda juga dapat menemukan banyak tema dan plugin open-source untuk mengubah tampilan dan fungsi situs web Anda.

  1. WordPress Dapat Diperpanjang

Jika Anda bukan pengembang, Anda bahkan dapat dengan mudah memodifikasi situs web Anda berkat ekosistem tema dan plugin WordPress yang sangat besar. Saat ini, ada lebih dari 50.000 plugin WordPress gratis dan 5.000 tema WordPress gratis serta beribu opsi premium.

  1. WordPress Mudah Diinstal

Hanya dengan mengklik beberapa tombol, Anda dapat menginstal WordPress di situs Anda.

  1. Fleksibel

WordPress sangat bagus karena memungkinkan Anda membuat hampir semua jenis situs web. Jika ingin menambahkan forum ke situs WordPress Anda, cukup instal plugin bbPress. Apabila ingin menambahkan jejaring social, cukup gunakan plugin BuddyPress.

  1. Mudah Menemukan Bantuan WordPress

WordPress sangatlah popular sehingga mudah untuk menemukan bantuan jika Anda pernah mengalami masalah.

Apa Itu Framework?

Karena sering dibangun, diuji, dan dioptimalkan oleh beberapa insinyur dan pemrogram software yang berpengalaman, software framework serba guna, kuat, dan efisien.

Menggunakan software framework untuk mengembangkan aplikasi, memungkinkan Anda fokus pada fungsionalitas aplikasi tingkat tinggi. Hal ini karena setiap fungsionalitas tingkat rendah diurus oleh framework itu sendiri.

Mengapa Menggunakan Framework?

Mengembangkan software adalah proses yang kompleks. Hal ini membutuhkan sejumlah besar tugas, termasuk pengkodean, perancangan, dan pengujian. Untuk hanya bagian pengkodean, pemrogram harus menangani syntax, deklarasi, garbage collection, statement, exception, dan banyak lagi.

Software framework membuat hidup lebih mudah bagi pengembang dengan memungkinkan mereka untuk mengendalikan seluruh proses pengembangan software atau sebagian besar, dari satu platform.

Keuntungan menggunakan software framework:

  • Membantu dalam membangun praktik pemrograman yang lebih baik dan penggunaan pola desain yang sesuai.
  • Kode lebih aman.
  • Duplikat dan redundant code dapat dihindari.
  • Membantu mengembangkan kode secara konsisten dengan lebih sedikit bug.
  • Membuatnya lebih mudah untuk bekerja pada teknologi canggih.
  • Seseorang dapat membuat software framework mereka atau berkontribusi pada open-source framework. Oleh karena itu, ada peningkatan berkesinambungan dalam fungsi.
  • Beberapa segmen kode dan fungsionalitas adalah pre-built dan pre-tested. Hal ini membuat aplikasi lebih handal.
  • Menguji dan men-debug kode jauh lebih mudah dan dapat dilakukan bahkan oleh pengembang yang tidak memiliki kode.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi berkurang secara signifikan.

Apa Yang Ada di Dalam Framework?

Ketika Anda menginstal software framework, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah persyaratan sistem. Setelah kerangka kerja diinstal dan dikonfigurasi, itu menciptakan struktur direktori.

Sebagai contoh, gambar di bawah ini mengilustrasikan struktur direktori dari Laravel Framework. Masing-masing folder ini dapat memiliki direktori tambahan. Direktori selanjutnya dapat memiliki files, classes, test routines, templates, dan banyak lagi. wp-framework

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Perbedaan WordPress dan Framework
Artikel
Perbedaan WordPress dan Framework
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
WordPress adalah cara paling sederhana dan paling populer untuk membuat situs blog atau web Anda sendiri. Yuk baca Perbedaan WordPress dan Framework
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment