Pengertian Reboot, Fungsi, dan Cara Reboot Pada Perangkat

Sekilas, reboot adalah suatu tindakan untuk memulai kembali sistem di perangkat. Utamanya ketika sistem di perangkat sedang bermasalah, contohnya seperti lag dan error. Bagi yang ingin tahu lebih jelas mengenai reboot, simak sampai kelar yuk Pengertian Reboot, Fungsi, dan Cara Reboot Pada Perangkat

Apa Itu Reboot?

Reboot adalah istilah pada bahasa Inggris yang bisa diartikan sebagai tindakan melakukan booting ulang yang kaitannya dengan sistem teknologi dan gadget lainnya. Tindakan reboot ini bisa dimanfaatkan untuk smartphone, komputer, laptop, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa reboot merupakan kegiatan yang dapat dilakukan oleh semua jenis perangkat. Biasanya dilakukan ketika terjadi masalah pada perangkat tersebut. Untuk memudahkan kegiatan reboot ini, ada beberapa perangkat yang menekan tombol on-off.

Perbedaan Reboot dan Restart

Istilah reboot dan restart sering dianggap sebagai hal yang mirip. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan bahkan cara penggunaan juga berbeda.

Restart adalah kondisi yang mana sebuah komputer yang sedang digunakan akan mematikan lalu akan dinyalakan kembali oleh sistem. Biasanya kegiatan restart ini dilakukan saat melakukan instalasi sebuah aplikasi ataupun ingin membuat aplikasi. Jadi, penggunaan restart ini jarang sekali dilakukan untuk mengatasi suatu masalah apapun pada perangkat.

Nah, berbeda lagi dengan istilah reset, reboot hanya digunakan untuk memulai ulang sistem. Sementara reset adalah mengembalikan sistem ke pengaturan pabrik.

Fungsi Reboot 

Berikut ini beberapa tambahan fungsi yang juga perlu diketahui.  

Fungsi Reboot HP 

1. Mengatasi Error  

Beberapa penyebab HP error adalah banyaknya aplikasi yang berjalan. Hal ini dapat menyebabkan RAM penuh dan dapat membuat perangkat bug. Fungsi pertama dari reboot HP adalah untuk mengatasi masalah error ini. 

2. Beroperasi Lebih Cepat 

Reboot adalah proses mengosongkan RAM yang sebelumnya dipakai sehingga kinerja perangkat jadi lebih ringan. Selain lebih ringan, perangkat juga mampu beroperasi lebih cepat. 

3. Melancarkan Aplikasi  

Selama menggunakan HP, mungkin kalian akan beberapa kali mengalami error, seperti hang atau bug. Proses reboot adalah salah satu cara untuk melancarkan jalannya aplikasi seperti sedia kala. 

Fungsi Reboot Komputer 

Di bawah ini beberapa fungsi reboot yang dapat membantu kinerja perangkat komputer:

1. Melancarkan Perangkat 

Komputer yang berjalan dengan lancar tanpa kendala tentu menyenangkan. Sama seperti fungsi reboot di HP, reboot adalah proses yang dapat membantu komputer berjalan dengan lancar. 

2. Membersihkan Memori 

Menutup sebuah aplikasi tidak menjamin akan terhindar dari masalah dalam sistem, apalagi yang berhubungan dengan memori. Adanya proses reboot adalah untuk membersihkan memori dari aplikasi atau sistem yang memakan RAM besar sehingga kinerja komputer dapat lebih lancar. 

3. Memperbaiki Masalah 

Kalian mengalami masalah periferal dan hardware? Jika iya, disarankan agar kalian melakukan reboot setidaknya seminggu sekali. Penyegaran dari CPU komputer ke memori ini akan mengembalikan semuanya ke status boot.

Cara Reboot Pada Perangkat 

Nah, berikut ini cara reboot pada beberapa perangkat yang bisa dilakukan: 

1. Cara Reboot HP Android 

  • Tekan daya di HP atau tombol Power. 
  • Tahan beberapa detik. 
  • Akan muncul menu dengan beberapa opsi => pilih reboot

Salah satu aplikasi HP Android yang dapat membantu proses reboot adalah Simple Reboot. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan langsung mencabut baterai HP saat aktivitas reboot sedang berlangsung. 

2. Cara Reboot iPhone 

  • Tekan dan tahan tombol On/Off di sisi kanan perangkat.
  • Sambil tetap menekan tombol, tekan dan tahan salah satu tombol volume di sisi kiri hingga penggeser daya mati muncul di layar.
  • Matikan perangkat.
  • Untuk menghidupkan kembali, tahan tombol on/off lagi hingga melihat logo Apple muncul. 

3. Cara Reboot Windows 

  • Tekan tombol Ctrl + Alt + Del. 
  • Akan muncul kotak dialog shutdown
  • Berbeda versi Windows yang digunakan, tentu akan berbeda pula kotak yang terlihat. 
  • Klik reboot di dalam kotak. 

4. Cara Reboot Macbook 

  • Tahan tombol Control + Command + Power sampai layar berubah gelap dan suara reboot diputar.  
  • Karena tidak bergantung pada sistem, langkah-langkah di atas disebut sebagai cara ampuh untuk reboot Mac.

Kesimpulan  

Reboot adalah proses memulai kembali atau merestorasi yang bertujuan untuk memulihkan sistem pada suatu perangkat, baik komputer, smartphone, atau perangkat elektronik lain.

Reboot bisa ditempuh dengan beberapa alasan. Misal, pasca instalasi sebuah program baru, kinerja komputer yang melambat, dan lain-lain. 

Sudah paham kan tentang reboot

Kabar gembira dari Jetorbit untuk kalian! Sekarang, kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian.

Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment